Wayback machine

Okelah kita memang bukan Nobita yang setiap saat bisa minjem mesin waktunya doraemon buat kembali ke masa lalu. Tapi setidaknya dalam dunia sehari2 kita bisa menggunakan mesin waktu yang bisa membawa kembali kita ke masa lalu. Hah maksoed loe? 

Iya perjalanan kembali ke masa lalu ini tidak melibatkan fisik dan emang disana kita hanya sebagai aktor pasif a.k.a penonton. Perjalanan ini tidak ubahnya seperti mengakses memory dan data2 dari masa lalu. Dan ini hanya bisa dilakukan di internet! Ya di internet!

time-machine-wallpaper-300x225 Wayback machine  wallpaperMesin waktu yang saya maksudkan disini adalah sebuah website bernama wayback-machine, wayback-machine bisa kita sebut sebagai dinas kearsipan dalam sebuah kota, tetapi ini lingkungan kerjanya adalah dunia internet di seluruh dunia. Tugasnya adalah melakukan mirroring dan dokumentasi pada halaman web di internet, menyimpannya dan menyimpan versi terbarunya ketika ada perubahan. Wayback machine dibuat oleh organisasi nirlaba Internet Archive dan telah melakukan pengarsipan sejak tahun 1996.

Jadi jika anda hendak mencari berita di internet/ melihat sejarah perkembangan internet sejak 1996 anda bisa menggunakan wayback-machine. Saya sering menggunakannya untuk bernostalgia dan melihat2 perubahan tampilan blog pribadi saya di Multiply sejak 2007 hingga saat ini, atau melihat tampilan2 website besar di masa lalu dan perbandingannya dari waktu ke waktu hingga saat ini.

BACA JUGA:   Blogger Aja Napa?

gambar dari sini

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan untuk “Wayback machine

  • Agustus 16, 2012 pada 9:59 pm
    Permalink

    Thx, atas infonya…
    Sangat brguna skali… 🙂

    Balas
    • Agustus 17, 2012 pada 3:12 am
      Permalink

      sama2 mas

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: