Apakah Bersedekah Tidak Mengurangi Harta Kita?

Bersedekah atau melakukan donasi merupakan salah satu amalan yang baik dilakukan oleh manusia, bersedekah merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan atas segala karunia yang telah diberikan kepada kita, baik dalam bentuk materi seperti harta, gaji, kekayaan, kendaraan maupun bentuk immateriil seperti kesehatan, ketenangan hidup dan juga rasa aman.

Kita seringkali mendengar himbauan dan ceramah dari para ulama bahwa memberikan sedekah tidak akan mengurangi harta kita sedikitpun. Secara logika, memberikan sedekah berarti kita memberikan sebagian kekayaan kita untuk orang lain, tentunya kekayaan kita berkurang, tetapi mengapa disebutkan bahwa bersedekah tidak mengurangi harta kita?

Menurut Hadits Abu Hurairah, Rasulullah pernah bersabda “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (Shahih Bukhari no 1442)

Jika kita meyakini bahwa karunia Tuhan tidak selalu dalam bentuk harta, tetapi juga kesehatan, dan bentuk2 immateriil lainnya, maka ada beberapa keutamaan sedekah yang dijabarkan berdasarkan hadits

Keutamaan Bersedekah

bersedekah mengurangi harta kita

Pemadam Kemurkaan Allah

Bersedekah selain mendatangkan pahala berlipat, juga menghindari murka Allah.

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِىءُ غَضَبَ الرَّبِّ وَصَدَقَةُ العَلاَنِيَةِ جُنَّةٌ مِنَ النَّار}.

Nabi Muhammas SAW bersabda : “Sedekah sirri (secara rahasia) memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan perisai dari neraka”.

Dengan bersedekah, maka kita terhindar dari kemurkaan Allah atas segala sesuatu yang telah kita perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja, sedekah yang dilakukan secara diam-diam memiliki keutamaan tersebut

Memanjangkan Umur

Keutamaan lain dari bersedekah adalah untuk menolak bala, musibah, dihindarkan dari hal-hal negatif, serta memanjangkan usia kita.

وقال صلى الله عليه وسلم: {الصَّدَقَةُ تَرُدُّ البَلاَء وَتُطَوِّلُ العُمْرَ}.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Menutup 70 Pintu Keburukan

Keutamaan sedekah berikutnya adalah mampu menutup 70 macam keburukan yang mungkin terjadi pada kita ataupun keluarga kita.

وقال صلى الله عليه وسلم: {الصَّدَقَةُ تَسُدُّ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ السُّوءِ}.

Nabi SAWbersabda : “Sedekah itu bisa menutup 70 pintu keburukan”.

Menjaga dari Siksa Api Neraka

Sahabat Adi Bin Hatim menyatakan,

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma.” Kemudian beliau berpaling dan menyingkir, kemudian beliau bersabda lagi: “jagalah diri kalian dari neraka”, kemudian beliau berpaling dan menyingkir (tiga kali) hingga kami beranggapan bahwa beliau melihat neraka itu sendiri, selanjutnya beliau bersabda: “Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik.” (HR. Bukhari No 6539)

Menurut Rasulullah, sebiji kurma yang disedekahkan bahkan mampu menjaga manusia dari api neraka, karena tingginya derajat sedekah di mata Allah.

Tidak Mengurangi Harta

Dari Abu Kabsyah, yaitu Umar Ibn Sa’ad al-Anmari ra. bahwasannya ia mendengar Rasulullah saw. bersabda:

Ada tiga perkara yang aku bersumpah atasnya dan aku memberitahukan kalian suatu Hadis, maka peliharalah: Tidaklah berkurang harta seorang hamba karena shadaqah, tidaklah seorang hamba dizalimi dengan suatu kezaliman dan ia bersabar, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya, juga tidaklah seorang hamba membuka pintu permintaan, melainkan Allah akan membuka untuknya pintu kemiskinan

Dengan demikian tidaklah benar jika bersedekah atau melakukan donasi dapat mengurangi harta kita. Bahkan sebaliknya, harta tersebut malah semakin bertambah seperti janji Allah dalam Qur’an Surat Saba (34:39)

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

Jika dilihat deretan hadits dan ayat di atas, maka secara logika, ada hukum sebab akibat antara sedekah yang kita berikan dengan imbal balik yang dijanjikan Allah dan juga rasulnya, mulai dari mencegah kita dari keburukan, memberikan kesehatan hingga memperpanjang umur kita. Dengan demikian, bersedekah mampu memberikan kualitas hidup kita yang lebih baik sehingga mampu bekerja untuk mendapatkan rizki yang lebih baik lagi.

Oleh karenanya, sedekah memang benar tidak mengurangi harta kita.

Nah bicara soal sedekah atau donasi ini, kita bisa memberikan sedekah kepada sahabat-sahabat kita, rekan-rekan kita, keluarga, anak-anak yatim, fakir miskin maupun orang-orang yang membutuhkan. Sahabat juga bisa melakukan donasi untuk mendukung anak-anak Indonesia memperoleh kehidupan lebih baik bersama, yuk donasi bersama sahabat Wahana Visi.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.