Bisnis Properti yang Cocok Untuk Anak Muda

Bisnis properti menjadi salah satu opsi untuk anak muda berbisnis. Banyak orang menganggap untuk berbisnis properti membutuhkan modal yang besar dan tidak mungkin dijalankan oleh anak muda yang masih minim keuangan. Mulai sekarang, anggapan itu harus segera dihilangkan, karena di zaman sekarang ini untuk memulai bisnis tidak perlu pusing dengan urusan modal. 

Berbagai bisnis besar bisa dijalankan dengan modal kecil seperti properti ini. Dalam bisnis memang modal memiliki pengaruh terhadap keuntungan yang akan di dapat. Dengan modal kecil tentu keuntungannya tidak akan sebesar jika berbisnis dengan modal besar. Tapi tak perlu khawatir, di masa muda pasti belum banyak pengeluaran yang diperlukan. Jadi tidak masalah jika keuntungan yang didapat masih terbilang kecil. Berikut adalah beberapa bisnis property modal kecil untuk anak muda yang menguntungkan. 

Bisnis Properti Modal Kecil Untuk Anak Muda 

  • Menjual Properti Keluarga

Pilihan pertama ini bisa dijalankan khusus bagi anak muda yang memiliki orang tua pebisnis properti juga. Properti milik keluarga bisa dicoba untuk dipasarkan sebagai awal dari bisnis ini. Sebagai anak muda tentu memiliki semangat yang lebih dalam menjalankan sesuatu. Apalagi dengan adanya keluarga yang sudah berpengalaman dalam bidang properti, tentunya tidak akan sungkan untuk membantu. Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk memulai bisnis properti ini. 

Menjadi nilai lebih bagi yang memiliki keluarga yang merupakan kontraktor properti. Keuntungannya terletak pada harga dan kemudahan bertransaksinya. Jika memasarkan properti dari kontraktornya langsung tentu akan mendapat harga yang lebih murah. Selain itu juga saat bertransaksi akan lebih mudah dan cepat.

kredit rumah KPR bank BTN Mandiri

Jika memilih properti keluarga untuk dijadikan awalan dalam bisnis properti, modal bukan menjadi masalah. Bahkan jika didukung, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun untuk menjalankan bisnis ini. Anda bisa secara langsung memasarkan properti yang tersedia, tentu dengan terlebih dahulu memahami apa yang akan dipasarkan. Untuk hal ini, bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan keluarga yang memang memiliki pengalaman akan hal ini. Berkonsultasi dengan keluarga tentu akan lebih nyaman dan tidak canggung. 

  • Membangun Situs Properti

Dalam berbisnis properti sebenarnya tidak harus memasarkan properti secara langsung. Anda bisa mengambil sector lain yang masih berhubungan dengan properti, salah satunya situs jual beli properti. Sekarang ini, teknologi sudah sangat dibutuhkan karena terbukti dapat memudahkan segala urusan. 

Buat situs yang menampilkan informasi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan properti seperti rumah, apartemen, toko hingga tanah. Permintaan properti makin hari tentu akan semakin tinggi. Dengan adanya situs properti ini, akan memudahkan banyak orang dalam mencari berbagai jenis properti yang diinginkan. Selain untuk tujuan bisnis, situs yang dibuat juga akan memberikan manfaat kepada banyak orang.

Untuk membangun situs properti, tidak banyak modal yang harus dikeluarkan. Karena ini berhubungan dengan kreatifitas dari Anda sendiri. Khususnya bagi Anda yang memang memiliki dasar di bidang teknologi dengan menguasai Bahasa pemrograman. Tentu tidak akan kesulitan ketika membangun sebuah situs. 

Mengenai keuntungan, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa sumber. Pertama, dari iklan yang dipasang oleh orang agar properti mereka muncul di halaman pertama situs Anda. Yang kedua dari fee atau biaya transaksi yang dilakukan melalui perantara pihak Anda, ini bisa menjadi pilihan agar transaksi tetap aman. Dan yang ketiga tentunya dari produk properti pribadi, dengan memiliki situs sendiri tentu Anda bebas untuk mempromosikan properti yang akan diperjualbelikan.

