Bacaan Doa Qunut Subuh Latin Beserta Arti Dan Manfaatnya

Doa qunut adalah salah satu doa yang sering dilafalkan di sela – sela rakaat sholat. Hukum melafalkannya termasuk kedalam sunnah, dimana umat muslim yang tidak melafalkannya ketika sholat pun tidak akan berdosa dan tetap sah ibadahnya. 

Tuntunan Doa Qunut

Meski tidak wajib, namun membaca doa qunut ini banyak sekali manfaatnya bagi umat muslim yang mengamalkannya. Karena itu, sangat dianjurkan membaca doa qunut subuh bagi umat muslim. Sebagaimana dalam hadits berikut ini :

Dari Anas bin Malik RA, beliau berkata “Rasulullah senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (HR. Ahmad). 

Lantas, bagaimana bacaan doa qunut yang biasanya dilafalkan di sela – sela rakaat sholat subuh dan artinya? Berikut dibawah ini bacaan doa qunuh subuh latin beserta artinya : 

“Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Artinya : “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang – orang yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah aku kesehatan sebagaimana orang – orang yang telah Engkau beri kesehatan. Dan pimpinlah aku sebagaimana orang – orang yang telah Engkau pimpin. Dan berilah berkah pada segala sesuatu yang telah Engkau berikan kepadaku. 

Dan berilah aku dari segala kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas apa yang Engkau izinkan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang – orang yang telah Engkau beri kekuasaan. 

Dan tidaklah akan mulia siapa saja yang Engkau musuhi. Segala berkah atas-Mu dan segala keluhuran atas-Mu. Segala puji bagi-Mu atas segala yang Engkau pastikan. Hamba memohon ampun dan kembali (taubat) pada-Mu. Dan sholawat, rahmat, dan berkah-Mu atas baginda Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

Manfaat Membaca Doa Qunut

manfaat membaca doa qunut

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika umat muslim rutin membaca doa qunut subuh. Berikut manfaat membaca doa qunut subuh yang perlu diketahui : 

  • Memberikan Petunjuk

Dengan membaca doa qunut subuh secara rutin, maka Allah SWT akan memberi petunjuk kepada umat-Nya. Petunjuk yang diberikan-Nya bisa berupa ilmu yang bermanfaat maupun amal sholeh seseorang. 

Pada bacaan doa qunut ada kalimat “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang artinya permintaan seorang hamba kepada Allah SWT atas petunjuk. 

  • Mendapat Perlindungan Allah SWT

Sejatinya Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada umat-Nya. Hal tersebut karena Allah SWT merupakan Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ketika umat-Nya memohon perlindungan, maka Allah SWT akan memberi perlindungan. Permohonan atas perlindungan Allah pun terdapat dalam doa qunut, yaitu “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang artinya “berilah hamba keselamatan seperti hamba-Mu yang lain yang telah diberi keselamatan.”

  • Menghindarkan Diri Dari Berbagai Penyakit 

Pada doa qunut juga terdapat kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” selain meminta perlindungan kepada Allah SWT, kalimat tersebut juga memberikan keselamatan dengan menghindarkan umat manusia dari segala macam penyakit yang berbahaya, baik itu penyakit pada umumnya ataupun penyakit hati. Rutin membaca doa qunut juga bisa menuntun umat manusia agar senantiasa terhindar dari hal – hal yang menyimpang, baik dari segi hawa nafsu ataupun tahta dan harta. 

  • Memberikan Berkah Pada Nikmat Yang Diberikan

Pada doa qunut ada juga kalimat “wabaariklii fiima a’thoiit” yang artinya “berkahilah padaku apa yang sudah Engkau berikan.” Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT akan senantiasa memberikan kebaikan berupa berkah yang banyak kepada umat-Nya. Nikmat yang telah diberikan, baik sedikit ataupun banyak akan tetap berkah. Nikmat yang berkah tentunya akan terasa lebih cukup dan tidak pernah merasa kurang. 

 

BACA JUGA:   Mungkinkah Kita Libur berLebaran karena Corona

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.