Agar Tidak Salah Pilih Cincin Emas, Berikut Ini Panduannya

Mengoleksi perhiasan memang menjadi salah satu hobi bagi banyak wanita. Salah satu perhiasan yang seakan wajib dimiliki adalah cincin emas. Ada berbagai macam jenis cincin yang ada dan bisa melengkapi koleksi perhiasan anda tersebut. Dimana cincin yang terbuat dari emas ini memang sudah ada sejak lama dan masih digemari oleh masyarakat hingga sekarang. 

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih cincin dari emas adalah tingkat keawetannya yang cukup tinggi dan tahan terhadap goresan. Bukan hanya itu saja, kini cincin dari emas sudah memiliki bentuk yang cukup beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan style masing-masing pengguna. 

Panduan memilih cincin emas yang tepat 

cara menghitung kadar emas

Saat ini memang sudah anda bisa menemukan dengan mudah cincin emas ini. Bahkan hampir setiap toko perhiasan emas, jenis cincin yang satu ini memang tidak akan pernah ketinggalan. Tetapi ternyata tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memilih yang tepat. 

Kesalahan dari banyak orang ketika akan membeli cincin dari emas adalah tidak mengetahui terlebih dahulu panduan didalam memilihnya. Walaupun terdengar sepele, tetapi membelinya bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan.

Salah dalam memilih, justru hanya akan menyebabkan kerugian saja. Tidak ingin bukan anda memperoleh kerugian besar? oleh sebab itulah, tips di bawah dapat menjadi bahan pertimbangan. 

Tentukan budget yang anda miliki terlebih dahulu 

Hal paling penting pertama yang wajib untuk diperhatikan adalah dengan menentukan terlebih dahulu budget yang anda miliki. Perlu diingat apabila budget ini akan mempengaruhi seperti apakah cincin yang akan anda dapatkan tersebut. 

Semakin cincin tersebut memiliki detail yang komplit, jelas akan membutuhkan dana yang besar untuk membelinya. Disinilah, pemilihan cincin juga harus disesuaikan dengan kondisi finansial yang anda miliki tersebut. 

Ketahui berapa nilai karat emas didalamnya 

harga cincin emas

Langkah berikutnya dalam memilih cincin emas adalah dengan mengetahui terlebih dahulu nilai karat emas didalamnya. Perlu diingat apabila nilai kadar karat tersebut juga dapat menjadi penentu berapa banyak kandungan emas murni yang terdapat didalam perhiasan. 

Semakin tinggi kadar karat yang ada didalamnya jelas harganya juga akan semakin mahal. Inilah mengapa karat dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika akan membeli sebuah cincin. Meski kadar tertinggi emas murni adalah 24 karat, namun sebaiknya anda membeli emas yang memiliki campuran, paling tidak yang 22 karat atau lebih dikenal dengan istilah emas tua. Campuran logam lain dalam emas, membuat bentuk cincin tidak mudah berubah, karena sifat dasar emas murni adalah lunak, berbeda dengan jenis logam lainnya.

Perhatikan kondisi cincin yang akan dibeli 

Jangan lupa juga untuk melihat bagaimanakah kondisi cincin yang akan anda beli tersebut secara menyeluruh. Agar tidak memperoleh kerugian, pastikan apabila di dalam cincin tersebut tidak ada cacat, goresan maupun cuilan-cuilan. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu apakah ada noda yang tertinggal akibat pencucian dengan bahan kimia ataukah tidak. 

Menentukan desain cincin emas dan ukuran 

Tentunya anda tidak ingin bukan apabila cincin yang anda pilih akan membuat anda menyesal? Inilah mengapa pentingnya untuk menentukan terlebih dahulu desain dari cincin emas dan ukurannya. 

cincin pertunangan

Untuk desain cincin dapat disesuaikan dengan karakter yang dimiliki oleh masing-masing orang. Sedangkan untuk ukurannya, pastikan sudah disesuaikan dengan jari anda. Jangan sampai memilih cincin yang terlalu kekecilan maupun kebesaran. 

Memiliki sertifikat pembelian 

Hindarilah membeli cincin emas dimana tidak disertai dengan sertifikat atau nota pembelian didalamnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan sertifikat inilah maka tidak akan membuat anda rugi ketika akan menjualnya kembali. Sertifikat pembelian memudahkan toko atau pihak calon pembeli guna memastikan emas anda asli dan didapatkan dengan cara yang legal. 

Toko emas, biasanya enggan membeli kembali emas yang tidak memiliki nota pembelian, karena takut emas yang mereka beli berasal dari tindak pidana kejahatan, sehingga emas tanpa nota sertifikat pembelian umumnya hanya laku di tukang takar emas yang ada di sekitar toko emas/area pasar. Tentu harga emas kita akan sangat jatuh dibawah harga pasaran.

BACA JUGA:   CARA MENGHITUNG HARGA TANAH PERMETER YANG TEPAT

Anda bisa mengunjungi toko emas di kota anda, namun jika anda menginginkan cincin emas yang unik, berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi, anda bisa mendapatkannya dari Passion Jewelry. Untuk anda yang ingin membeli perhiasan emas, atau memesan cincin pernikahan, bisa mengunjungi passionjewelry.co.id untuk mendapatkan produk emas tercantik dengan penawaran terbaik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.