<span class='p-name'>Slim Asus ZenBook UX360UA</span>

Selain memiliki lini laptop gaming dengan bendera Republik of Gamer, Asus juga tetap berkomitmen menghadirkan laptop multipurpose untuk keperluan office dan umum. Kali ini lini laptop commercial ini diisi oleh ZenBook UX360UA. Laptop yang memiliki engsel 360 derajat ini dapat dilipat sedemikian rupa seperti tablet, tapi tetap dengan performa dan keunggulan sebuah PC notebook.

Apa kesan pertama melihat laptop yang dihadirkan dalam event Asus Challenge Your City Chapter Yogya 18 Oktober 2016 kemarin? Slim and sexy. Laptop ini memiliki dimensi ketebalan yang cukup minim, kurang dari 1,5 cm tepatnya 1,39 cm dengan bobot 1,3 kg. Ringan sekali. Dengan berbahan alumunium berwarna metalik  di sekujur tubuhnya membuatnya nampak elegan dan mewah.

Flip Book Mewah

asus challenge yogyakarta

Sebagai laptop flip, touchscreen UX360UA terbilang cukup presisi, mampu mendeteksi area 5,5 mili meter lebih presisi dari standar Microsoft sebesar 9 mm. Teknologi Precision Touch Pad yang dihadirkan memberikan keleluasaan pengguna untuk melakukan serangkaian gerakan dengan pola khusus untuk memberi perintah pada laptop

precision touch pad asus smart gesture

Tampilan layar 13.3″ (16:9) terbilang nanggung untuk ukuran notebook, tapi lebih besar di bandingkan netbook. Untuk Displaynya Asus menggunakan LED backlit QHD+ (3200×1800) Glare Touchscreen with 72% NTSC.

Yang menarik, teknologi mode layar yang digunakan sama persis dengan lini premium ASUS ROG G752VS yakni Asus Splendid Technology yang memungkinkan pengguna untuk mengatur intensitas cahaya dari LCD. Ada empat mode yang bisa digunakan, Normal untuk pemakaian harian, Eye Care untuk mereka yang menggunakan bekerja dengan laptop dalam durasi waktu lama. Vivid Mode untuk mendapatkan ketajaman terbaik, dan Manual yang bisa diatur pengguna sesuai kebutuhan.

Untuk urusan grafis, memang terbilang standar, menggunakan GPU intel HD Graphics 520. Akan tetapi, Asus membenamkan teknologi ASUS Tru2Life Video yang diklaim mampu menghasilkan tampilan gambar bergerak lebih baik di layar. Fitur ini biasanya hanya ditemukan dalam perangkat televisi kelas high end. Warna kontras yang dihasilkan teknologi ini setara dengan peningkatan 200% ketajaman.

BACA JUGA:   Mengatasi Reboot Proper Boot Device

Keyboard ZenBook Flip UX360UA cukup nyaman ditekan meski memiliki dimensi ketebalan yang tipis tetapi penekanan tuts keyboard masih tetap nyaman, berkat pengoptimalan silica gel dibalik tombol keyboard tersebut. Backlight pada keyboard juga mampu memberikan pelayanan optimal ketika laptop digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Optimasi Suara

Beralih sedikit ke bawah keyboard ada dua speaker yang dibenamkan. Penempatan speaker semacam ini memang tidak terlalu lazim untuk ukuran notebook. Tetapi Asus sengaja menempatkannya disana agar suara yang keluar tidak terhalang oleh layar, langsung menuju telinga penggunanya.

Untuk mengatur panel suara, Asus menyediakan Audio Wizard yang dapat diatur dalam lima mode, yakni music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode. Terlihat sepele memang, tapi untuk mereka yang punya pekerjaan seputar multimedia, fitur ini tentu sangat berguna.

ZenBook UX360UA memiliki dukungan hardware yang cukup mumpuni, selayaknya flagship notebook premium. Hadir dengan processor berkekuatan i5 dan i7 membuatnya mampu menangani pekerjaan serius para penggunanya.

fitur zenbook ux360ua

Sementara kapasitas RAM berjumlah 8 GB dengan dual slot, Hardisk yang ditanamkan memang terbilang kecil hanya 512 Gb, tetapi menawarkan kecepatan tinggi dengan teknologi SSD SATA 3.

Konektifitas dan Kelengkapan ZenBook UX360UA

Konektifitas ZenBook UX360UA terbilang cukup mumpuni, untuk urusan koneksi wifi menggunakan standar generasi kelima 802.11ac. Secara teoritis mampu mentransfer data dengan kecepatan 1 Gbps, tiga kali lebih cepat dibanding MIMO 802.11n

Koneksi dengan ponsel diserahkan pada Bluetooth 4.1 dan koneksi full USB 3.0. Urusan display ke layar ekspansi menggunakan konektor HDMI. Yang menarik meski tidak ada port ethernet dalam bodynya, Asus menyediakan dongle ethernet pada box untuk pengguna yang memerlukan wired connection.

BACA JUGA:   Laptop Gaming Asus ROG G752VS

Asus mengklaim baterai 3 cells nya tahan lama mampu digunakan selama 12 jam untuk penggunaan normal. Well sepertinya bakalan susah dikalahkan pesaing lainnya.

untitled

Bicara soal ketahanan, jangan kuatir karena Asus melakukan pengujian produk-produknya dengan cukup ketat, misalnya untuk engsel flipnya telah mengalami uji dua puluh ribu kali buka tutup tanpa cacat, Asus juga memberikan garansi global produknya selama dua tahun. Jadi tidak perlu kuatir jika membawa produk Asus ke luar negeri karena tetap akan dilayani oleh Asus Service Center di negara manapun.

Spesifikasi lengkap ZenBook UX360UA

Main Spec.ZenBook Flip UX360UA
CPUIntel® Core™ i7-6500U Processor(4M Cache, up to 3.10 GHz) /

Intel® Core™ i5-6200U Processor(3M Cache, up to 2.80 GHz)

Operating SystemWindows 10 Home
Memory8GB DDR3L 1866MHz SDRAM
Storage512GB SATA3 M.2 SSD
Display13.3″ (16:9) LED backlit QHD+ (3200×1800) Glare Touchscreen with 72% NTSC
GraphicsIntel® HD Graphics 520
Input/Output1x Microphone-in/Headphone-out jack, 2x USB 3.0 ports, 1x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), 1x HDMI, 1x SD card reader, Volume up/down
CameraHD Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11a/b/g/n/ac(WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 1.6 W Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Technology with Harman/Kardon

Battery3 Cells 57 Whrs Polymer Battery
Dimension32,3 x  x 22,0 x 1,39 cm
Weight1,27Kg with Battery
ColorsGrey, Rose Gold
Warranty2 tahun garansi global

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.