Usir Tikus Di Rumahmu Dengan 5 Bahan Ini

Cara membasmi tikus sebenarnya tidak sulit jika Anda mengerti apa saja bahan untuk mengusirnya. Tikus memang sering masuk ke dalam rumah dan membuat rumah menjadi kotor. Apalagi hewan ini bisa menyebabkan beragam penyakit yang berbahaya.

Menggunakan beberapa cara mengusir tikus seperti lem tikus dan racun tikus sebenarnya menjadi cara yang ampuh. Namun sayangnya cara tersebut akan memberi kerugian tersendiri bagi Anda. Misalnya ketika memilih racun tikus untuk membunuh tikus, maka hewan tersebut biasanya akan mati di tempat yang sulit untuk dijangkau dan dapat seringkali menyebabkan bau yang tidak sedap dari bangkai tikus dan munculnya kuman berbahaya.

Maka dari itu, lebih baik untuk mengusir tikus menggunakan bahan alami tanpa merugikan Anda dan membahayakan kesehatan. Jika Anda juga memiliki masalah yang sama, perlu untuk menyimak info di bawah ini mengenai cara mengusir tikus yang aman bagi kesehatan.

  1. Kapus barus

Bahan pertama untuk mengusir tikus di rumah Anda yaitu kapur barus. Seperti yang diketahui, kapur barus akan mengeluarkan beragam aroma harum. Tikus sangat tidak suka dengan aroma harum seperti kapur barus. Maka dari itu bahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengusir hewan pengerat ini.

cara membasmi tikus di rumah

Anda bisa meletakkan kapur barus di tempat yang biasa tikus datangi. Tikus akan merasa terganggu dan memilih untuk tidak datang ke rumah Anda lagi. Cara untuk mengusir tikus satu ini sangatlah mudah dan praktis, karena kapur barus bisa Anda beli di toko-toko terdekat dan harganya pun tidak terlalu mahal.

  1. Memelihara jangkrik

Selain bahan kimia seperti kapur barus, ada pula hewan yang bisa menjadi pengusir tikus secara alami, yaitu jangkrik. Dengan memelihara jangkrik, Anda bisa mengusir tikus yang ada di rumah. Tikus tidak menyukai tempat yang penuh dengan keramaian atau bising. Tentu kondisi ini sangat pas, jika Anda memilih memelihara jangkrik yang mengeluarkan suara-suara nyaring. Pendengaran tikus akan mulai terganggu karena adanya suara nyaring dari jangkrik.

  1. Kulit durian

Selain jangkrik dan kapur barus, Anda juga bisa memilih buah durian. Selain daging buah yang rasanya nikmat, ternyata kulit durian juga bisa digunakan untuk mengusir tikus atau hewan pengerat lain. Anda bisa memanfaatkan kulit durian ini dengan cara memotong kulitnya dan letakan pada tempat yang biasa didatangi tikus. Aroma buah durian yang menyengat bisa ampuh untuk mengusir tikus.  

  1. Memelihara kucing

Tentu sudah menjadi rahasia umum jika kucing menjadi musuh utama dari tikus. Apalagi untuk jenis kucing kampung, biasanya sangat suka memangsa tikus. Indera penciuman yang kucing miliki sangatlah tajam, ini bisa menjadi alat baginya untuk menemukan tikus yang ada.

Biasanya tikus akan berlari ketakutan jika sudah mendengar suara kucing. Maka dari itu jika Anda ingin mengusir tikus dengan aman bisa mulai untuk memelihara kucing, karena tikus akan takut jika kucing tersebut menerkamnya.

  1. Baking soda

Bahan terakhir yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah baking soda. Tikus memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak bisa mengeluarkan gas yang ada di dalam tubuhnya dan juga tidak bisa bersendawa. Nah, Anda bisa memanfaatkan baking soda dengan mencampurkannya ke dalam makanan yang disukai tikus.

Setelah tikus memakannya, maka efek soda akan langsung bereaksi pada tikus dan menyebabkan badan menjadi menggembung. Ini karena tikus tidak bisa melepaskan gas hasil dari reaksi soda. Namun jangan khawatir tikus akan mati di tempat yang tertutup, karena tikus akan memilih untuk segera keluar dari tempat persembunyiannya dan lari ke ruang terbuka sebelum mati.

Demikian beberapa bahan aman yang bisa digunakan untuk mengusir tikus dan cara mengusir tikus tersebut juga sangatlah mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengusir hewan pengerat tersebut dari rumah Anda.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.