  • Menjadi Broker Properti

Berbisnis properti dengan menjadi broker akan membuat pasar yang dimiliki lebih luas. Anda juga lebih leluasa dalam menjalankan bisnis ini, karena memang Anda sendiri yang mengontrol. Banyak orang merasa kesulitan ketika hendak menjual atau membeli sebuah properti. Masalah yang dimiliki orang itulah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi broker. 

bisnis properti untuk anak muda

Sebagai broker properti yang baik, ada hal yang harus dikuasai dan dipahami. Hal ini berhubungan dengan cara berkomunikasi dan teknik merayu konsumen agar tertarik dengan penawaran yang diajukan. Ketika memiliki keinginan untuk terjun dalam bidang ini, tentu sudah mempersiapkan hal ini sebelumnya. 

Media sosial menjadi platform yang biasa digunakan oleh anak muda ketika ingin menjadi broker properti. Nantinya Anda bisa dengan mudah untuk mencari maupun memasarkan sebuah properti. Ini menjadi nilai plus karena tidak akan banyak modal yang harus dikeluarkan. Dikarenakan Anda berbisnis sendiri, keuntungan yang didapat jelas akan masuk ke kantong sendiri sepenuhnya. Bisnis properti cocok untuk anak muda yang masih menjalani pedidikan kuliah maupun yang masih bekerja. Dengan bantuan media sosial, aktivitas berbisnis akan jauh lebih mudah dan efisien.

  • Berinvestasi Ke P2P Leading

P2P lending adalah sebuah aktivitas pinjam dan meminjam dan antara pemodal dan juga peminjam. Proses ini tanpa melibatkan pihak lain seperti perbankan. Lalu apa hubungannya dengan properti ? Sekarang ini ada sebuah istilah property fintech yang merupakan teknologi finansial yang melibatkan properti sebagai produk untuk bertransaksi. 

pilihan investasi anak muda

P2P Leading biasanya berbentuk marketplace yang akan menjadi media bertemunya pemodal dan peminjam. Dalam marketplace itu, properti digunakan untuk jaminan saat melakukan transaksi. Ini menjadi salah satu opsi jika modal yang dimiliki tidak terlalu besar. Karena memang untuk mendanai sebauh properti tidak perlu modal besar di P2P Lending.

Sebelum memulai untuk memanfaatkan situs P2P leading, ada beberapa hal yang harus diketahui. Pastikan bahwa situs tersebut sudah terdaftar daftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini bisa menjadi acuan bahwa transaksi yang akan dilakukan benar-benar aman. Kemudian perhitungan mengenai keuntungan, jangan sekali-kali untuk asal mendanai sebuah proyek properti. Anda harus yakin bahwa nantinya keuntungan yang akan di dapat.

  • Membangun Kos-kosan

Saat masih memiliki modal kecil, coba untuk menghilangkan sejenak keinginan untuk membangun properti yang besar. Karena properti tidak hanya perumahan, apartemen ataupun hotel. Kos-kosan juga menjadi properti yang akan menguntungkan untuk jangka panjang. Pemodal kecil disarankan untuk memulai bisnis propertinya dengan membangun kos-kosan. 

cara memulai bisnis properti

Permintaan sewa kos-kosan dinilai akan terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk. Karena harga kos-kosan jauh lebih murah dibanding membangun rumah sendiri. Apalagi di kota besar, biaya hidup yang tinggi membuat banyak orang mau tidak mau untuk tinggal di kos-kosan yang memiliki harga mudah.

Bisnis properti kos-kosan akan cepat berkembang jika benar dalam urusan pemilihan lokasi. Beberapa lokasi seperti di dekat kampus, pabrik bisa menjadi pilihan. Anda tak perlu susah untuk berpromosi, pelanggan sendirilah yang nantinya akan datang karena kebutuhan. Ini bisa menjadi pasif income dan keuntungannya bisa ditabung untuk membangun properti yang lebih besar. Jadi, Anda tetap bisa bekerja maupun berkuliah, dengan bisnis properti yang terus berjalan tanpa harus Anda control setiap harinya.

Itu dia beberapa bisnis properti yang cocok untuk anak muda yang bisa Anda coba. Pastikan selalu membuat perencanaan yang matang dalam semua jenis investasi, resiko pasti ada namun bisa kita minimalisir dengan persiapan dan perencanaan yang tepat.

BACA JUGA:   Tips Memilih Rumah Murah di Jakarta

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.