3 Istilah Keuangan Paling Penting yang Perlu Dipahami Setiap Investor

Apakah Anda bosan mendengarkan podcast investasi karena kehilangan minat ketika pembawa acara mulai berbicara tentang pasar saham?. Penasaran tentang pasar obligasi, bagaimana menjadi trader dan perbedaan antara suku bunga nominal dan riil? Anda datang ke tempat yang tepat! Artikel ini akan membahas tiga istilah dan frasa keuangan yang paling penting untuk Anda ketahui untuk memahami sistem ekonomi. 

Istilah keuangan yang harus diketahui setiap investor

Ketika Anda mulai mempelajari pasar saham, forex, obligasi atau CFD, terutama ketika Anda memilih situs Admiral Markets, Anda pasti akan menemukan sejumlah istilah yang jarang ditemukan di kamus bahasa Indonesia. Pentingnya mengetahui istilah keuangan akan memudahkan proses belajar Anda menjadi investor.

Pasar obligasi

Ketika Anda mendengarkan podcast investasi atau membaca materi di portal pendidikan, “pasar obligasi” pasti akan disebutkan. Dalam penggunaan umum, ketika membahas pasar obligasi, orang biasanya berarti pasar untuk Treasury AS (UST). Obligasi adalah jenis pinjaman. Untuk meningkatkan modal, obligasi sering diterbitkan oleh bisnis dan pemerintah. Di antara pasar keuangan terbesar dan paling likuid di dunia adalah pasar untuk US Treasury. Transaksi yang melibatkan UST yang berjumlah ratusan triliun dolar adalah hal yang umum, seperti halnya pesanan yang berjumlah beberapa miliar. 

Istilah “pasar obligasi sampah” digunakan untuk menggambarkan pasar sekunder untuk obligasi korporasi yang diterbitkan oleh perusahaan dengan peringkat kredit yang buruk. Perusahaan dengan peringkat kelayakan kredit yang lebih tinggi adalah perusahaan yang menerbitkan obligasi dengan peringkat “investment grade”. Pasar obligasi sampah dikenal karena risikonya yang lebih tinggi dan tingkat kupon yang lebih tinggi.

Tingkat nominal versus tingkat riil

Kurangi inflasi dari tingkat nominal untuk mendapatkan tingkat riil. Misalkan bank Anda menawarkan APY 1% pada rekening tabungan. Itu adalah suku bunga “resmi”. Meskipun demikian, pembacaan terbaru dari CPI AS mencapai 8,5%. Menghitung suku bunga riil dengan mengurangi tingkat inflasi dari suku bunga nominal menghasilkan nilai negatif -7,5%.

  • Suku Bunga Teoretis: 1%
  • Indeks biaya hidup: 8,5 persen
  • -7,5% secara riil

Melihat tingkat yang sebenarnya adalah satu-satunya cara untuk mengetahui berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan (atau hilang). Di banyak negara, tingkat obligasi riil di bawah nol, menjamin kerugian. Hal ini membawa Anda secara alami ke dalam rangkaian masalah berikutnya, Federal Reserve dan pelonggaran kuantitatif (QE).

Investasi aktif dan pasif

Investasi aktif dan pasif adalah dua pendekatan utama terhadap pasar keuangan. Apabila Anda menyewa penasihat investasi untuk mengelola uang Anda menurut strategi tertentu yang terdokumentasi, ini disebut investasi aktif. Investor aktif biasanya menilai kondisi pasar dan memasukkan uang mereka ke sektor-sektor yang menurut mereka undervalued. Beberapa investor bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi pasar dengan membeli rendah dan menjual tinggi.

Jika dibandingkan dengan investasi aktif, yang melibatkan pertimbangan dan nuansa yang cermat, investasi pasif tidak memiliki keduanya. Ketika dimintai uang, investor pasif akan menjual, dan ketika diberi uang, dia akan membeli. Manajer dana pasif tidak membuat panggilan apa pun tentang kapan pasar berada pada titik tertinggi atau terendah, atau apakah harga sekuritas individu masuk akal atau tidak. Jika Anda memberikan uang ke strategi pasif, ia akan membeli saham dan kemudian menjualnya jika Anda meminta uang Anda kembali.

Investasi pasif memiliki sejumlah masalah, salah satunya adalah meningkatkan volatilitas pasar, seperti yang berulang kali ditekankan. Seorang manajer proaktif dapat memberikan beberapa bantalan. Selama pasar jatuh, manajer aktif dapat membeli aset murah untuk menstabilkan portofolio. Manajer aktif memiliki kemampuan untuk menjual ke pasar yang sedang naik dan membatasi tingkat kenaikan.

istilah keuangan penting bagi investor

Portofolio pasif hanya mengandalkan arus masuk modal dan tidak menyediakan penyangga seperti itu. Sekali lagi, Anda memiliki sesuatu yang pantas untuk posnya sendiri. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang investasi pasif dengan membaca salah satu wawancara yang telah diberikan tentang topik tersebut. Mengingat bagaimana dominasi berkelanjutan dari investasi pasif mendistorsi pasar dan meningkatkan volatilitas, Anda mengantisipasi bahwa arus modal pasif akan menjadi topik yang semakin penting di tahun-tahun mendatang.

Kesimpulan

Mempelajari seluk beluk pasar keuangan adalah sebuah proses, sama seperti mempelajari hal lainnya. Menutup diri adalah strategi yang berisiko untuk diambil ketika tanggung jawab perusahaan adalah meningkatkan kepercayaan investor melalui penggunaan sebanyak mungkin nilai positif. Pemula dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pasar keuangan dan kemampuan mereka untuk berpikir kritis tentang berita keuangan dengan membiasakan diri dengan arti terminologi pasar keuangan, mempelajari mengapa terminologi itu digunakan, dan mencari tahu bagaimana penggunaan terminologi itu memengaruhi harga saham.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.