Ajari Si Kecil Senam Otak Agar Lebih Kreatif

Senam Otak adalah aktifitas senam ringan yang dapat meningkatkan kinerja otak. Senam otak ini bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak kecil sampai lansia. Senam otak umumnya melibatkan gerakan tangan bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat bersantai. Senam otak sendiri ditemukan oleh Paul dan Gail Dennison dari California.

Gerakan tubuh yang ringan ternyata sangat membantu kinerja otak, oleh karenanya tidak jarang jika dulu kita selalu disuruh orang tua agar banyak-banyak bergerak agar badan lebih sehat. Dan memang sih, orang yang cenderung aktif memiliki ketahanan fisik yang lebih prima dibanding orang yang hanya diam saja.

Senam otak untuk si kecil, juga dapat menstimulasi perkembangan otaknya baik dari segi kognisi, kemampuan afeksi serta motorik halusnya. Senam otak juga berfungsi meningkatkan keseimbangan koordinasi gerak otot, meningkatkan memori, membantu konsentrasi serta memperkuat pendengaran. Orang tua dapat mengajari anak senam otak saat sedang bermain bersama di waktu senggang. Nah seperti apa saja sih gerakan senam otak itu?

Gerakan Senam Otak Untuk Melatih Kecerdasan si Kecil

Ada apa saja di artikel ini?

1 lazy eight

gerakan senam otak untuk si kecil

Posisikan badan dalam kondisi tegap, lalu majukan tangan kanan ke depan, buatlah gerakan menulis angka 8 yang tertidur selama beberapa kali. Gerakan angka 8 tidur ini mewakili dasar pembuatan huruf dalam alphabet, seperti a, c, d dan e saat membuat lengkungan ke kiri serta abjad b, n dan p saat membuat lengkung kanan.

2 double doodle

gerakan senam otak menggambar dua tangan

Berikan 2 buah crayon atau pensil di tangan kanan dan kiri si kecil. Lalu berikan contoh menggambar bentuk menggunakan kedua tangannya secara bersamaan. Cara ini mampu membangkitkan kesadaran ruang dan pemusatan pikiran, selain itu, gerakan ini membantu koordinasi kedua mata dan tangan secara langsung

3 sungkem sepeda

Ajari Si Kecil Senam Otak Agar Lebih Kreatif 1

Tangkupkan kedua tangan di depan dada seperti menyembah, tapi dengan telapak tangan tidak saling menempel. Biarkan kedua ujung jari-jari tangan menempel satu sama lain. Secara perlahan renggangkan jari-jari tangan dengan ujung yang tetap saling menempel. Setelah itu gerakan ibu jari kedua tangan untuk saling melingkari seperti gerakan orang mengayuh sepeda. Ulangi gerakan mengayuh ini di jari lainnya.

4 tembak tangan

Ajari Si Kecil Senam Otak Agar Lebih Kreatif 2

Posisikan tangan kiri dengan telapak tangan terbuka dan jari-jari merenggang di depan dada, tangan kanan membentuk pistol yang diarahkan ke telapak tangan kiri seolah sedang menodongkan pistol. Kemudian secara bergantian, giliran tangan kiri yang menodongkan pistol ke telapak tangan kanan, lakukan gerakan ini makin lama semakin cepat. Gerakan senam otak ini melatih koordinasi otak dengan kedua tangan kita

BACA JUGA:   Pilihan Sabun Bayi Antibakteri yang Tepat bagi Sang Buah Hati Anda

5 nafas pendek

senam otak pernafasan perut

Letakan tangan si kecil di depan perutnya, ajari ia menarik nafas dalam-dalam secara perlahan, lalu buanglah nafasnya pendek-pendek saja. Minta agar tangannya tetap menempel di perut mengikuti gerakan perutnya. Biasanya si kecil akan kesulitan pada awalnya. Tapi dengan berlatih beberapa kali si kecil sudah bisa mengikuti gerakan kita. Kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca si kecil.

6 putar kepala

Sama seperti gerakan senam pemanasan. gerakan kepala kedepan, putarlah kekiri beberapa kali, kemudian putarlah lagi ke kanan beberapa kali. Gerakan ini melatih kemampuan pernafasan, relaksasi otot leher, mengurangi stress serta dapat meningkatkan kemampuan si kecil berbicara.

7 pijat telinga

Terakhir, tariklah kedua daun telinga keluar dengan pelan, masing-masing sebelah atas, tengah dan bawah. Lakukan ini secara berulang dua atau tiga kali saja. Gerakan ini membantu meningkatkan indera pendengaran anak serta melatih memori jangka pendek anak.

senam otak pijat telinga

Nah, mudah bukan senam otak yang bisa kita lakukan di sela aktifitas bersama si kecil? Si kecil tentunya akan senang diajak bermain senam ini bersama orang-orang tercintanya.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.