Mengenal Jenis Air Filter Berdasarkan Ukuran, Bahan Filter dan Tingkat Filtrasi

Jika kalian pernah mendengar air filter, mungkin akan segera teringat akan komponen yang berguna sebagai penyaring aliran udara dari debu agar tidak masuk dan mengotori mesin. Tapi seperti apa sebenarnya air filter, ada berapa jenisnya dan bagaimana tingkat filtrasinya? Yuk kita mulai bahas satu persatu deh biar lebih enak.

Pengertian Air Filter

Umumnya jika kita menyebutkan air filter, maka kita mengasosiasikannya dengan filter udara, sementara untuk penyaring air dan cairan lebih dikenal dengan liquid filter. Jadi biar tidak bingung, samakan persepsi terlebih dahulu bahwa air filter kaitannya dengan kontrol kualitas udara.

Air filter adalah komponen dalam sebuah sistem mesin yang berfungsi sebagai penyaring debu, kotoran maupun partikel lain, agar tidak masuk ke dalam aliran sistem. Sistem yang umumnya membutuhkan air filter antara lain, sistem pembakaran, sistem hidrolik dan sistem pelumas pada kendaraan.

Mengapa Air Filter Penting?

Fungsi air filter sendiri memastikan mesin bekerja secara maksimal dan mencegah gangguan pada sistem mesin. Beberapa gangguan yang mungkin terjadi jika air filter tidak mampu mencegah partikel masuk ke mesin diantaranya:

  • Mengakibatkan proses pembakaran mesin yang tidak efektif 
  • Tingkat suhu dalam mesin menjadi lebih cepat panas
  • Dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan kerusakan serius seperti korosi, mudah aus akibat paparan partikel di dalam mesin
  • Pada kendaraan dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti goresan pada piston ring
  • Perubahan bentuk valve pada cylinder head yang mengakibatkan perputaran tidak sempurna

Jenis Air Filter

air filter kompressor

Alat penyaring udara ini dapat dibagi berdasarkan beberapa tipe, misalnya berdasarkan jumlah filter yang dimiliki, maupun berdasarkan cara kerjanya

Berdasarkan Jumlah Filter

Air Filter dapat dikategorikan menjadi 2 jenis berdasar jumlah metode penyaringan yang digunakannya. Yaitu single stage filter dan multiple stage filter. Jenis single stage misalnya digunakan di mesin yang memiliki paparan debu ringan, seperti truk dan genset.

Sementara multi stage, digunakan untuk area yang memiliki paparan debu lebih berat, seperti untuk mesin di area produksi pabrik.

Berdasar Cara Kerjanya

Air filter dapat digolongkan menjadi 5 jenis berdasarkan bagaimana cara kerja perangkat ini. 

Air Filter Mekanis

Jenis air filter ini adalah yang paling banyak ditemui di kehidupan sehari-hari. Air filter mekanis terdapat pada kendaraan, gedung maupun perangkat yang biasa digunakan di rumah seperti AC mobil dan vacuum cleaner.

Cara kerja air filter mekanis adalah dengan memaksa udara masuk melewati mesin yang memiliki filter udara, di dalamnya terdapat bahan atau pod filter yang dapat menahan partikel debu dan kotoran agar tetap berada di media tanpa resiko masuk ke dalam mesin.

Air Filter Elektrostatik

Air filter berjenis elektrostatik biasanya digunakan di sistem AC rumah yang menggunakan teknologi HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning)

Sedikit berbeda dengan sistem mekanis, jenis elektrostatik ini menggunakan air filter kompresor dari medan listrik untuk menarik debu, alergen dan partikel, nah media filter yang digunakan pun berbeda karena memiliki muatan listrik yang akan melakukan proses scanning pada partikel yang masuk ke dalam, istilah umumnya adalah proses ionizer. 

Jenis Karbon Aktif

Sistem air filter berjenis karbon aktif biasanya digunakan dengan sistem air filter mekanis untuk lebih mengefektifkan metode penyaringan udaranya. Filter jenis ini biasanya digunakan untuk memastikan gas dan polutan terperangkap dalam media karbon dalam filter. Misalnya untuk menghilangkan bau, asap rokok, maupun partikel Volatile Organic Compounds (VOC)

Air Filter Ultraviolet

Salah satu jenis air filter lain menggunakan teknologi ultraviolet, seperti kita tahu sinar ultraviolet memiliki dampak radiasi pada kulit manusia. Oleh karenanya, jenis filter udara ini digunakan untuk membunuh bakteri yang dapat merusak DNA/RNA bakteri maupun virus alergen

Air Washer

Jenis terakhir adalah air washer yang biasanya digunakan untuk meningkatkan kelembapan udara, sistem yang paling mudah dijumpai adalah jenis kipas angin yang memiliki cairan pembersih di bawahnya. 

Cara kerja air filter ini dengan menggunakan air filter regulator guna mengatur kecepatan kipas dan cairan untuk disebarkan ke ruangan. Partikel dan debu yang beterbangan akan terikat pada cairan yang ada di udara.

Tips Memilih Air Filter yang Tepat

tips memilih air filter sesuai fungsi air filter

Untuk memilih mana air filter yang tepat untuk kebutuhan kita, tentukan terlebih dahulu jenis partikel yang ingin diamankan dari udara, seperti debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, asap rokok, atau alergen lainnya.

Misalnya untuk kebutuhan sistem yang terkait dengan hidrolik dan pneumatic, maupun dalam industri rig minyak, yang tentunya membutuhkan jenis air filter mumpuni bisa memilih Krisbow Air Filter Cartridge 84CFM, keunggulannya antara lain

  • Kapasitas aliran udara: Kapasitas 84 CFM (Cubic Feet per Minute) cukup tinggi untuk kebutuhan mesin pemboran, sedangkan untuk kendaraan, umumnya membutuhkan filter dengan kapasitas yang lebih rendah.
  • Kemampuan filtrasi: Filter ini mampu menyaring partikel hingga 5 mikron dan kandungan gas minyak hingga 5 ppm. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan dan keefektifan sistem pneumatik pada mesin pemboran yang beroperasi di lingkungan dengan tingkat kontaminasi tinggi.
  • Tekanan kerja: Filter ini mampu menahan tekanan hingga 16 bar, yang sesuai dengan tekanan yang digunakan dalam sistem pneumatik mesin pemboran.

gambar air filter cartridge

Selain digunakan untuk aplikasi industri sensitif seperti gas dan perminyakan, jenis air filter ini dapat digunakan dalam peralatan industri bidang lain yang memiliki residu maupun kontaminasi partikel gas dan minyak.

Beberapa jenis air filter membutuhkan perawatan baik dengan dibersihkan maupun melakukan penggantian filter secara teratur untuk menjaga efektivitasnya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya perawatan yang bisa kita tanggung.

47 pemikiran pada “Mengenal Jenis Air Filter Berdasarkan Ukuran, Bahan Filter dan Tingkat Filtrasi”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini