Bepergian ke Jogja? Inilah 5 Rekomendasi Destinasi Wisatanya

Jogja masuk ke dalam jajaran destinasi wisata favorit di Indonesia. Berbagai daya tarik ditawarkan oleh wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Gudeg ini. Mulai dari makanannya, budayanya, sampai dengan berbagai destinasi wisata di dalamnya. 

5 Rekomendasi Wisata Jogja

Dalam hal destinasi wisata, Jogja juga menawarkan tempat-tempat dengan sejarah, wisata belanja, alam yang memesona, dan juga wahana-wahana menyenangkan. Memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sudah banyak tempat wisata di Jogja yang sudah kembali dibuka untuk umum. Berikut sejumlah di antaranya.

  1. Malioboro

Malioboro sudah menjadi ikon Jogja sejak dahulu. Ingat Jogja, pasti Malioboro masuk ke dalamnya. Jalanan Malioboro ini memiliki tempat tersendiri di hati orang-orang yang pernah mengunjunginya. Sepanjang jalan Malioboro memang sangat unik, penuh dengan pedagang baju, makanan, barang-barang, cinderamata, dan masih banyak lainnya.

wisata jogja malam di malioboro

Saat malam hari, suasana Malioboro juga tambah syahdu, lampu-lampu jalanan yang cantik menambah keindahan. Sekarang juga semakin banyak tempat duduk untuk para pengunjung, jadi semakin nyaman. Tapi supaya tetap aman, selalu terapkan protokol kesehatan ya, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin membersihkan tangan. 

  1. Taman Pintar

Lokasi tidak terlalu jauh dari Malioboro, terdapat sebuah tempat bernama Taman Pintar. Alamat tepatnya berada di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Ngupasan, Gondomanan, Jogja. Destinasi wisata ini merupakan wahana rekreasi dan edukasi yang menyasar para pelajar, mulai dari anak-anak sekolah dasar sampai dengan mahasiswa.

harga tiket wisata edukasi taman pintar yogyakarta

Selain rekreasi, tujuannya datang ke sini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan. Di dalamnya terdapat kurang lebih 35 zona dengan 3.5000 alat peraga canggih. Anak-anak akan sangat betah berada di sini berlama-lama. Bahkan mereka tidak akan sadar jika sedang belajar saking asyiknya.

  1. Wisata Keraton Jogja

Bagi kamu yang ingin belajar mengenai sejarah kasultanan di Jogja, bisa berkunjung ke Keraton. Alamatnya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Jogja. Di dalamnya akan banyak sekali berbagai lukisan, transportasi, perhiasan, yang digunakan oleh generasi sebelumnya. Jika kamu ingin menyaksikan pagelaran gamelan dan karawitan, datang saja pada Senin dan juga Selasa.

wisata keraton ngayogyakarta hadiningrat

Karena banyak pengunjung yang berdatangan. Pihak pengelola wisata menerapkan beberapa protokol kesehatan. Mulai dari mengecek suhu tubuh, mencuci tangan, melakukan pembatasan tamu, sampai mengisi data secara digital dengan QR code. Jadi pengunjung akan lebih merasa aman.

  1. Bukit Panguk Kediwung

Ingin wisata alam dengan panorama jelita? Bukit Panguk Kediwung salah satu rekomendasinya. Setelah sebelumnya tutup sementara, destinasi wisata ini sudah mulai buka sejak awal Agustus 2020. Alamatnya berada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Panguk.

tiket wisata alam jogja bukit panguk kediwung

Daya tarik utama di sini adalah berbagai spot Instagramable dipadukan dengan alam yang sangat cantik. Ada perbukitan yang cantik, hutan hijau nan rindang, sampai dengan sunset dan sunrise yang begitu menawan. Jam bukanya mulai 04.00 sampai 16.00 WIB.

  1. Candi Prambanan

Satu lagi yang juga kerap jadi langganan untuk jalan-jalan adalah Candi Prambanan. Sebenarnya, wisata ini terletak di perbatasan Klaten dan Jogja, namun lebih terkenal milik Jogja. Ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang memiliki daya tarik keindahannya. Pada momen tertentu akan diadakan Sendratari Ramayana Prambanan yang jadi idola banyak orang. Namun untuk sementara ini hanya digelar secara online saja. 

tiket wisata jogja candi prambanan

Tertarik untuk bepergian ke Jogja? Daytrans Executive Shuttle bisa menjadi salah satu alternatif transportasinya. Agar lebih praktis, pergi ke Jogja naik Daytrans bisa pesan di Traveloka. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap plus pembayaran yang mudah. Belum punya banyak waktu untuk liburan saat ini? Tenang saja, kamu bisa pesan sekarang untuk digunakan di lain waktu.

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.