Begini Cara Alami yang Ampuh Menghilangkan Bruntusan

Jerawat pasir atau yang sering disebut dengan istilah bruntusan merupakan salah satu permasalahan kulit di area wajah. Ya, umumnya masalah bruntusan ditandai dengan adanya bintik-bintik berukuran kecil yang muncul secara bersamaan. 

Meski tidak membahayakan kesehatan, namun masalah tersebut bisa membuat si penderitanya menjadi kurang percaya diri. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips alami mengenai cara menghilangkan bruntusan

1. Menggunakan Es Batu

Es batu yang selama ini kita kenal kerap digunakan untuk menyegarkan sebuah minuman. Namun tahukah kamu? Ternyata es batu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah bruntusan lho. 

Berdasarkan dari hasil penelitian, es batu memiliki efek dingin yang dapat meredakan peradangan untuk sementara waktu. Meski hanya bersifat sementara, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba mengatasi bruntusan dengan menggunakan es batu. 

Mengenai cara mengatasinya, kamu hanya tinggal membungkus beberapa buah es batu dengan kain bersih yang tipis atau menggunakan kompres dingin. 

wajah bruntusan

Jika sudah demikian, silahkan tempelkan es batunya ke area wajah yang ada bruntusan selama 1 menitan saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu lakukan cara ini sebanyak satu sampai dua kali dalam sehari. 

2. Menggunakan Tea Tree Oil

Selain es batu, Tea Tree Oil juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah bruntusan di area wajah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Tea Tree Oil memiliki kandungan senyawa yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat. 

Akan tetapi, penggunaan Tea Tree Oil tidak direkomendasikan bagi mereka yang memiliki reaks alergi terhadapnya. Maka dari itu, kamu harus berkonsultasi terlebih dulu dengan pakar kulit sebelum menggunakan Tea Tree Oil ini ke wajah. 

3. Menggunakan Teh Hijau

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa meminum segelas teh hijau secara rutin dan teratur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, teh hijau diklaim mampu menghilangkan bruntusan di wajah hanya dalam semalaman saja lho. 

Pasalnya, teh hijau telah dilengkapi dengan kandungan flavonoid dan tanin yang berperan untuk melawan peradangan serta bakteri penyebab timbulnya jerawat. Tak cuma itu, teh hijau juga diperkaya dengan kandungan antioksidan EGCG (Epigallocatechin 3 Gallate). 

Kabar baiknya, sekarang ini sudah banyak sabun khusus pembersih wajah yang memiliki kandungan ekstrak teh hijau. Harga yang ditawarkannya pun cukup bervariasi, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. 

4. Menggunakan Madu & Bubuk Kayu Manis

Siapa sih yang tidak tahu dengan madu? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan cairan kental manis yang berasal dari lebah ini. 

Dibalik rasanya yang manis dan lezat, sejak dari dulu madu memang kerap digunakan sebagai bahan alami untuk memelihara kesehatan kulit, termasuk dalam mengatasi masalah bruntusan di wajah. Lantas, bagaimana cara penggunaannya?

Dalam hal ini, kamu harus mencampurkan madu dengan bubuk kayu manis. Setelah itu, silahkan oleskan ramuan tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama 8 sampai 10 menitan. Selanjutnya bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih. 

5. Menggunakan Mentimun

Siapkan 1 buah mentimun, kemudian potong jadi dua bagian. Gosokkan salah satu potongan mentimun tersebut ke wajahmu secara merata, dan diamkan sekitar 15 menitan. Setelah itu, kamu hanya tinggal membilas wajah dengan air sampai bersih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.