Berburu Street Food Khas Surabaya, 7 Makanan Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan!

Surabaya adalah salah satu kota metropolitan terbesar no. 2 di Indonesia. Nama kota ini kian tersohor berkat kemajuan serta perkembangan baik dari segi infrastruktur maupun perekonomian. Bahkan baru-baru ini, Surabaya terpilih menjadi Kota Terpopuler secara online di ajang The Guangzhou International Award 2018.

Hingga sekarang kota ini memiliki daya pikat yang kuat untuk para wisatawan agar terus berdatangan. Selain memiliki ragam tempat wisata yang memiliki sejarah panjang, di Surabaya para wisatawan pun juga dapat dimanjakan dengan aneka street food yang menggugah dan sayang untuk dilewatkan. Apakah saja itu? Simak tujuh street food di Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan! Dapatkan tiket bus menuju Surabaya dengan harga yang tepat hanya di sini.

  1. Sate Solo Pak Dono

Anda penggemar daging kambing? Jangan lewatkan untuk mencicipi nikmatnya sate daging kambing di Sate Solo Pak Dono. Berlokasi di Jalana Raya Kalasan No. 28, Anda bisa menikmati daging kambing tebal yang diolah diatas bara api. Khawatir aroma tidak sedap pada daging kambing? Tenang, di sini sate kambing dibumbui dengan aneka rempah dan bumbu rahasia yang dioles secara merata sehingga menghilangkan aroma asli kambing yang tidak sedap.

kuliner jalanan sate solo pak dono

  1. Bebek Goreng Tugu Pahlawan

Sudah siap merasakan sensasi dari kenikmatan daging bebek yang super lezat dari Bebek Goreng Tugu Pahlawan? Berarti Anda pun juga harus siap mengantri panjang untuk mendapatkan seporsi daging bebek. Ya, bebek Tugu Surabaya adalah primadoma para pecinta bebek di Surabaya. Tak hanya warga Surabaya sendiri yang menyukainnya, bahkan tak jarang para wisatawan yang datang ke Surabaya pun rela antri untuk mencicipinya.

bebek goreng tugu pahlawan

Apa sih keunggulan dari Bebek Goreng Tugu Pahlawani ini? Ternyata rasanya yang nikmat dari daging bebeng yang super legit dan sambat pencit khas Jawa Timur yang tidak bisa dilupakan oleh siapa saja yang mencobanya. Jadi tak ada salahnya bila Anda pun merasakan sensasi tak terlupakan dari Bebek Goreng Tugu Pahlawan ini.

  1. Rawon Kalkulator

Siapa sih yang tak suka dengan makanan yang satu ini. Makanan khas Jawa Timur yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya, baik masyarakat asli Jawa Timur maupum bukan. Nah, bagi Anda penggemar rawon, jangan lewatkan Rawon Kalkulator bila sedang berkunjung ke Surabaya.

food street ala kuliner surabaya

Selain dari rasanya yang nikmat, ada hal yang berbeda dari Rawon Kalkulator. Apa ya? Ternyata itu dikarenakan karena pelayan warung yang gesit untuk menghitung berapa total biaya yang harus dibayar oleh pengunjung dengan menu-menu yang di pesannya. Unik ya!

  1. Tahu Campur Kalasan Bapak H. Abd. Mahfud

Menikmati Tahu Campur Kalasan khas Surabaya yang sudah ada sejak tahu 1979. Bertempat di Jalan Kalasan No. 16, Tambaksari, ini memang sudah tersohor. Bahkan Anda siap-siap kecewa bila Anda datang di jam makan siang. Pasalnya tempat ini akan dipenuhi oleh para pengunjung.

Di Surabaya memang banyak sekali berjumpa dengan para pedagang tahu campur. Namun, yang membuat Tahu Campur Kalasan ini berbeda dengan tahu campur lainnya adalah bahan terasi dan petis sehingga tidak menggunakan bumbu penyedap.

  1. Rujak Cingur Genteng Durasim

Satu lagi jajanan street food yang legendaris di Surabaya, Rujak Cingur Genteng Durasim.

Berjualan sejak tahun 1943 yang berarti saat ini sudah berusia 75 tahun, tempat ini menjadi kebanggan warga Surabaya. Tak hanya usianya yang memang sudah lama, rujak cingur yang satu ini memang miliki cita rasa yang tidak bisa tergantikan. Inilah yang membuat para pelanggannya tetap setia dan bertambah setiap harinya.

wisata kuliner surabaya Rujak Cingur Genteng Durasim

Dan yang unik, konon cobek atau tempat mengulek yang terbuat dari batu sudah ada sejak pertama kali buka. Walaupun sudah berusia lebih dari 70 tahun namin cobek tersebut masih digunakan hingga saat ini.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Anda akan banyak menemukan kuliner khas Surabaya yang satu ini. Namun, jika tidak ingin kecewa datanglah ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Meski telah berjalan selama lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap yang bisa Anda nikmati dengan harga Rp12.000,00 untuk setiap porsinya ini tetap terjaga. Dengan cara memasak dan bumbu yang menjadi warisan keluarga, tak heran penikmat Lontong Balap Pak Gendut semakin banyak.

Cari makan enak surabaya Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Terdiri dari ontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar membuat Anda tak akan melupakan cita rasa yang ditinggalkan.

  1. Soto Lamongan Cak Har

Soto ayam Lamongan Cak Har menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang wajib Anda coba bila sedang berkunjung ke Surabaya. Walaupun menyajikan soto khas lamongan, tetapi tempat ini sangat direkomedasikan untuk didatangi.

Soto Lamongan Cak Har

Soto ini sangat terkenal di Surabaya karena porsinya yang  jumbo dengan  kuah kuning yang kental. Tak hanya itu, taburan seledri dan irisan daging ayam akan melengkapi hidangan Anda. Namun, ternyata tak hanya menawarkan daging ayam saja, Anda juga bisa meminta jeroan, kulit, ataupun daging sebagai pelengkap soto Lamongan ini. Anda bisa menikmati semangkok soto Lamongan Cak Har ini di Jalan Ir. Soekarno.

Foto: Dok. Traveling Yuk

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.