Asyiknya Punya Bardi Smarthome

Bardi Smarthome merupakan sebutan untuk berbagai produk yang bekerja menggunakan sistem Internet of Things atau IOT, dengan semakin terintegrasinya dunia internet, masyarakat tidak hanya sekedar membutuhkan perangkat komputasi untuk terhubung ke internet, namun juga perangkat cerdas yang bisa menghubungkan diri dengan internet.

Dari kebutuhan masyarakat itulah Bardi, meluncurkan berbagai produk Bardi Smarthome untuk masyarakat yang ingin tetap menggunakan perangkat biasa namun dengan kemampuan yang cerdas. Ada berbagai produk Bardi yang bisa digunakan oleh masyarakat. Kalian bisa mencarinya lewat official store Bardi yang ada di berbagai marketplace di Indonesia.

Nah kebetulan aku kemarin membeli beberapa perangkat Bardi Smarthome untuk kebutuhan rumahku. Aku sendiri penasaran seberapa smart perangkat milik Bardi ini dan kaitannya dengan pengguna rumahan sepertiku. So, aku membeli tiga perangkat yaitu Bardi LED Smart Light Bulb, Bardi IP Static Camera dan juga Bardi IR Remote.

Kita cek yuk satu persatu

bardi smarthome

Bardi Smarthome LED Smart Light Bulb RGB 9W

Produk pertama yang aku beli adalah sebuah bohlam smart led yang cukup cerdas, cukup menarik buat orang elektronika seperti aku yang biasanya hanya bermain led RGB kecil dan hanya punya tiga warna, lalu gimana sih LED smart light bulb nya Bardi ini? Apa cuma bisa nampilin tiga warna doang?

Cara Memasang Bardi Led Smart Light Bulb RGB 9W

bardi smart light bulb warna warni

  1. Pasang bohlam Bardi ini di fitting lampu E27 (fitting lampu standar di Indonesia)
  2. Jika kalian menggunakan wifi di rumah, gunakan wifi tersebut untuk koneksi kalian
  3. Buka play store di smartphone kalian guna mencari Bardi Smart Home.
  4. Install apps Bardi Smart Home
  5. Lakukan Registrasi user di apps tersebut
  6. Pastikan saklar switch pada lampu sudah kita nyalakan seperti biasa
  7. Pada aplikasi tambahkan perangkat dengan mengklik tombol + di sudut kanan atas aplikasi
  8. Cari perangkat Smart Bulb 9W RGB
  9. Perangkat akan meminta password wifi agar terhubung dengan ponsel kita
  10. Apps akan segera menyambungkan smartphone kita dengan Smart Light Bulb RGB via wifi
  11. Ubah nama perangkat sesuai dengan nama ruang tempat bohlam tersebut diletakkan

Konfigurasi Bardi Led Smart Light Bulb RGB9W

Ternyata, RGB Led Smart Bardi ini beneran Smart, di dalam apps Bardi Smart Home kita bisa mengatur mood lampu tersebut, pengaturannya cukup kompleks dan menyenangkan ternyata

harga bardi smart ligh bulb 9w rgbww

Bardi menyediakan 4 menu utama sebagai pengaturan scene Smart Light Bulb RGB nya yaitu

  1. White
  2. Colour
  3. Scene
  4. Music

White digunakan untuk mengatur intensitas cahaya bohlam, mulai dari tipikal bohlam tabung berwarna putih terang dan bohlam pijar berwarna keemasan. Selain itu kita bisa mengatur lumens dan kecerahan lampu. Tingkat cahaya maksimalnya cukup terang bahkan lebih terang dibanding lampu lain yang memiliki daya diatas 9W. Kalian bisa mengatur warna sesuai dengan kebutuhan ruang kalian

BACA JUGA:   Cara Merawat untuk Spesifikasi Mesin Cuci Semua Jenis & Merk

Bagian kedua adalah Colour, di menu ini, menu RGB nya beneran terasa, dan gak sekedar bisa menampilkan warna merah kuning hijau, tetapi bisa memancarkan warna perpaduan berdasar bola RGB, mau dibuat warna merah, pink, ungu, biru muda, hijau dan lain sebagainya. Anak-anak seneng banget memainkan warna ini untuk mengetahui warna yang dihasilkan oleh lampu RGB Bardi ini

