Strategi Problem Solving Untuk Keluhan Konsumen Yang Didapatkan

Salah satu hal yang terkenal dalam menjalankan bisnis adalah konsep bahwa konsumen merupakan raja. Di mana artinya bahwa apapun yang diinginkan konsumen berusaha untuk diberikan oleh bisnis. Selain itu ketika konsumen sudah memberikan keluhan atas layanan yang diberikan, hal tersebut juga bisa menjadi mimpi buruk untuk bisnis.

Strategi Problem Solving Bisnis

Sehingga keluhan yang disampaikan konsumen perlu untuk ditindaklanjuti dengan tepat agar tidak membuat perkembangan bisnis dapat terhambat. Strategi problem solving yang bisa dilakukan untuk dapat menangani keluhan konsumen tersebut seperti berikut ini:

Menerima keluhan dengan baik

Strategi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menerima keluhan yang disampaikan oleh konsumen dengan baik. Pelanggan mempunyai perilaku yang berbeda-beda, sehingga biasanya untuk hal kecil juga bisa dikeluhkan untuk yang detail dan menginginkan kesempurnaan dari produk yang diterimanya.

Apabila ada keluhan konsumen yang diberikan, maka segera terima keluhan tersebut dan meminta maaf atas pelayanan dan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh konsumen.

Dalam menangani keluhan yang diberikan oleh konsumen juga tidak langsung boleh untuk menyalahkan konsumen saja. Tetapi penting untuk melakukan investigasi. Apabila ternyata ketidaknyamanan hanya karena kesalahpahaman, maka tetap validasi perasaan konsumen dari keluhan yang diberikan. Sehingga hal penting yang perlu diperhatikan adalah dari menghargai perasaan yang dipunyai oleh konsumen atas keluhan yang diberikan.

Menunjukkan rasa empati

Apabila menerima keluhan, maka penting untuk segera meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh konsumen tersebut. Selanjutnya juga berikan rasa empati dan lakukan komunikasi yang baik.

Menunjukkan rasa empati tersebut dapat memberikan manfaat karena dapat membangun persepsi diri sendiri sehingga akan bisa menangani keluhan dengan lebih baik dan penuh rasa empati. Selain itu, menangani keluhan dengan empati juga akan membantu untuk membuat persepsi pelanggan sehingga bisa menangani keluhan dengan lebih tepat menggunakan perspektif dari pelanggan.

Memetakan permasalahan

Strategi problem solving selanjutnya yang perlu untuk dilakukan dalam membuat penanganan keluhan konsumen lebih baik adalah dengan memetakan masalah dari berbagai keluhan pelanggan yang diterima.

Pemetaan masalah tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk bisnis sehingga akan bisa menghindari keluhan yang sama dari konsumen. Ketika memetakan permasalahan tersebut akan bisa untuk menyelesaikan permasalahan yang dipunyai dengan analisa dan langkah penyelesaian masalah yang tepat.

Dengan menerima komplain yang sama terus menerus akan membuat kepercayaan pelanggan bisa turun. Oleh karena itulah hindari terjadinya permasalahan yang sama yang bisa menimbulkan komplain dari konsumen, dengan berusaha menyelesaikan permasalahan yang dipunyai dengan segera menggunakan strategi pemetaan masalah yang tepat untuk menggunakan solusi terbaik dalam penanganan keluhan yang didapatkan.

Bersikap luwes dalam menghadapi keluhan

Hal yang perlu diperhatikan dalam menerima komplain dari pelanggan adalah dengan memastikan dengan menggunakan gestur yang tepat. Terutama ketika bertemu dengan konsumen yang sedang emosi dalam menyampaikan keluhannya, maka bisa untuk menggunakan gestur atau bahasa tubuh yang luwes dan tetap tenang.

Jangan terpancing emosi dengan keluhan pelanggan maupun grogi dan tidak bisa tenang dalam menghadapi keluhan pelanggan. Sebaiknya perlakukan pelanggan dengan luwes, sehingga bis membuatnya bisa tenang dan menyelesaikan keluhan dengan lebih baik.

Memberikan solusi dan melakukan perbaikan

Strategi terakhir yang bisa digunakan untuk bisa menyelesaikan keluhan dari pelanggan adalah dengan memberikan solusi yang terbaik dan sekaligus melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

Penanganan keluhan pelanggan tersebut akan bisa selesai dengan solusi yang ditawarkan, sehingga membuat konsumen bisa merasa puas. Seperti dengan memberikan voucher atau diskon serta juga akan memperbaiki dan melakukan penanganan pada masalah yang perlu untuk ditangani dengan segera. Pastikan untuk melakukan ekstra perbaikan yang bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan komunikasi verbal dan non verbal.

Di atas merupakan strategi problem solving yang bisa dilakukan untuk menangani keluhan konsumen yang dipunyai. Kemampuan problem solving tersebut akan sangat dibutuhkan untuk karyawan dalam bekerja sehingga bisa membuat pekerjaan yang dipunyai lebih produktif.

Pelajari kemampuan problem solving yang dibutuhkan karyawan dengan mengikuti pelatihan singkat problem solving and decision making yang ada di Prasmul-ELI dengan menghubungi kontak +62 811 1991 1168.

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini