Cara Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes Melitus


Bagi para penderita diabetes melitus atau kencing manis, tentunya ingin agar kesehatan mereka tetap terus terjaga dengan cara mengontrol kadar gula darah dalam tubuh mereka. Untuk menjaga kesehatan penderita diabetes melitus dan mencegah terjadinya komplikasi jangka panjang.

Cara hidup sehat bukan saja untuk para penderita diabetes, tetapi juga semua orang, baik yang memiliki riwayat diabetes atau tidak. Pada intinya mencegah diabetes melitus lebih baik daripada tidak sama sekali. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada harapan untuk mereka yang terlanjur menderita diabetes melitus, karena diabetes bisa saja terjadi dari faktor keturunan.


Nah lalu gimana sih cara untuk hidup sehat bagi para penderita diabetes?

Setidaknya ada 3 tips hidup sehat yang sebaiknya dilakukan penderita kencing manis, yang pertama adalah pemenuhan nutrisi yang tepat, kedua olahraga dan aktifitas fisik serta yang ketiga adalah manajemen stress. Kita akan membahasnya satu persatu.

Sebagaimana layaknya manusia sehat pada umumnya, pengidap diabetes melitus juga perlu mendapatkan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya, hanya saja perlu lebih teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

BACA JUGA:   Mau Punya Usaha Peternakan Sapi Tapi Bingung Mulai Darimana? Lakukan Hal di Bawah Ini

tips mengatasi diabetes dengan gula rendah kalori


Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan glukosa tinggi, seperti permen, cokelat, cake, kue, nasi, sirup, untuk nasi bisa diganti dengan beras merah, whole grain atau sereal yang mengandung serat tinggi. Selain itu makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh seperti susu, daging juga perlu dihindari, ganti dengan susu skim yang memiliki kadar lemak rendah. Kebutuhan protein bisa digantikan dengan tempe, tahu atau susu tinggi protein. Tambahkan dua jenis sayuran dalam makanan anda agar mendapatkan serat lebih banyak. Tinggalkan aktifitas merokok dan meminum-minuman keras yang akan membuat penyakit lebih mudah menyerang anda.

Olahraga dan aktifitas fisik merupakan cara hidup sehat yang harus dilakukan penderita diabetes melitus, olahraga membantu tubuh kita tetap segar dan nyaman melakukan aktifitas sehari-hari. Cara paling sederhana adalah dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari, tidak perlu harus sekaligus, tetapi bisa dilakukan 3 kali sehari masing-masing selama sepuluh menit.

Terakhir adalah penanganan stress, tingkat stress yang tinggi merupakan salah satu pemicu sakit, tidak hanya bagi penderita diabetes melitus tetapi juga penderita hipertensi dan jantung. Gunakan waktu anda untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain agar kehidupan psikologis anda tetap terjaga, perlu juga mempelajari teknik relaksasi dan pernapasan agar membantu anda mencegah stress akibat pekerjaan di kantor.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda