Makna Logo SD

Logo SD (Sekolah Dasar) bukan hanya sekedar gambar, tetapi mengandung makna filosofis yang mendalam tentang tujuan pendidikan di Indonesia. Memahami makna logo ini dapat membantu siswa untuk memahami peran mereka dalam membangun bangsa dan negara.

Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan formal paling dasar di Indonesia. Filosofi pendidikan Indonesia terintegrasi melalui jenjang SD dan tercermin dalam logo SD yang selalu terpasang di seragam sekolah.

Sejarah Logo Sekolah Dasar

Menurut beberapa sumber, logo SD kemungkinan besar dibuat bersamaan dengan penyederhanaan sistem pendidikan di Indonesia pada tahun 1950-an. Pada masa itu, pemerintah ingin menyederhanakan sistem pendidikan yang sebelumnya terdiri dari berbagai jenis sekolah dengan logo yang berbeda-beda.

Berbeda dengan logo Kementerian Pendidikan, tidak ada aturan resmi yang mengatur secara spesifik tentang tahun pembuatan dan desain logo SD. Namun, desain logo SD yang digunakan saat ini telah digunakan secara konsisten di berbagai sekolah dasar di Indonesia selama bertahun-tahun. Hal ini menunjukkan bahwa desain tersebut telah diterima dan diakui secara luas sebagai simbol pendidikan dasar di Indonesia.

Penjelasan Makna logo SD

makna logo SD

1. Bunga Bintang Sudut Lima dengan Lima Kelopak Daun Bunga

  • Bunga Bintang Sudut Lima: Melambangkan generasi muda sebagai bintang harapan bangsa.
  • Lima Kelopak Daun Bunga: Menggambarkan lima jalan yang harus ditempuh siswa dengan sungguh-sungguh untuk menjadi warga negara yang baik dan berguna, yaitu abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.
  • Kemurnian Jiwa: Bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan pada dasar negara, Pancasila.

2. Buku Terbuka

  • Belajar Keras: Buku terbuka melambangkan kegiatan belajar keras untuk menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Sumbangsih Bangsa: Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari menjadi sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

3. 17 Butir Padi, 8 Lipatan Pita, 4 Buah Kapas, dan 5 Daun Kapas

  • Kemerdekaan Indonesia: Lambang ini menunjukkan tanggal 17 Agustus 1945, peristiwa penegakan kemerdekaan Indonesia.
  • Nilai-nilai Perjuangan ’45: Melambangkan nilai-nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai penerus bangsa.

4. Warna Coklat

  • Tanah Air: Warna coklat melambangkan warna tanah Indonesia.
  • Kepribadian Budaya dan Nasionalisme: Mengandung makna pijakan pada kepribadian budaya sendiri dan rasa nasionalisme Indonesia.

5. Warna Merah Putih

  • Kebangsaan Indonesia: Warna merah putih melambangkan warna kebangsaan Indonesia.
  • Keberanian: Melambangkan hati yang suci dan berani dalam membela kebenaran.

6. Kata SD

  • Identitas Sekolah Dasar: Melambangkan identitas tingkatan Sekolah Dasar pada siswa yang mengenakan seragam tersebut.

7. Gambar Bangunan/Rumah

  • Tempat Menuntut Ilmu: Lambang ini mengandung arti adanya sekolah dasar yang berperan sebagai tempat putra putri menuntut ilmu.

Seragam Sekolah Dasar

seragam siswa SD

Seragam sekolah dasar (SD) di Indonesia merupakan bagian yang penting dalam identitas dan kesetaraan di antara siswa-siswi. Umumnya, seragam SD di Indonesia terdiri dari atasan berwarna putih dan rok atau celana berwarna merah. Logo Sekolah Dasar berada di kantong saku dada sebelah kiri. Seragam ini sering kali memiliki detail seperti lambang sekolah atau logo tertentu yang ditempatkan di bagian depan atau lengan atasan. Topi siswa menggunakan warna merah, atau campuran merah putih, sementara dasi yang digunakan berwarna merah dengan logo Tut wuri Handayani, untuk dasi, siswa mengenakan dasi dengan ujung runcing kebawah, sedangkan siswi mengenakan dasi dengan ujung mendatar.

Beberapa sekolah mungkin memiliki variasi tertentu dalam desain seragam, tetapi prinsip kesederhanaan dan keseragaman biasanya tetap dijunjung tinggi. Selain memperkuat identitas sekolah, seragam ini juga memperkuat rasa persatuan di antara siswa-siswi, serta memudahkan pengawasan bagi guru dan staf sekolah. Seragam SD di Indonesia juga sering diatur oleh pemerintah daerah atau departemen pendidikan setempat untuk memastikan kualitas dan konsistensi dalam penampilan siswa-siswi di sekolah.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini