5 Manfaat Penggunaan QRIS untuk Keberhasilan Bisnis Online

Trend transaksi dengan uang kertas kini sudah semakin ditinggalkan, tapi tahukah kalian mengenai QRIS? Saat ini disamping banyaknya bermunculan aplikasi dompet digital yang menawarkan kemudahan dan kecepatan transaksi, juga dibekali dengan QR code. Proses transaksi dengan dompet digital umumnya dilakukan dengan membaca QR code pada masing-masing aplikasi. Sebagai pelaku bisnis, akan amat merepotkan apabila anda harus menerima banyak sekali akun dompet digital pada online store yang dimiliki. Sebagai gantinya, saat ini pelaku bisnis gencar melakukan integrasi toko online yang dimiliki dengan payment gateway Indonesia sehingga dapat menerima pembayaran dengan metode QRIS.  

Apa Itu QRIS

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi segala pembayaran digital di Indonesia. Lewat QRIS, merchant tidak perlu repot mencari kode QR yang sesuai dengan masing-masing dompet digital. Sebab, berbagai aplikasi pembayaran dapat langsung membaca QR code pada QRIS untuk proses jual beli.

Manfaat Penggunaan QRIS

manfaat penggunaan QRIS

Selain memberikan kemudahan pembayaran, ada 3 manfaat penggunaan QRIS untuk bisnis online, diantaranya sebagai berikut :

  • Menaikkan Citra Bisnis

QRIS dapat memproses transaksi dari berbagai dompet digital yang sudah terintegrasi dengannya. Itu artinya, anda dapat memberikan berbagai alternatif pembayaran pada pelanggan anda. 

Hal ini kelak akan menaikkan citra bisnis anda di mata pelanggan. Sebab, anda bisa memberi kenyamanan dan kemudahan bertransaksi pada mereka.

  • Mengembangkan Bisnis

Semakin beragamnya aplikasi dompet digital tentunya menuntut para pebisnis untuk mengikuti tren terkini agar tidak ditinggal pelanggan. Dengan mengetahui apa itu BARIS dan menerapkannya, secara tidak langsung anda telah mengembangkan bisnis online anda.

Terlebih, tren menggunakan uang kartal saat ini sudah semakin ditinggalkan. Selain rawan pencurian, penggunaannya pun cukup memakan waktu. Terlebih jika kita harus memberikan uang kembalian dalam jumlah besar. Itu pun belum ditambah dengan risiko salah hitung.

  • Membantu Perekonomian Indonesia

QRIS merupakan aplikasi yang dapat membantu perekonomian masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Sebab aplikasi ini dapat mencegah beredarnya uang palsu di masyarakat.

Banyaknya uang palsu di masyarakat dapat menimbulkan inflasi yang tidak terkendali, yang imbasnya akan membuat harga barang kian naik dan menurunkan daya beli. Dengan menggunakan QRIS, anda juga berperan aktif dalam menekan inflasi.

  • Proses Transaksi Lebih Cepat dan Praktis

Manfaat penggunaan QRIS selanjutnya adalah dapat membantu kemudahan dalam transaksi toko online Anda. Dengan menggunakan QRIS, maka Anda tidak perlu menyediakan berbagai jenis QR Code untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi yang berbeda-beda. Hanya dengan menyediakan 1 QR Code maka Anda dapat menerima segala jenis pembayaran dari berbagai aplikasi yang berbeda-beda. Selain itu  dengan adanya QRIS, Anda tidak perlu memajang berbagai QR Code di meja kasir toko Anda. Tentu hal ini akan membuat meja kasir Anda lebih rapi dan bersih. Praktis bukan?  

Baca Juga: Pengaruh Pandemi terhadap Pertumbuhan Pembayaran Digital

  • Alternatif Pembayaran Semakin Beragam

Dengan QRIS, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan pembayaran dari berbagai dompet digital. Hal ini tentu membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, karena pelanggan memiliki berbagai alternatif pilihan dalam melakukan proses pembayaran. Jadi, toko Anda dapat menggunakan aplikasi pembayaran apapun yang sudah mendapat izin di Indonesia.

Nah, itulah manfaat penggunaan QRIS yang tentunya akan amat menguntungkan bagi para pemilik online store. Tertarik mencobanya? Singkatnya, untuk mempermudah bisnis Anda, sebaiknya segera daftarkan bisnis Anda ke QRIS untuk mempermudah metode pembayaran agar lebih praktis dan cepat. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.