Tips Belajar Mengatur Keuangan Anak Kos

Menjadi anak kos memang tidak mudah karena harus bisa mengatur uang yang dimiliki agar uang tersebut bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak anak kos yang mulai belajar mengatur keuangan karena tidak ingin merepotkan orang tua yang ada di kampung halaman. Agar keuangan tidak memburuk sebaiknya baca tata cara mengatur keuangan di Krediblog berikut ini.

Tips Mengatur Keuangan Anak Kos

cara mudah mengatur keuangan anak kos

Anak kos pastinya akan mendapatkan uang jajan yang bisa digunakan untuk membeli makanan ataupun untuk memenuhi kebutuhan lain seperti untuk biaya mengerjakan tugas. Agar uang yang diberikan orang tua bisa cukup sebaiknya praktikkan tips-tips berikut ini.

Membuat Anggaran Kebutuhan

Agar keuangan bisa tertata dengan rapi sebaiknya pada awal bulan harus membuat anggaran kebutuhan terlebih dahulu. Anak kos harus membuat daftar barang-barang yang harus dibeli dalam kurun waktu 1 bulan dan juga harus menyisakan anggaran untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Dengan memanfaatkan susunan anggaran tersebut nantinya anak kos bisa mengetahui barang apa saja yang harus dibeli beserta nominalnya sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Anggaran kebutuhan ini juga bisa memberikan informasi nominal uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan 1 bulan.

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

cara hemat keuangan anak kos

Anak kos juga perlu mencatat setiap pemasukan yang didapatkan setiap hari dan juga pengeluaran sehari-hari. Tips ini bisa dipraktikkan jika anak kos sudah mendapatkan pendapatan pribadi. Dengan mencatat pemasukan nantinya bisa mengetahui berapa jumlah uang yang didapatkan setiap bulan sehingga bisa mengatur jumlah pengeluaran agar jumlahnya tidak melebihi pemasukan.

Pengeluaran setiap harinya juga perlu dicatat agar mengetahui uang yang dimiliki itu digunakan untuk apa saja. Kalau jumlah pengeluaran ternyata lebih banyak daripada pemasukan nantinya di bulan berikutnya bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Jangan lupa kunjungi juga Krediblog agar tahu cara mendapatkan penghasilan untuk anak kos.

Kurangi Nongkrong 

Hampir semua anak kos pasti sering sekali nongkrong bersama teman-teman tapi sebenarnya aktivitas ini bukan merupakan aktivitas yang baik untuk dilakukan karena yang namanya nongkrong bisa membuat pengeluaran anak kos menjadi lebih banyak. Meskipun kegiatan nongkrong sangat menyenangkan karena bisa mempererat jalinan pertamanan tapi kalau menyebabkan uang habis sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering.

Rajin Menabung

atur keuangan anak kos

Menabung merupakan salah satu cara yang bisa dicoba untuk lebih menghemat uang dan juga bisa membuat anak kos mampu membeli barang yang diinginkan tanpa harus meminta kepada orang tua. Untuk anak kos yang ingin menabung tidak perlu menabung uang dalam jumlah yang banyak, uang yang ditabung cukup kembalian dari belanja berupa uang receh.

Memasak Sendiri

cara mengatur keuangan anak kos dengan memasak

Memasak sendiri juga menjadi salah satu cara berhemat karena membeli makanan yang sudah jadi biayanya jauh lebih banyak dibandingkan untuk membeli bahan-bahan makanan. Menu makanan yang dimasak tidak perlu harus yang mewah, cukup memasak menu makanan sederhana seperti membuat oseng kangkung dan menggoreng tempe.

Cara Mendapatkan Uang Tambahan Untuk Anak Kos

Anak kos yang ingin mendapatkan uang tambahan bisa dengan cara membuka bisnis kecil-kecilan seperti jasa mengetik laporan, menjual jajanan pasar atau bisa juga membuka usaha laundry kalau memang punya modal yang cukup besar. Dengan menjalankan usaha tersebut nantinya bisa mendapatkan uang tambahan untuk digunakan memenuhi kebutuhan hidup atau bisa juga dipakai untuk membayar biaya kuliah. Agar nantinya bisnis yang dijalani bisa lancar sebaiknya baca tips bisnis di Krediblog.

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.