Menu berikutnya adalah Scene, di dalam scene sudah tersedia pengaturan beberapa scene sesuai kebutuhan, mulai dari kebutuhan lampu untuk membaca, bekerja, atau untuk hal lain. Disini settingnya sudah berdasar template ya, jika kalian menghendaki warna lain, kalian bisa mengubahnya lewat setting colour maupun white.

Menu terakhir ini mungkin paling menyenangkan, Music, seperti namanya, music akan menampilkan warna sesuai dengan intensitas suara yang terdengar oleh perangkat, saat anak-anak bersuara, lampu Bardi tidak berhenti mengubah warna, namun saat mereka tertidur lampu ini akan berhenti tepat di warna terakhir ia mendengar suara. Selain mampu mengenali suara, Led Smart RGB Bardi ini juga mampu mengikuti alunan musik, mulai dari yang melow sampai yang ngebeat, hmm berasa lagi dugem di kamar sendiri

Selain fitur tersebut, Bardi menyediakan tombol power off, guna mematikan lampu menggunakan smartphone tanpa harus berjalan menuju saklar lampu. Di bagian bawah juga tersedia menu left time, gunanya untuk mematikan lampu secara otomatis dalam durasi tertentu. Simpel banget

Bardi Smart IP Static Cam

Perangkat cerdas berikutnya dari Bardi Smarthome adalah sebuah IP camera, dengan harga yang menurut aku murah meriah untuk sebuah IP cam, kita gak perlu lagi untuk membeli perangkat CCTV yang berbiaya mahal, selain mampu menangkap tampilan dengan cukup jelas, IP static cam yang diposisikan untuk indoor camera ini juga punya kemampuan sebagai IR camera. Artinya, pada saat suasana gelap, kamera ini tetap bisa menangkap gambar dengan mode infra red. Cakep.

Mode infra red untuk suasana gelap.

Mode pemilihan infra red cam sendiri nantinya bersifat otomatis, sepertinya Bardi menambahkan sensor LDR guna mengaktifkan mode infra red, jadi saat suasana terasa gelap, IP cam akan segera beralih ke IR mode. Dengan demikian pengawasan rumah tidak akan terlewat meski hari sudah gelap.

Pun, tak hanya itu aja, kamera ini bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan orang di depan kamera, misal nih kita ngeliat ada anak-anak yang asik bermain dibawah kamera kita bisa menegurnya lewat fasilitas speaker yang built ini di dalam camera. Selain itu, IP static Cam ini juga bisa menangkap suara dalam gambar dan meneruskannya ke smartphone kita.

Tak sekedar itu saja, untuk urusan penyimpanan gimana? tenang aja, karena ada slot micro SD yang bisa kita sematkan pada bodi IP cam ini. Jika urusan penyimpanan ini masih saja kurang jangan kuatir. Karena Bardi menyiapkan opsi penyimpanan cloud yang bisa kita beli lewat apps Bardi. Untuk pengguna kantoran yang sangat aware buat masalah keamanan hal ini tentu sangat bermanfaat ya, klo buat pengguna rumahan sepertiku rasanya sebuah microSD sudah lebih dari cukup.

selain camera, Smart Indoor Static IP ini dilengkapi speaker, mic dan slot micro SD, night mode camera serta kemampuan deteksi cahaya menggunakan sensor
selain camera, Smart Indoor Static IP ini dilengkapi speaker, mic dan slot micro SD, night mode camera serta kemampuan deteksi cahaya menggunakan sensor

Untuk proses instalasinya sendiri cukup mudah kalian tinggal menambahkan device Smart IP Static Cam Bardi di Bardi Smarthome. Kemudian biarkan proses blink lampu selesai dan kalian bisa segera mengakses Smart IP Static Cam.

