14 Tahun Gamatechno

Empat januari 2019, Gamatechno telah berusia 14 tahun. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2005 dan berpusat di Yogyakarta ini dulunya merupakan wadah untuk membangun sistem informasi di Universitas Gadjah Mada. Seiring berjalannya waktu, sistem informasi tidak hanya diperlukan oleh UGM saja, tetapi juga ribuan kampus yang berada di wilayah Indonesia. Melihat peluang tersebut maka Gamatechno hadir untuk memberikan solusi layanan di bidang pendidikan utamanya pendidikan tinggi.

Saat ini Gamatechno memiliki empat fokus solusi teknologi informasi yakni untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik serta industri bussiness. Untuk segmen perguruan tinggi, Gamatechno memiliki gtCampus Suite yang terdiri dari berbagai software modular yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis perguruan tinggi, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, pengelolaan perkuliahan, pengelolaan dan manajemen aset dan sumber daya, keuangan, sistem informasi perpustakaan, e-learning dan masih banyak lagi. Solusi-solusi tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan setiap perguruan tinggi negeri.

14 Tahun Gamatechno 1

Di bidang e-government, Gamatechno memiliki solusi yang disebut gtSmartCity Solution, solusi berbasis sistem dan teknologi informasi untuk mewujudkan kota cerdas yang berorientasi paperless, timeless, cashless dan less complexity. Beberapa contoh solusi modular yang disediakan antara lain

  1. gtPerizinan sistem pengelolaan perizinan terpadu
  2. gtAspirasi untuk mengelola aspirasi masyarakat
  3. gtGroupware sistem kolaborasi arsip perkantoran
  4. serta produk portal berbasis citizen centric

Di bidang transportasi logistik, layanan Gamatechno antara lain gtFleets (sisinfo pengelolaan armada), gtSmartTicketSystem (tiketing berbasis smartcard) dan aplikasi mTransport untuk layanan transportasi publik. Sementara untuk layanan bisnis banyak aplikasi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis pelanggan, misalnya untuk taman hiburan, pusat belanja, microfinance, kesehatan dan lain sebagainya.

Di tengah semakin berkembangnya porsi persaingan dunia solusi digital, Gamatechno tidak hanya mampu bertahan tetapi juga mampu berkembang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan pendirian anak usaha PT AINO Indonesia pada tahun 2011, PT AINO sendiri bergerak dibidang solusi integrasi sistem pembayaran. Di tahun 2013 Gamatechno menambah cabang di ibukota negara, Jakarta guna melayani kebutuhan corporate dan klien yang semakin banyak.

14 Tahun Gamatechno 2

Pada usia ke 14 ini, Gamatechno kembali melakukan gebrakan dengan meluncurkan dua anak usaha terbarunya sekaligus, yakni Solusi Kampus Indonesia dan Global Data Inspirasi. Solusi Kampus Indonesia merupakan pengembangan dari layanan Gamatechno untuk pendidikan kampus yang membutuhkan sistem informasi handal, akurat dan terpercaya, sementara Global Data Inspirasi bergerak di bidang analisis dan penyediaan data untuk kemudahan pelanggan.

Perayaan ulang tahun Gamatechno ke 14 yang diberi judul Hatch the Dreams ini digelar di Ballroom Prambanan, Cavinton Hotel Yogyakarta, juga menampilkan atraksi dari berbagai divisi Gamatechno. Acara yang santai dan meriah ini adalah bagian dari apresiasi Gamatechno kepada para heroes (sebutan karyawan Gamatechno) yang telah ambil bagian mewujudkan mimpi Gamatechno selama 14 tahun terakhir, dan tentunya untuk menjaga semangat para heroes agar tetap berupaya meraih mimpi-mimpi yang lebih besar untuk kemajuan Indonesia

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.