Brave Heart

Bagi anak2 muda, keberanian identik dengan show force, menunjukkan kekuatan otot untuk menantang orang lain. Sementara itu memang pemahaman mereka mengenai keberanian mental baru sebatas itu, berani nggebrak meja, nantang tawuran, melakukan pembalasan yang lebih kejam, ya baru sebatas itu. Ketika kita dipukul, dijewer atau disakiti karena kesalahan kita/bukan, membalas bukanlah sebuah solusi, melainkan menjerumuskan […]
rias pengantin, pacaran 6 tahun, paes ageng, penganten jawa

Hari Baik

Buat orang Indonesia, untuk melaksanakan prosesi pernikahan tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti menyiapkan undangan unik, sewa gedung, catering, baju pernikahan, menentukan hari baik dan lain sebagainya. Khusus orang jawa pasti ngerti banget maksudnya “hari baik”. Hari Baik adalah hari yang menurut perhitungan karakter, weton memberikan hasil maksimal. Perhitungan hari baik biasanya didasarkan pada […]

Cinta Brontosuburus

Tahun ini memang lagi ada filmnya raditya dika dengan judul yang mirip, tapi ini bukan lagi ngomongin tentang film itu, wong aku gak terlalu seneng dengan film2 lokal pasca millenium. Brontosaurus adalah nama seekor dinosaurus di jaman Jurasic, dari bentuk tubuhnya kok malah keliatan kek onta overweight dengan ekor yang panjang. Meski begitu menurutku dinosaurus […]

Masa Depan Dunia Komputasi

Jaman dahulu kala, komputer raksasa hanya mampu melakukan perhitungan logis sederhana, hingga akhirnya muncullah DOS dan dipungkasi dengan penemuan Graphic User Interfaces (GUI). Peningkatan performa bukan sesuatu yang main2 meski pada akhirnya kecepatan clock processor terbatas pada angka 3GHz, pengembangan ke clock yang lebih besar dianggap tidak sebanding dengan peningkatan panas yang akan dihasilkan sehingga […]

Idiot goes down; Multiply tutup layanan

Barang siapa menanam maka ia akan menuainya, begitulah pepatah yang pantas disematkan pada multiply. Setelah mengusir blogger yang membesarkannya kini Multiply akhirnya bangkrut dan menutup semua kegiatannya per Mei 2013. Kabar ini jujur saja mengejutkan, karena meski wacana pengusiran blogger sudah dimulai sejak agustus 2012 tetapi pihak Multiply baru melaksanakannya pada 20 Maret 2013, hanya […]

Evaluasi UN itu yang seperti apa?

UN tingkat SMA/SMK telah dilalui dengan penuh ketidakpastian, dari carut marut antara pendistribusian soal UN yang terhambat kelangkaan solar, anak2 yang tidak bisa belajar karena mati lampu, sampai soal2 yang tidak pernah sampai ke sekolah penyelenggara pada waktu yang telah ditentukan sampai mewacanakan UN susulan. Sejak 10 tahun lalu, drama UN yang ketika itu bernama […]

Life Behind Mask

Sebelumnya aku pernah menulis tentang topeng maya, topeng yang kita gunakan ketika berinteraksi di dunia maya yang anonymouse ini. Sering kali kita menggunakan avatar profil kita sebagai topeng tentang pribadi kita di dunia nyata. Memang tidak sepenuhnya salah ketika kita ingin melindungi karakter pribadi kita dari efek negatif di dunia maya dengan menjadikan topeng profil […]
akibat cyber affair, online sex affair

Cyber Affair

Wolak waliking jaman, begitulah miturut orang2 tua bilang, dimana aturan2 tata krama dan adat telah berjumpalitan terbentur arus teknologi dan modernisasi. Tidak terkecuali efek samping dari pemanfaatan internet. Tidak dapat kita pungkiri bahwa internet selain membawa kemajuan pesat juga membawa masalah yang tak kalah pesat, dari penyalahgunaan akses tanpa batas, sampai kejahatan finansial berbasis internet. Pun […]

Berpolitik

Sebenernya males banget ngebahas tema satu ini, terutama jika mengingat kata politik yang kemudian identik dengan bermacam2 kekisruhan, kesenjangan dan kepura2an. Negeri ini konon negeri yang kaya, kalaupun pada akhirnya kekayaannya gagal mensejahterakan rakyatnya toh tidak mengapa, minimal bisa mensejahterakan sebagian kecil rakyatnya seperti para koruptor. Alhamdulillah yah! Di Indonesia hampir pasti berpolitik haruslah berbaju […]

Menjual persepsi

Hari kamis kemaren ada acara sekolah main ke gua pindul, sebenernya dari awal ada rencana ini aku sudah ketar ketir mengingat akhir2 ini gua pindul sedang rawan konflik terkait sengketa pengelolaan wisata yang simpang siur. Wajar dong kalo ada kekhawatiran bakalan terjebak dalam konflik kek di tipi2 gitu kan berabe, meski begitu sampai acara selesai tidak […]
Multiply panen hujatan

Multiply.co.id Anti Kritik

Seperti dugaanku klo Multiply masih akan terus bertindak tidak profesional, setelah berbagai kasus antara Multiply versus Blogger kini giliran Multiply versus Online Seller dan Buyer. Kekisruhan terjadi karena terlalu sering Multiply tidak menanggapi keluhan pelanggan baik itu online seller maupun buyer. Walhasil buyer yang terlanjur mentransfer uang dan seller yang terlanjur mengirim barang tidak mendapatkan […]

Internet Time

Bisa dibilang rata2 pengguna internet di Indonesia adalah generasi digital migrant, yaitu orang2 yang pernah mengalami masa2 pra internet dan kenal internet. Jadi wajar saja klo budaya ngenet di Indonesia agak beda sama pengguna internet di manca negara. Penetrasi internet di negara kita emang terbilang kecil, persentasenya, sampai dibilang ketinggalan jaman dibanding malaysia dan singapura, […]

Nilai Sempurna

Jika kita mendengar kata nilai sempurna, nilai berapakah yang akan kita bayangkan? 10? 100? A? atau A++? Mbuh deh, tapi yang pastinya nilai sempurna itu bakal menggembirakan siapapun yang memperolehnya. Masalahnya adalah gak semudah itu untuk mendapatkan sebuah nilai sempurna dalam sebuah bidang, jangankan semua bidang, untuk mendapat nilai sempurna pada salah satu mata pelajaran […]

Mesum Go AHead

Klo dulu ada pepatah, ketika jatuh cinta, seluruh dunia serasa milik berdua, yang lainnya ngontrak, dan sekarang pepatahnya bergeser sedikit, ketika jatuh cinta, seluruh dunia adalah tempat mesum berdua, yang lainnya tinggal nunggu disambangi. Konon menurut koran yang baru beberapa hari kubaca, mempublikasikan kemesraan di tempat publik sudah dimulai sejak akhir dekade 70an. Dan karena […]

Buruknya Kualitas Media Informasi di Indonesia

Jaman serba cepat seperti sekarang ini menuntut informasi dapat dihadirkan secepat2nya, disiarkan langsung, bahkan klo bisa, udah diberitakan sebelum kejadian. Hasil pemberitaan semacam itu pada akhirnya menjadi berita yang subyektif, sepotong2, karena disajikan memang secara subyektif dari sudut pandang wartawan di TKP. Kelalaian paling sering adalah ketika mengabarkan jumlah korban sebuah musibah, dua media dalam waktu […]