Canggung Jadi Ibu Baru? Coba Lakukan Ini Agar Peran Ibu Baru Bisa Berjalan Lancar


Banyak orang bilang bahwa wanita akan dikatakan sempurna jika sudah hamil dan melahirkan anak. Meski begitu, jangan jadikan ini alasan untuk menjudge orang lain yang belum hamil atau melahirkan loh ya. Bicara tentang hamil dan melahirkan, tentu kondisi ini membuat kita merasa canggung. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama, sehingga saat bayi sudah lahir kita juga harus banyak belajar tentang merawat dan mengetahui setiap tahapan perkembangan bayi baru lahir.

Mengingat ini adalah pengalaman pertama bagi kita yang baru melahirkan, wajar apabila kita masih mencari tahu apa – apa saja yang harus dilakukan. Dengan harapan supaya tujuan menjadi ibu yang baik bisa tercapai. Bahkan tidak jarang ada dari kita, para ibu muda yang merasa kurang bisa menjadi ibu yang baik untuk anak. Wah, jangan seperti ini ya. Yakin saja bahwa kita bisa menjadi ibu yang tangguh untuk buah hati tercinta.

Lakukan hal ini agar tugas dan peran menjadi ibu baru bisa berjalan lancar serta menyenangkan

ibu-baru Canggung Jadi Ibu Baru? Coba Lakukan Ini Agar Peran Ibu Baru Bisa Berjalan Lancar  wallpaper

Siapkan Diri untuk Begadang

Sudah lumrah jika ketika anak sudah lahir, kita sebagai orang tua harus bersiap untuk begadang. Ya, fokus kita teralih pada anak. Untuk yang sudah biasa begadang mungkin tidak kaget lagi, tapi bagi kita yang biasanya tidur di awal waktu pastilah membutuhkan pembiasaan.

Supaya kita tidak terlalu lelah dan tetap bisa menikmati peran baru menjadi seorang ibu, sebaiknya kita mengganti waktu tidur sesuai jam tidur anak. Dengan begitu kita masih memiliki waktu untuk beristirahat. Agar semua berjalan dengan mulus, ajaklah pasangan untuk bekerjasama mengurus si kecil. Kita bisa bergantian menemani anak saat salah satu dari kita sedang lelah.

Memanjakan Diri Sendiri

Seorang ibu juga membutuhkan me time. Meskipun tidak sama seperti saat masih single, tapi me time ini sangat bagus untuk kesehatan psikis sang ibu. Jadi agar momen menjadi ibu baru bisa benar – benar dinikmati, tidak ada salahnya apabila kita sengaja mengundang tukang pijat di sela – sela waktu tidur anak. Setidaknya dengan pijat ini akan membuat badan kita lebih segar.

bisnis-sampingan Canggung Jadi Ibu Baru? Coba Lakukan Ini Agar Peran Ibu Baru Bisa Berjalan Lancar  wallpaper

Sediakan Buku Favorit

Selain harus siap begadang, kita juga harus siap sedia berlama – lama menggendong anak. Terlebih ketika anak sedang rewel, yang mana biasanya akan lebih tenang jika digendong. Untuk itu supaya kita tidak kelelahan dan tidak bosan karena terlalu lama menggendong anak, sebaiknya kita menyediakan buku bacaan favorit yang bisa dibaca sembari menggendong atau memangku si kecil.

Nikmati Peran Baru

Mungkin di awal akan terasa berat karena harus begadang, tidak punya waktu jalan – jalan, tidak sempat melakukan hal – hal yang disukai dan lainnya. Tapi percayalah, menjadi ibu adalah nikmat yang luar biasa. Jadi saat berpikir untuk mengeluh, tegaskan pada diri kita bahwa ini bukan tugas yang berat dan kita pasti bisa menjadi ibu yang baik. Tetap jaga kondisi fisik dan pikiran ya, sebab hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

 

BACA JUGA:   Cara Tepat Membeli Baju Lebaran Murah

ibu-rumah-tangga-cantik-seksi-anak-demam Canggung Jadi Ibu Baru? Coba Lakukan Ini Agar Peran Ibu Baru Bisa Berjalan Lancar  wallpaper

Jangan Lupa Konsultasi dengan Dokter

Meski sudah melahirkan, kita juga harus tetap pergi ke dokter. Ini untuk memastikan kesehatan bayi dan ibu. Oia, manfaatkan kesempatan ini untuk konsultasi dengan dokter terkait perkembangan bayi baru lahir ya. Dengan demikian kita bisa memastikan bahwa anak tumbuh dengan normal dan sehat.

Menjadi seorang ibu adalah kebanggaan tersendiri bagi kita, jadi jangan sia – siakan kesempatan istimewa ini dengan selalu berusaha belajar untuk memahami seluk beluk bayi. Mengetahui tahap – tahap perkembangan bayi baru lahir merupakan hal paling membahagiakan bagi seorang ibu. Ya, janin yang dulu dikandung dan sukses membuat kita menggendut secara tiba – tiba, kini sudah lahir di dunia dan siap membuat kita tersenyum dengan semua kelucuannya.

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda