Tips Mengurangi Resiko Stress Akibat Kemacetan Saat Mudik Lebaran Bareng Keluarga

Mudik lebaran tinggal hitungan hari saja, untuk kita yang tinggal jauh dari sanak kerabat, hari lebaran adalah hari yang ditunggu agar bisa berkumpul bersama orang-orang terkasih. Akan tetapi sama halnya seperti kita, begitu pula jutaan masyarakat Indonesia lainnya. Hampir semua moda transportasi publik penuh, entah yang lewat jalur udara, jalur laut maupun jalur darat. Saking banyaknya masyarakat yang mudik ini, seringkali juga menimbulkan kemacetan. Tidak lupa juga kehadiran pasar tumpah di beberapa ruas jalan turut menyumbang antrean panjang kendaraan pemudik.

Kondisi ini tentu sedikit banyak berpengaruh pada pengemudi kendaraan, terutama kendaraan roda empat, klo untuk motor sendiri sih menurut aku masih bisa menyiasati kemacetan dengan bodynya yang ramping, tapi kendaraan roda empat seperti mobil ini benar-benar terjebak dalam kemacetan.

persiapan mudik lebaran 2019

Sebenarnya, tidak kurang sih dari pemerintah daerah menyiagakan pos-pos untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik. Mulai dari instansi kepolisian, kesehatan, bahkan swasta dan pelajar turut ambil bagian membantu proses kelancaran arus mudik. Kita bisa memanfaatkan pos-pos mudik untuk beristirahat sejenak saat merasa lelah di perjalanan. Tetapi tentu saja, tidak senyaman tidur di rumah sendiri.

Pernah ngerasain gimana rasanya terjebak kemacetan saat musim libur lebaran. Klo dulu sih, aku cuma bagian duduk anteng di sampingĀ  masku yang jadi pak sopir, tapi sejak menikah dan punya keluarga sendiri, mau gak mau aku yang jadi sopir. Namanya juga sudah menikah, punya keluarga besar baru yang beda dengan keluarga besar waktu kita belum menikah. Tentunya, rute perjalanan mudiknya beda, rute sungkemannya beda lagi.

Oh ya untuk kamu yang tahun ini hendak mudik ke kota asal dan melewati Jogja, sepertinya aku perlu banget ngasih tau info penting kondisi jalur utama di Jogja yang saat ini masih dalam tahap perbaikan. Di Jogja saat ini sedang dibangun Underpass Kentungan, posisinya berada di Ringroad utara jogja, tepatnya di perempatan Kentungan. Pengerjaan ini dijadwalkan baru akan selesai di akhir tahun 2019 ini, jadi untuk rekan yang akan mudik melewati Jogja sangat disarankan menghindari rute ringroad utara.

BACA JUGA:   Daftar Hotel Jakarta yang Romantis, Tis, Tis, Tis....

Tips Mengurangi Resiko Stress Akibat Kemacetan Saat Mudik Lebaran Bareng Keluarga 1

Untuk jalan alternatifnya, bisa melewati ringroad selatan, atau jalur lintas selatan melewati Bantul, jika pemudik dari arah Magelang dan hendak menuju arah timur, sangat disarankan ambil jalur ke kiri melewati kecamatan Turi-Pakem-Cangkringan-Kalasan. Karena di wilayah Sleman sendiri jalur yang digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi kemacetan akibat pembangunan underpass ini juga ditutup karena perbaikan empat jembatan. So mohon bisa menjadi perhatian aja sih, biar rekan-rekan pemudik nantinya tidak kecapekan akibat macet.

Di satu sisi, mudik itu emang beneran penting buat masyarakat Indonesia, di sisi lain macetnya itu bisa bikin trauma, apalagi jika sampai terjadi seperti kasus brexit. Jika pemudiknya adalah orang-orang seusia kita, sudah dewasa, atau minimal anak SMA sih sepertinya masih bisa lah diajak menghadapi kemacetan, tapi bagaimana jika kita mudik dengan membawa istri yang sedang hamil? anak yang masih bayi atau orang tua yang sudah sepuh? Menghadapi macet n masih ditambah dengan bayi yang rewel karena tidak nyaman sementara kita gak bisa ngapa-ngapain lagi itu bisa meningkatkan stress selama perjalanan.

Namanya bawa kendaraan sendiri, meskipun kita sudah melakukan check kondisi mobil sebelum berangkat mudik, tidak menutup kemungkinan ada permasalahan yang muncul selama perjalanan, baik itu mogok, ban pecah dan lain sebagainya. Jika beruntung, kita bisa menemukan bengkel terdekat dan mobil bisa langsung dibawa menuju lokasi tujuan mudik kita. Tapi jika tidak, selain kita perlu menunggu proses perbaikan, kita perlu juga beristirahat bareng keluarga di tempat yang memang bener-bener nyaman.

BACA JUGA:   Manajemen Pola Hidup di Bulan Ramadhan

Ngomongin soal solusi apa yang bisa kamu gunakan pada saat terjebak macet, Traveloka punya fitur terbaru buat membantu pemudik yang ingin melepas lelah dan terjebak macet. Namanya adalah Traveloka StayNow. Dengan Traveloka StayNow kamu bisa mencari hotel terdekat dari lokasi kamu terjebak macet dan bisa langsung melakukan reservasi. Ah lalu apa bedanya dong dengan fitur pencarian biasanya?

promo hotel traveloka staynow dan last minute deals

Traveloka StayNow, bisa kamu gunakan untuk kondisi darurat, misalnya ya terjebak macet di ringroad utara Jogja, kamu bisa cari Hotel di Yogyakarta terdekat dari posisi kamu terjebak macet. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk melakukan booking sameday. Jadi saat kamu bener-bener butuh tempat beristirahat terdekat, kamu bisa langsung pake hari itu juga. Jadi seperti apa sih pemesanan last minute di Traveloka ini

 

  1. Tarif Kamar yang lebih murah
  2. Hanya berlaku untuk 1 malam menginap
  3. Memilihkan 1 kamar dengan tarif terbaik
  4. Tersedia fitur pay @ hotel

Fitur bayar di hotel ini penting banget sih menurut aku buat orang yang lagi mudik. Jadi ga perlu menggunakan kartu kredit untuk kondisi darurat semacam ini. Selain promo stayNow, kamu juga bisa menikmati Last Minute Deals dengan diskon super gede. Nah sekarang kamu bisa mempersiapkan perjalanan mudikmu bareng keluarga tanpa perlu kuatir lagi. Ada Traveloka yang selalu siap membantu kamu

12 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.