Apa Itu Domain .Online? Simak Penjelasannya!

Untuk membuat sebuah website, ada dua komponen yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Kedua komponen itu adalah domain dan hosting. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang seringkali tidak bisa membedakan antara domain dan hosting. Oleh karena itu, simaklah penjelasan di bawah ini agar Anda tidak keliru lagi!

Pengertian Domain

Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit dan akan sangat susah apabila Anda menghapalnya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali website di dunia dan Anda tidak mungkin bisa menghapal semua deretan angka berbeda tersebut.  Oleh karena itu, diciptakanlah domain. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para pengguna internet dapat lebih mudah dalam menemukan website yang akan dicarinya. Selain itu, jika suatu saat Anda harus mengubah alamat IP website Anda untuk keperluan tertentu, maka Anda tidak harus memberi tahu para pengunjung mengenai hal tersebut. Hal ini dikarenakan mereka tetap dapat menemukan website Anda hanya dengan nama domain.

Bagian-bagian Domain

Sebuah nama domain sebenarnya merupakan suatu gabungan dari beberapa bagian, diantaranya:

  • Bagian pertama disebut dengan Top Level Domain (TLD) yang merupakan susunan huruf terakhir setelah tanda titik dari sebuah nama domain. Salah satu contoh TLD yang jarang diketahui adalah .online.
  • Bagian kedua dari sebuah nama domain disebut dengan nama Second Level Domain (SLD) yang merupakan bagian kedua setelah TLD. Salah satu contoh SLD dari Google.co.id adalah .co.
  • Bagian ketiga atau yang disebut Third Level Domain adalah bagian yang berada setelah SLD dari sebuah nama domain. Salah satu contohnya adalah Google yang merupakan Third Level Domain dari Google.co.id.
  • Subdomain merupakan bagian dari domain utama. Subdomain biasanya terletak di depan nama domain. Tujuan dari pembuatan subdomain adalah karena diperlukannya website baru yang memiliki fungsi yang berbeda dengan website utama. Contoh mudahnya adalah mail.google.com yang merupakan subdomain dari google.com yang digunakan untuk mengakses website email gmail.

pengertian domain dotOnline idwebhostDomain .online

Perkembangan Domain

Karena pertumbuhan website yang begitu cepat dan pesat, pada tahun 2014 ICANN merupakan sebuah organisasi yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi nama domain telah merilis lebih dari 1.400 TLD baru yang mencakup berbagai macam kategori. ICANN sendiri merupakan kepanjangan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. Salah satu TLD baru yang dikeluarkan oleh ICANN adalah .online. Nama domain yang satu ini pasti akan terdengar aneh di telinga Anda, bukan?

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah selain TLD, masih ada Country Code TLD yang merupakan domain yang berkode negara. Nah, disini negaralah yang menggantikan peran ICANN. Oleh karena itu, dibentuklah PANDI.

PANDI merupakan singkatan dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, yang mana fungsinya adalah untuk mengatur seluruh domain dengan akhiran kode negara.

Kembali ke nama domain .online. Masihkah Anda bertanya-tanya mengenai nama domain ini? Jika ya, maka simaklah penjelasan berikut ini!

Anda sudah tentu mengetahui pemanfaatan teknologi dan internet sangatlah berpengaruh pada kegiatan operasional suatu bisnis yang dijalankan oleh banyak orang. Anda juga sudah pasti menyadari hal tersebut, bukan? Dari semua jenis artikel yang pernah Anda baca di internet, Anda pasti bertanya-tanya mengapa ada banyak sekali domain yang bertebaran di internet. Bahkan tak jarang Anda mengalami kegundahan yang pada akhirnya membuat Anda bingung.

Dari semua domain yang ada di dunia ini, Anda disarankan untuk menyimak salah satu domain unik ini. Siapa tahu domain ini bisa menjadi salah satu domain favorit Anda. Domain .online merupakan salah satu domain yang dapat Anda temui di semua situs penyedia hosting. Domain unik yang satu ini merupakan salah satu TLD atau Top Level Domain yang digunakan di lebih dari 128 negara yang ada di dunia.

Masih kurang jelas? Masih ingin mengetahui fakta menarik lainnya mengenai domain .online? Simaklah penjelasan lanjutannya berikut ini!

Fakta Menarik Mengenai Domain .Online

pengertian domain dotOnline
Domain .online

Urutan 8 di TLD

Apakah Anda mengetahui bahwa ada lebih dari 660.000 situs web yang terdaftar dengan domain .online? Sungguh menarik, bukan? Selain itu, domain .online juga telah terdaftar di lebih dari 230 negara di dunia, lho!

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 lalu, salah satu domain unik ini telah terdaftar di lebih dari 38.000 situs web hanya dalam waktu 24 jam saja. Inilah yang membuat domain yang satu ini tercatat sebagai salah satu domain terbesar di dunia dan telah mencapai urutan ke 8 di TLD yang ada.

Perkembangan .Online

Domain .online ini juga tersebut di berbagai penjuru dunia. Salah satu pengguna domain .online yang paling banyak di dunia adalah China dengan presentase 42%. Selain itu, domain .online juga telah dikenali oleh lebih dari 24 bahasa. Hal inilah yang membuat website dengan domain ini familiar dan lebih mudah dikenali oleh para pengguna website.

Salah satu keunggulan dari domain ini adalah popularitasnya yang dikenal ramah di lebih dari 41.000 situs mobile yang ada di dunia. Selain itu, domain ini juga memiliki lebih dari 663.000 website yang menggunakannya sebagai domain.

Cocok Digunakan untuk Bisnis

Sebelumnya telah disebutkan bahwa domain .online ini dapat dikenali oleh lebih dari 24 bahasa yang ada di dunia. Dengan demikian, tentu saja akan lebih mudah bagi Anda sebagai pebisnis yang ingin memulai website dan bingung dalam menentukan nama domain. Anda bisa saja menjadikan domain .online ini sebagai salah satu pilihan utama.

Tips Memilih Nama Domain

Selain cocok digunakan oleh Anda yang akan berbisnis, ternyata domain ini juga sangat cocok digunakan pada perusahaan, start up, personal profiles dan juga blog. Nama domain unik ini bisa Anda gunakan untuk membangun brand Anda sendiri agar lebih mudah dikenali oleh orang banyak, khususnya para pengguna internet.

IDwebhostcom merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik yang ada di Indonesia. Jika Anda membutuhkan hosting dan domain seperti .online yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mendapatkannya di IDwebhost. Mengenai masalah harga, Anda tidak perlu khawatir karena hosting dan domain yang ada di IDwebhost ini terbilang sangat murah dibandingkan penyedia layanan web hosting yang lainnya. Untuk mendapatkan hosting dan domain di IDwebhost, klik disini!

BACA JUGA:   Inilah Manfaat yang Bisa Diperoleh Saat Menggunakan Smartwatch
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.