Amankan Keuangan Bisnis UMKM Dengan Aplikasi Buku Warung

UMKM adalah program andalan pemerintah guna mengembangkan usaha kecil dan menengah. Keberadaannya yang semakin berkembang, menandakan bahwa program ini telah berhasil membangkitkan perekonomian bangsa, sekaligus menyejahterakan kehidupan keluarga. Namun ketika ada UMKM yang berhasil dalam pengembangannya, ternyata di sisi lain tak sedikit pula yang justru terpuruk dalam kerugian. Salah satu penyebabnya adalah kurang baiknya pencatatan dan pengelolaan keuangan UMKM tersebut.  Miris memang ketika suatu usaha gulung tikar, hanya dikarenakan tak mampu mengatur keuangannya dengan baik. Umumnya hal ini terjadi saat pencatatan transaksi keuangan dilakukan secara asal-asalan, kurang rapi dan terorganisir. Terlebih jika catatan keuangan ditulis dalam sebuah buku atau kumpulan kertas, yang beresiko mudah rusak, sobek, atau bahkan hilang. Sehingga setidaknya UMKM harus membuat catatan keuangan yang lebih terorganisir, dan aman tersimpan dalam jangka waktu lama, agar bisa menjadi bahan evaluasi di kemudian hari.

Amankan Keuangan Bisnis UMKM Dengan Aplikasi Buku Warung

Agar pencatatan keuangan bisnis UMKM rapi dan tahan lama, Buku Warung dapat menjadi solusi untuk mewujudkannya. buku warung Aplikasi Buku Warung adalah sebuah aplikasi pencatatan keuangan bisnis, yang dapat diunduh gratis di Google Play Store. Aplikasi yang diprioritaskan bagi pemilik usaha UMKM, untuk mengamankan transaksi keuangan, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi , agar semakin berkembang.

Manfaat Aplikasi Buku Warung Bagi UMKM

Aplikasi Buku Warung memiliki banyak manfaat terutama bagi pelaku UMKM. 

  • Kemudahan

Buku Warung memberikan kemudahan dalam pencatatan transaksi masuk keluarnya uang. Tak hanya dari pembelian dan penjualan produk, tetapi juga hutang piutang. Tersedia pula catatan tentang ketersediaan stok untuk memantau jumlah barang yang tersedia.

  • Merapikan Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang tercatat rapi dalam aplikasi Buku Warung, akan memudahkan pelaku UMKM mengevaluasi keuntungan dan kerugian dalam jangka waktu tertentu. 

  • Sarana Branding

Buku Warung juga memungkinkan UMKM mempromosikan produknya secara online, sehingga mampu menjangkau calon pelanggan di banyak lokasi.

  • Dapat Digunakan Untuk Beberapa Bisnis

Buku Warung dapat mengelola serta mencatat transaksi keuangan beberapa bisnis, sehingga semakin memudahkan pebisnis yang memiliki lebih dari satu jenis usaha.

  • Tersedianya Kebutuhan Harian Rumah Tangga

Kebutuhan harian keluarga seperti pulsa, listrik atau saldo dompet digital juga tersedia di aplikasi ini. Sehingga memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Fitur Dalam Aplikasi Buku Warung

apa saja fitur aplikasi buku warung

Sebagai sarana pencatatan keuangan, aplikasi Buku Warung memiliki banyak fitur menarik.

  • Catatan Keuangan

Terdapat catatan keuangan, untuk mencatat keluar masuknya uang, pembelian dan penjualan produk secara akurat, serta otomatis, sehingga dapat langsung memantau keuntungan yang terjadi setiap saat.

  • Catatan Hutang Piutang

Dalam aplikasi Buku Warung, terdapat catatan transaksi utang piutang yang terjadi saat transaksi. Uniknya fitur ini sangat lengkap. Dari catatan hutang, nominal, pengaturan jatuh tempo, hingga pengingat untuk menagih hutang konsumen melalui aplikasi whatsapp.

  • Catatan Stok 

Ketersediaan stok meliputi nama produk dan jumlahnya dapat dicatat dengan mudah di aplikasi ini. Selain dapat memantau ketepatan waktu penambahan stok, modal dan harga jual terpantau secara otomatis, sehingga keuntungan langsung diketahui.

  • Transfer Uang

Selayaknya bank, Buku Warung juga mempunyai fitur transfer uang. Namun bedanya transfer uang di sini tanpa biaya administrasi, sehingga lebih meringankan beban pelaku UMKM. Transaksi ini juga aman karena dalam pengawasan lembaga keuangan negara yang berwenang.

  • Mesin Kasir

Buku Warung juga dapat mencetak nota transaksi jual beli, dan mengirimkannya secara online kepada pelanggan, sama persis seperti yang dilakukan kasir pada umumnya.

Mudah Membuat Toko Online Dengan Aplikasi Tokoko

tokoko id by buku warung Kini membuka toko online sangatlah mudah. Dengan aplikasi Tokoko, pelaku UMKM dapat membuat toko online secara cepat dengan tiga langkah mudah. Yaitu mendaftar menggunakan data yang benar dan bisa dipercaya, mempromosikan produk , lalu mengelola pesanan dari penerimaan, pengemasan, pengiriman hingga pembayaran. Sehingga semakin mempermudah UMKM untuk mengembangkan usahanya, bukan? Kamu bisa mendownload aplikasi Tokoko di Playstore atau bisa juga mampir ke situs resminya di https://tokoko.id/ Kini, memulai suatu usaha berbasis UMKM menjadi semakin mudah ketika banyak hal menjadi pendukungnya. Seperti aplikasi Buku Warung dan Tokoko, yang membantu pelaku usaha UMKM mengembangkan bisnisnya sejak awal pembuatan toko, hingga langkah terakhir pencatatan keuangan. Jadi, yuk buka toko onlinemu di aplikasi Tokoko, dan pantau keuntungan bisnismu hanya di Buku Warung.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.