5 Tools untuk Mengatur Jam Kerja Anda Lebih Baik

Satu hal yang sering menjadi masalah bagi pekerja adalah jam kerja. Entah itu terlalu menekan dirinya bekerja sehingga lupa waktu atau sebaliknya, bermalas-malasan.

Anomali yang terjadi pada jam kerja baik karyawan maupun pekerja freelance bisa menjadi masalah produktivitas yang akhirnya akan menciptakan output yang tidak sesuai target.

Ditambah kerja work from home saat ini yang mungkin bagi sebagian orang membosankan atau bahkan karena jadwal yang abu-abu antara bekerja dan istirahat membuat jam kerja semakin tidak terkontrol.

Untuk membantu “meluruskan” jam kerja pekerja yang terlalu kontraktif atau elastis dibutuhkan sebuah tools.

Ya, tools berikut sejatinya tidak akan membuat Anda bimsalabim menjadi lebih produktif atau teratur dalam menggunakan jam kerja. Namun setidaknya, Anda bisa mengatur ritme kerja Anda sesuai dengan lingkungan kerja saat ini.

Nah, berikut aplikasi atau tools yang bisa mengatur jam kerja Anda menjadi lebih baik dan tentunya meningkatkan produktivitas.

Aplikasi Utama: Google Account dan Drive

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang bekerja menggunakan Excel, Word, atau Powerpoint, kan? Bukan berarti aplikasi-aplikasi tersebut jelek namun kurang relevan untuk digunakan pada jam kerja yang lebih fleksibel.

Salah satu kekurangan aplikasi yang disebutkan tersebut adalah sulit memungkinkan pekerja untuk bekerja secara kolaboratif dan fleksibel.

Begini, bayangkan ketika Anda ditugaskan untuk membuat copywriting oleh rekan teman yang sama-sama sedang WFH dan mengerjakannya di lembar Excel dan membagi hasil ide masing-masing melalui email atau whatsapp dan harus ada revisi yang dilakukan dan mengirim hasilnya lagi melalui whatsapp, apa yang terjadi? Ya, memakan waktu.

aplikasi pengatur jam kerja freelancer

Dengan akun Google, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dan yang paling utama adalah bekerja secara kolaboratif. Dengan Google, Anda bisa melakukan penjadwalan kerja dan meeting melalui Google Meets.

Selain itu, Anda juga bisa bekerja secara kolaboratif melalui Google Drive. Tidak seperti aplikasi pengolah data offline, aplikasi pengolah data online seperti Google Drive memungkinkan Anda bekerjasama dengan tim secara real-time.

Misalnya Anda sedang mengedit data copywriting, teman kerja Anda bisa langsung mengetahui, memberi komentar, bahkan mengedit secara langsung tanpa harus berkirim file.

Aplikasi Pomodoro

Apakah Anda tahu teknik pomodoro? Ya, teknik time management yang dicetuskan Francesco Cirillo ini membuat Anda lebih produktif dengan memberikan interval waktu bekerja.

Dengan teknik Pomodoro, Anda bisa membagi waktu kerja dengan waktu istirahat. Dengan begitu, Anda bisa membuat batasan kapan waktunya Anda berhenti berhenti untuk beristirahat dan konsisten dengan pekerjaan.

Kini banyak aplikasi Pomodoro baik yang didapat secara gratis maupun berbayar. Bahkan ada aplikasi Pomodoro yang di dalamnya ada waktu penjadwalan dan work review.

Aplikasi Komunikasi Kerja

Tools komunikasi bukan hanya aplikasi chatting saja seperti Whatsapp, namun kini banyak aplikasi komunikasi kerja secara profesional di mana fungsinya bukan hanya sebagai platform obrolan.

Dengan aplikasi komunikasi kerja, Anda bisa terhubung dengan tim atau seluruh karyawan di kantor. Anda juga bisa menyimpan file penting, membuat memo, melakukan video call, atau mengisi survei.

Kini banyak aplikasi kerja baik digunakan secara gratis maupun berbayar misalnya saja Microsoft Teams, Slack, atau Flock.

Aplikasi Manajemen Kerja

Aplikasi lainnya yang tidak kalah penting adalah manajemen kerja dan kinerja. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat timeline kerja, membuat checklist pekerjaan, dan juga berbagi files atau ideas.

Manfaat dari aplikasi manajemen kerja adalah Anda bisa mengukur waktu kerja Anda. Pekerjaan apa yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu.

Apabila Anda salah membuat prioritas kerja yang ada hanya menimbulkan burnout dan berakhir kepada rasa malas atau mengganggu kesehatan Anda sendiri. Pada akhirnya manajemen waktu kerja Anda menjadi rusak.

Saat ini banyak penyedia aplikasi manajemen kerja yang bisa Anda dapatkan misalnya saja Trello, Monday, atau Asana.

Aplikasi Absensi: Talenta

Satu aplikasi wajib dan tidak kalah pentingnya untuk membuat jam kerja Anda lebih teratur adalah aplikasi absensi.

Aplikasi absensi bukan hanya memberikan keuntungan bagi karyawan namun juga manajemen. Bagi karyawan, aplikasi absensi memudahkan untuk melakukan absensi di mana saja, kemudahan pengajuan cuti, mendapatkan slip gaji online, dan juga mengakses benefit karyawan.

Sedangkan bagi manajemen, aplikasi absensi memudahkan dalam operasional HR sehingga waktu pengelolaan data HR lebih efisien dan efektif.

Salah satu aplikasi absensi terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah Talenta. Aplikasi yang merupakan asli buatan Indonesia ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan bonafit di Indonesia.

Dengan fitur lengkap dan profesional mulai dari perhitungan gaji dengan pajak dan juga pembayaran gaji otomatis membuat Talenta menjadi pilihan terbaik sebagai aplikasi HR terutama dalam mengatur jam kerja karyawan menjadi lebih baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.