BACA JUGA:   Nonton video on demand Drakor di Tribe

Karena ini kaitannya dengan keamanan, saran aku sih sebaiknya untuk power bisa indirect dari colokan listrik ke device power bank dulu baru ke Smart IP cam ini, plus tentu saja menyertakan micro SD untuk penyimpanan data hasil tangkapan.

Bardi Smart IR Remote

Perangkat terakhir yang aku beli adalah sebuah IR Remote, berbentuk bulat layaknya wadah bedak, siapa sangka jika perangkat ini memiliki kemampuan luar biasa, smart IR remote ini dapat menggantikan peran berbagai remote berbasis infra red mulai dari remote televisi, AC, DVD player, kulkas maupun perangkat elektronik lain yang menggunakan mekanisme infra red untuk melakukan remote.

img 20201214 103827

Dibanding remote TV universal, jelas ini kemajuan ya, karena bisa mengatur berbagai jenis perangkat yang tersedia di rumah, dan tentu saja hanya menggunakan smartphone.

So dengan menggunakan smartphone kalian, kalian bisa mengatur berbagai perangkat infra red yang ada di rumah kalian hanya dengan satu genggaman, tak perlu lagi satu remote untuk satu perangkat cukup sebuah Smart IR remote milik Bardi.

Cara Konfigurasi Smart IR Remote Bardi

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Jika kalian sudah mendownload apps Bardi Smarthome, koneksikan Smart IR Remote Bardi dengan sumber listrik. Pastikan jika posisi Smart Remote ini tidak terhalang secara langsung dengan perangkat yang akan kita remote.

  1. Colokkan smart IR Remote ke sumber listrik, pastikan lampu indikator berkedip dengan cepat
  2. Pilih confirm indicator di Apps Bardi Smarthome guna memulai registrasi perangkat IR di smartphone kamu
  3. Setelah device aktif dalam tampilan Apps, klik device IR Remote tersebut
  4. Pilih remote device yang akan kita kontrol menggunakan Smart IR Remote Bardi ini, misal TV
  5. Bardi akan menyajikan beragam merk pembuat televisi, tugas kita disini cukup mudah
  6. Setiap produsen TV umumnya memiliki beberapa jenis chip untuk mengontrol IR, kita tinggal mencoba beberapa menu utama, jika TV tidak merespon dengan benar, pilih tombol Next
  7. Pilih tombol Yes, jika menu utama pada Bardi Smarthome direspon perangkat TV kita dengan benar
  8. Kamu bisa mengulangi metode verifikasi remote ini untuk perangkat lain seperti AC, DVD player, I-switch, TV di ruang lain dan sebagainya

Kalian bisa mengatur channel TV kalian dengan mudah tanpa perlu mencari remote TV, bisa mengatur AC dengan mudah juga.

FAQ Mengenai Bardi Smarthome

Bisakah Satu Apps Bardi digunakan untuk mengatur dua/lebih device yang sama?

a

Jika maksudnya adalah bagaimana jika kita memiliki lima lampu RGB 9W, tiga buah IP static cam dan sebuah IR Remote? Jawabannya adalah bisa. Di Bardi Smarthome Apps, kita bisa menamai setiap perangkat baik yang sama maupun bertipe berbeda sesuai letak ruangnya. Dengan demikian kita bisa mengatur semua perangkat tersebut hanya dari satu smartphone saja.

Apakah Kita Bisa Menggunakan Dua Smartphone Atau Lebih Untuk Mengendalikan Perangkat?

Jawabnya adalah ya, kita bisa menggunakan dua smartphone atau lebih, Bardi menyediakan fitur sharing untuk masalah ini, aku sendiri menggunakan dua smartphoneku untuk mengatur perangkat Bardi yang ada di rumah. Jadi kalo kebetulan aku lagi gak ada di rumah, istri tetap bisa memantau dan mengatur perangkat Bardi Smarthome dengan mudah.

Selain tiga perangkat ini Bardi masih punya banyak perangkat yang gak kalah menarik dari segi fitur dan kemampuannya, langsung saja meluncur ke website Bardi SmartHome.

22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.