5 Pilihan Buah Yang Baik Untuk Jantung Kita

Jantung merupakan organ utama tubuh kita, jantung sudah bekerja sejak masih berada di dalam kandungan. Oleh karenanya menjaga kesehatan jantung merupakan hal penting bagi manusia yang ingin tetap sehat dan panjang umur.

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu cara yang paling mudah diterapkan guna menjaga kebugaran tubuh serta kesehatan tubuh kita, selain rajin berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidak merokok serta menghindari aktifitas begadang hingga larut malam.

Tidak terkecuali dalam urusan konsumsi makanan sehari-hari, perlu diperhatikan asupan makanan yang bergizi dan juga dapat membantu organ tubuh kita berfungsi secara optimal. Para penderita jantung disarankan menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih. Seperti cake, mie instan, ketan dll.

5 Pilihan Buah Yang Baik Untuk Jantung Kita

Di artikel kali ini kita akan membahas pilihan buah yang baik untuk jantung kita. Apa saja ya kira-kira

Tomat

Jika kamu masih bingung mengapa tomat yang biasa kalian lihat di tukang sayur masuk dalam klasifikasi ini, karena buah yang bernama latin Solanum lycopersicum ini tergolong dalam keluarga tumbuhan berry. Buah tomat memiliki kandungan vitamin C, kalium, kolin yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

tomato 4241980 1920

Kaitannya dengan kesehatan jantung, buah asli Amerika Selatan yang mengandung 95% air ini memiliki zat Lycopene dan Beta Karotin. Lycopene membentuk pigmen berwarna merah pada buah tomah, berfungsi sebagai antioksidan, Beta Karotin memberikan warna pigmen kuning dan orange pada buah, zat ini akan membentuk vitamin A saat di konsumsi oleh tubuh manusia.

Dalam berbagai penelitian kesehatan, ada korelasi antara kekurangan zat lycopene serta beta karotin dalam tubuh ini dengan meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke. Selain kedua kandungan zat ini, tomat juga memiliki zat asam klorogenik yang mampu mengurangi tingkat tekanan darah bagi para penderita darah tinggi

Buah Berry

Seperti halnya tomat, keluarga berry lain juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C dan kaya akan polyphenol yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam studi terhadap kesehatan wanita di Amerika, para wanita yang terbiasa mengkonsumsi buah berry memiliki resiko rendah terhadap serangan jantung. Zat polyphenols dalam buah berry bermanfaat secara langsung terhadap jaringan kardiovaskular tubuh kita.

berry buah yang baik untuk jantung kita

Dengan jaringan kardiovaskular yang sehat, resiko penyakit jantung seperti terjadinya ischemic heart disease atau IHD, stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi bisa ditekan seminimal mungkin. Buah berry seperti strawberry, raspberry, cranberry, blueberry dan blackberry dikenal sebagai buah yang banyak digunakan dalam sajian cake masyarakat Eropa dan Amerika. Di Indonesia kita bisa memilih buah yang mudah dijumpai seperti strawberry

Anggur

Vitis vinivera merupakan tanaman perdu yang lazim dijumpai di belahan bumi sub tropis maupun beriklim sedang. Tanaman yang populer di Yunani sebagai minuman dewa Dionysus ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tentunya bagi orang Indonesia yang beragama muslim, akan lebih baik jika dikonsumsi dalam bentuk buah bukan difermentasi menjadi minuman beralkohol.

makanan buah yang baik untuk jantung

Anggur memiliki manfaat guna mengurangi kolesterol jahat, mencegah penyempitan pembuluh darah serta membantu menjaga tekanan darah. Hal ini dimungkinkan karena anggur memiliki kandungan antioksidan seperti resveratrol dan flavonoids yang ditemukan di kulit, daun, bahkan biji anggurnya. Namun, kandungan antioksidan terbaik ada di anggur merah serta anggur ungu, sementara anggur hijau dan putih memiliki kandungan resveratrol yang lebih sedikit.

Pisang

Pilihan buah yang baik untuk jantung berikutnya adalah pisang. Mungkin orang tidak terlalu heran jika pisang memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibanding buah jeruk. Tapi mungkin orang juga akan heran kalau pisang termasuk dalam keluarga tumbuhan berry.

pisang makanan yang baik untuk kesehatan jantung

Ya meski memiliki bentuk paling berbeda dengan keluarga berry, pisang masih satu family dengan raspberry. Selain vitamin C, pisang kaya akan vitamin B6 serta kalium, di sisi lain pisang memiliki kadar natrium yang rendah. Kombinasi tinggi kalium dan rendah natrium ini memungkinkan pisang mampu membantu menjaga tekanan darah manusia

Alpukat

buah yang baik untuk kesehatan jantung

Buah yang banyak digemari orang untuk membuat minuman ini memiliki kandungan anti oksidan serta kalium yang tinggi. Alpukat juga dikenal sebagai sumber lemak nabati yang baik untuk dikonsumsi masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Kandungan lemak pada alpukat ini merupakan jenis lemak baik yang mampu mengikat kolesterol jahat, mengurangi peradangan, diabetes serta penyakit jantung.

Setelah mengetahui buah yang bagus untuk jantung kita, gak ada alasan lagi buat enggak mau mengkonsumsi buah. Tinggal dipilih saja buah mana yang mudah kita dapatkan sehari-hari. Tetap konsumsi makanan sehat dan jaga kesehatan jantungmu ya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.