Menyambut Ramadhan dengan Manisnya Kurma Medjool

Menjelang bulan Ramadhan yang tinggal sebentar lagi, tentu kita tidak lagi asing dengan buah yang berasal dari Timur Tengah ini, ya buah Kurma bisa dibilang adalah makanan yang selalu dinanti kehadirannya di bulan yang suci ini. Jika kita berbicara tentang buah kurma, kita akan membayangkan pohon kurma yang menjulang tinggi di daerah gurun, biasanya orang Indonesia membeli kurma yang berasal dari Arab ataupun dari Mesir.

Nah kemaren, kami baru tahu kalau ternyata pohon kurma tidak hanya tumbuh di gurun di daerah arab dan mesir saja lho, tapi juga ke belahan dunia lain seperti Australia dan bahkan Amerika Serikat. Yes gak salah denger, Kurma ini ditanam di tengah-tengah padang gurun Arizona.

Apa sih yang membuat kurma Arizona ini menjadi spesial?

nikmatnya kurma medjool

Ternyata dari riset yang dilakukan, di bawah padang pasir Arizona terdapat sungai bawah tanah yang membuat kualitas tanaman kurma disana menjadi lebih baik dari daerah gurun lain. Bahkan kurma yang dihasilkan pun terbilang super. Kurma Arizona ini kemudian dibranding dengan nama Kurma Medjool, jika dilihat dari namanya, orang bisa menganggap kurma ini berasal dari India, yak Kajool, Medjool gak jauh beda kan ya? ternyata enggak, datengnya dari belahan dunia yang mungkin kita sendiri gak pernah kepikiran bisa ditumbuhi pohon kurma.

Saat kami diundang untuk datang mencicipi kurma Medjool ini, memang kurma ini punya kelebihan dibanding kurma-kurma yang pernah aku cicipi setiap bulan ramadhan. Kurma Medjool memiliki daging buah yang banyak, berserat, mudah terlepas dari kulitnya. Dan ukurannya terbilang jumbo untuk ukuran kurma yang biasa kita jumpai dipasaran. Bisa dibilang kurma ini memiliki tekstur, rasa dan ukuran terbaik klo menurutku.

BACA JUGA:   10 Peluang Bisnis Online selama Ramadhan

Oh ya kurma ini juga bisa digunakan tidak hanya sebagai camilan biasa saja tapi juga bisa diolah menjadi aneka makanan. Salah satunya adalah kue, kami bertemu dengan Bodjo dan Bakpiapia. Keduanya mengkreasikan mash potatoes dan dates untuk menghasilkan makanan baru. Bodjo sendiri pernah memenangkan kompetisi yang diadakan Indonesian Pastry Alliance pada 2017.

bodjo banana

Bodjo mengkreasikan aneka kue dengan berbahan baku menggunakan kentang dan kurma, sementara Bakpiapia membuat bakpia yang berisi kurma, dan rasanya endess abis. Rekan-rekan blogger dan media yang hadir ikut menikmati aneka kreasi Bodjo dan Bakpiapia sambil beramah tamah.

Nah bicara soal kreasi makanan jelang ramadhan ini, kayaknya kurma bisa banget dijadikan olahan makanan, seperti membuat cake, pie, nah yang menarik karena kurma dasarnya sudah manis kita tidak perlu lagi menggunakan tambahan gula untuk menambah rasa manis makanan yang kita buat. Contohnya produk banana pie Bodjo yang menggunakan kurma dan bakpia kurma ini manisnya didapat dari rasa kurmanya itu sendiri, terasa lebih unik dan lebih segar tentunya.

 

kurma medjool di jogja
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.