<span class='p-name'>Teknik Illahiah</span>

Konon sebaik2 manusia adalah yang terbaik ketakwaannya, dan setinggi tingginya ilmu adalah ilmu spiritual. Ketakwaan identik dengan penyerahan diri sepenuhnya terhadap keagungan Tuhan, dan ilmu spiritual identik dengan ilmu2 keagamaan.

Pada dasarnya bagi siapapun yang meyakini adanya Tuhan, mereka bisa menyadari kemahahebatan Tuhan tanpa harus melihat sendiri tokoh Tuhan. Manifestasi keagungan Tuhan bisa kita lihat dalam segala aspek kehidupan kita, dari sendi penopang tubuh kita sampai ke luasnya alam semesta ini. They are under control.

Sebagai orang teknik aku menyadari benar, bahwa apa yang dilakukan manusia tidak lebih adalah meniru apa yang telah dicontohkan Tuhannya. Manusia membuat kapal selam karena melihat ikan dapat menyelam, membuat pesawat karena menggunakan tutorial cara terbang burung, membuat helikopter karena azas2 pengendalian arus udara capung.

Para ilmuwan di Sillicon Valley, Intel dan AMD berusaha keras memetakan cara kerja otak untuk diterapkan di mikroprosessor, bagaimana caranya mengikuti kecepatan otak dalam melakukan multitasking. Dan para praktisi di dunia automatic dan robotik tak henti2nya membuat robot cerdas yang semirip mungkin dengan manusia.

sehebat apapun manusia, tak akan mampu menandingi kehebatan Tuhan
sehebat apapun manusia, tak akan mampu menandingi kehebatan Tuhan (gambar dariĀ fadhilza.com)

Tetapi masih ada jurang besar antara kecerdasan manusia dengan kecerdasan sistem buatan. Artificial intelligent sehebat apapun, hanya dibuat untuk mengantisipasi sebuah kondisi kebiasaan, mesin paling hebat sekalipun hanya mampu memformulasikan sebuah proses berdasar standar standar tertentu, bukan kreatifitas. Misal saja, manusia ketika memainkan game FPS semacam medal of Honor dan Call of Duty, masih kepikiran buat angob dan ngupil selama menggempur musuh, sementara komputer yang jadi lawannya gak akan punya ide brilian semacam itu.

BACA JUGA:   Munafiknya Profesionalisme Pendidikan

Tanyakan berapa baris program yang harus dibuat untuk membuat sebuah jari robot bisa menekuk dan tegak lurus? bisa puluhan bahkan seratusan baris, itu belum jika pembuatnya ingin membuat derajat tekukan yang berbeda2 sehingga tampak alami. Atau tanyakan pada peserta lomba robot line follower ketika mereka harus berpikir keras dan memprogram ulang robotnya hanya ketika, medan lombanya diberi tanjakan setinggi 15 sentimeter.

That’s why, orang2 hebat seperti Einstein dan Newton mengakui benar kehebatan Tuhan. Karena memang beneran manusia tidak ada apa2nya dibandingkan sang pencipta.

Post You May Also Like

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.