Aikido: Good n Bad

Aikido adalah sebuah seni beladiri dari jepang yang bersifat defensive, mungkin kalian sering liat Jean Claude Van Dame, Jet Li, Jackie Chan atau aktor laga lainnya bertarung, kebanyakan mereka menggunakan teknik beladiri offensif seperti Karate, Taekwondo, Kungfu, Jet Kundo , sedangkan aikido adalah seni beladiri yang berbeda tidak mengandalkan serangan kepada lawan untuk bertarung tetapi mengandalkan serangan lawan untuk menaklukan lawan itu sendiri, dengan kata lain dia mengalihkan arah serangan lawan dan mengarahkannya menyerang dirinya sendiri

Teknik ini adalah keturunan langsung dari Jiujitsu ( dikenal juga dengan Jujutsu) hampir mirip dengan Judo dan Kempo yang cukup terkenal di Indonesia ataupun Hapkido yang pertama kali diperkenalkan di Korea. Perbedan mendasar aikido dengan beladiri lain adalah bahwa aikido sama sekali tidak dipertandingkan!!

Kenapa demikian?karena teknik2 aikido sangat berbahaya bagi praktisinya jika dilakukan sepenuh hati, prinsip aikido adalah menghentikan dan mengalihkan serangan lawan dengan memotong atau memberi jalan serang tersebut dan memutarnya kembali ke arah berlawanan, dan yang dijadikan alat mengarahkan lawan adalah sendi2 lawan. Jadi misal aikido dipertandingan bukan tidak mungkin pemenang hanya didapat jika semua sendi lawan telah patah.

belajar aikido

Ini jelas mengancam kelanjutan regenerasi aikido itu sendiri, disamping itu dengan cara ini juga membuktikan bahwa aikido bukanlah pencarian siapa yang terbaik di amtara para praktisinya, tetapi menghormati tiap anggota untuk belajar dengan serius tanpa mempertaruhkan penghargaan dan pencarian aikidoka terbaik.

dengan demikian semua orang yang menggeluti aikido bukanlah seorang atlet tetapi murni seorang praktisi ilmu beladiri, kelemahannya adalah karena tidak dipertandingkan sangat mungkin seorang aikidoka merasa kuat dan tak terkalahkan setelah mendapat peringkat DAN, padahal dunia beladiri begitu luas dan banyak sekali jenis beladiri di dunia, tanpa pengalaman bertarung jangankan berhadapan dengan praktisi cabang beladiri lain, bertarung melawan preman kampung bisa jadi masalah besar..

Cara terbaik bagi praktisi sebaiknya selain mempelajari aikido dengan sungguh2 juga belajar saling bertarung dengan praktisi beladiri lain supaya memperkaya teknik dan pengetahuan bersama….

aikido tak terkalahkan, pengalaman bertarung menggunakan aikido, pengalaman melawan preman dg aikido
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.