Tips menghadapi error 2503 dan 2502

Waktu nyoba nginstall Greenfoot dalam sesi pelatihan Oracle Academy ini selalu dapet notifikasi error 2503, jika di OK akan muncul error berikutnya error 2502, kedua error kakak beradik ini sepertinya emang muncul beriringan saat gagal melakukan instalasi ataupun melakukan unsinstall sebuah program di Windows.

Akhirnya aku mampir ke websitenya greenfoot buat ndownload file terbarunya, kali ini yang greenfoot pure tanpa JDK karena aku sudah nginstall JDK nya. Masalah kembali muncul meski penginstalan berjalan lancar tetapi selalu error di tengah2.

Aku nyoba melakukan instalasi lewat mode administrator, tapi setelah klik kanan opsi run as administratornya gak ada mau tidak mau aku harus muter otak buat mencari solusinya. File instalasi ini adalah file .msi bukan file .exe yang merupakan executable resmi, file .msi adalah file microsoft service installer, intinya sama dipake buat nginstall sebuah aplikasi.

mengatasi error 2503

Setelah beberapa saat gak ada ide akhirnya aku pake jurus pamungkas, command prompt. Karena running as admin di disable maka aku buka CMD dengan mode administrator, dari sini barulah aku eksekusi file .msi tersebut dengan sebelumnya berpindah ke folder tempat file instalasi berada kemudian ketik nama file.msi nya.

Proses instalasi berjalan lancar dan tanpa masalah, Greenfoot akhirnya tampil juga di layar kaca, eh desktop. Ternyata masalah error instalasi 2503 dan 2502 hanya sebatas harus diinstal dalam mode administrator. Cukup mudah dan gak perlu butuh software apalagi antivirus2an yang konyol 😀

cara mengatasi error 2503, Cara mengatasi internal error 2503, cara atasi instal error code 2503, cara mengatasi error code 2503, mengatasi error 2503, gagal 2503 di pc apa?, cara mengatasi error 2503 mic enterprise 2007, cara mengatasi error 2503 pada pes 2013, mengatasi eror code 2503, Mengatasi eror kode 2503 saat install

2 Komentar

  1. rudi Balas

    mas…bisa dibuat langkah2 nya ? apa yg mesti di input di cmd ? dst…..makasih

    • anotherorion PenulisBalas

      search CMD dulu mas lalu klik kanan file CMD – open as administrator
      selanjutnya jika file instal.msi ada di folder D:\instalan\ ketik perintah

      cd d:\instalan

      lalu ketik lagi

      instal.msi

      dan tekan enter

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.