ASUS Vivobook 14X vs Lenovo Ideapad Slim, Mana yang Cocok untuk Pelajar

Fungsi laptop bagi pelajar sangat penting karena banyak tugas yang harus diselesaikan dengan perangkat ini. belum lagi untuk keperluan online, dibanding menggunakan HP yang berlayar kecil, laptop yang mempunyai layar cukup lebar jauh lebih nyaman. Bagi yang sedang memilih laptop untuk pelajar, ASUS Vivobook 14X vs Lenovo Ideapad Slim bisa dipertimbangkan.

Untuk memutuskan dari kedua seri ini mana yang lebih pas dipilih, perlu mengetahui spesifikasi dan rekomendasi laptop yang sesuai untuk pelajar. Dengan demikian perangkat tersebut bisa men-support dalam belajar.

Tips Memilih Laptop untuk Pelajar

Mempertimbangan beberapa hal sebelum membeli laptop bisa membuat kamu merasa nyaman dan puas menggunakannya. apalagi untuk pelajar, perangkat yang sesuai bisa membuat semangat belajar semakin bertambah. Sebelum memilih ASUS Vivobook 14X atau Lenovo Ideapad Slim, pertimbangkan hal ini.

  1. Sistem operasional

Pertimbangan pertama adalah mengenai spesifikasi. Untuk pelajar sebaiknya memilih Windows yang familiar digunakan dan mudah. Selain itu support untuk berbagai kegunaan. Dengan demikian perangkat tersebut dapat terus dimanfaatkan sampai waktu lama.

  1. Ukuran

Semakin besar ukuran layar memang lebih nyaman, namun sulit untuk membawanya kemana-mana. Sebagai pelajar, bisa saja harus membawa perangkat tersebut ke sekolah ketika harus mengerjakan tugas. Kamu bisa memilih laptop berukuran sedang, yaitu antara 13-16 Inchi.

  1. Harga

Harga laptop tergantung merek dan spesifikasinya. Untuk hal ini bisa menyesuaikan dengan budget yang tersedia. Dengan kisaran  harga Rp. 8 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan laptop yang mumpuni untuk mengerjakan berbagai tugas.

  1. Spesifikasi

Sebelum membeli laptop, pertimbangkan terlebih dulu kebutuhannya untuk apa. Jika untuk pekerjaan ringan seperti browsing, menulis dan mengolah data sederhana, spesifikasi biasa sudah cukup. Namun untuk keperluan multimedia dan desain membutuhkan perangkat dengan spesifikasi handal.

Pilih ASUS Vivobook 14X atau Lenovo Ideapad Slim

ASUS Vivobook 14X vs Lenovo Ideapad Slim bisa menjadi pertimbangan bagi yang mencari laptop untuk pelajar. Namun dari keduanya, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya bisa dengan melihat spesifikasinya berikut ini:

Kedua merek ini menjadi pilihan banyak orang karena bisa bekerja dengan handal. Bagi yang sudah berpengalaman dengan laptop, nama ASUS sebagai merek terpercaya tidak diragukan lagi, termasuk seri Vivobook 14X (M1403).

ASUS Vivobook 14X M1403

Lenovo Ideapad Slim pun mempunyai berbagai keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan, termasuk bagi pelajar. Salah satunya adalah karena desainnya yang ramping. Perbandingan antara ASUS Vivobook 14X vs Lenovo Ideapad Slim yang perlu kamu pertimbangkan adalah:

  1. Performa

Kedua berangkat ini mengusung prosesor yang berbeda sehingga berpengaruh pada performanya. ASUS menggunakan AMD Ryzen 3 3250U dengan clock speed 2.4 GHz, burst clock speed, 3.5 GHz yang membuat perangkat ini bisa bekerja dengan nyaman dan lebih unggul.

Sedangkan untuk Lenovo menggunakan AMD Ryzen 5 4500U dengan clock speed 2.30 GHz dan tanpa burst clock speed. Hal ini berpengaruh pada benchmark. Benchmark adalah pengujian berstandar untuk mengetahui performa perangkat. Memori internal ASUS Vivobook 14X sebesar 512 GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD dan untuk Lenovo 512GB SSD PCIe NVMe.

  1. RAM dan GPU

RAM merupakan kapasitas penyimpanan dalam perangkat yang berpengaruh pada kinerjanya ketika menjalankan aplikasi. Jika kurang lega, bisa menjadikan perangkat mudah lemot dan lag ketika digunakan. Sedangkan GPU adalah komponen yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan data.

Berdasarkan kedua hal ini keduanya menggunakan jenis yang sama, AMD Radeon Graphics. Yang membedakan adalah kapasitas penyimpanan atau RAM. ASUS menggunakan 4GB DDR4 on board dan Lenovo 4.0GB DDR4-2400 DDR4 Onboard 2400MHz + 4.0GB DDR4-2667 DDR4 SODIMM 2667 MHz.

  1. Sistem operasi

Kedua perangkat menggunakan jenis sistem operasi yang sama hanya berbeda spesifikasi. ASUS Vivobook 14X menggunakan Windows 10 Home. Sementara Lenovo Ideapad Slim menggunakan Windows Home 64.

  1. Layar

Mempertimbangkan ukuran layar bagi pelajar ketika memilih laptop sangat penting karena harus memikirkan apakah cukup repot untuk membawanya atau tidak. Selain itu juga apakah bisa masuk ke tas atau tidak.

ASUS Vivobook 14X mempunyai ukuran layar 14inch yang lebih ringkas. Tipe ini menggunakan layar FHD 16:9, anti-glare display LED Backlight. Sedangkan Lenovo Ideapad Slim mempunyai layar FHD resolusi 1920 x 1080 tipenya TB Anti-glare LED backlight Narrow Bezel.

lenovo ideapad slim

  1. Harga

Ketika membandingkan harga kedua perangkat ini, perlu mempertimbangkan performanya. ASUS Vivobook 14X dijual dengan kisaran harga Rp. 8 jutaan sedangkan Lenovo Ideapad Slim dibanderol harga Rp. 7 jutaan. Dengan selisih sedikit, kamu bisa mendapatkan spesifikasi yang berbeda.

Melihat perbandingan kedua laptop tersebut, ASUS Vivobook bisa menjadi pilihan terbaik untuk pelajar. Selain performa yang handal, sistem operasionalnya bisa diandalkan. Bodinya juga lebih compact dan ergonomis. Mengetik dengan cahaya terbatas tidak masalah karena pada bodinya terdapat Backlight warga putih sebanyak 3 tingkat.

ASUS Vivobook 14X dilengkapi dengan pendingin sehingga kamu tidak perlu khawatir menggunakannya dalam waktu lama karena tidak menyebabkan overheat.  Microsoft Office Home & Student 19 yang disematkan juga sudah menyediakan aplikasi adar bagi pelajar seperti Excel, PowerPoint dan Word.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.