Cara Menampilkan Gambar Thumbnails yang Tidak Muncul di Windows

Gambar thumbnails pada windows, mulai digunakan sejak zaman Windows Me, dan semakin mempermudah seseorang untuk melihat apa sih gambar yang ada dalam file bereksistensi jpg, bmp, png dan lain sebagainya. Alih-alih harus membuka software photo viewer, penggunaan thumbnails pada tampilan windows explorer memang membantu pengguna untuk lebih cepat menyeleksi foto. Bayangin saja deh jika kita berhadapan dengan gambar yang hanya tampak logo jpg, sedangkan gambar tersebut berasal dari kamera digital.

Tentunya kita akan kebingungan mencari gambar tanpa software photo viewer seperti ACD see atau irfan view di jaman dulu. Namanya file kamera selalu berawalan DSCN atau IMG yang jumlahnya bisa ratusan. Untungnya di semua produk Windows, sudah bisa menampilkan gambar thumbnails pada windows explorer.

menampilkan gambar previews windows 8

Tapi bang, di Windows ku gak bisa muncul previewnya, apakah itu kena virus?

Ya banyaknya varian virus di Windows dan dampak yang berbeda-beda umumnya membuat pengguna awam merasa takut hal tersebut muncul akibat efek dari sebuah virus dalam komputer/ laptop miliknya, padahal bukan seperti itu.

BACA JUGA:   Cara Merawat Baterai Laptop

Pada dasarnya hal tersebut terjadi karena pengaturan folder options saja. Jadi murni karena settingan windows explorer nya saja yang perlu diubah. Cara menampilkan gambar thumbnails yang tidak muncul di windows 7, windows 8 dan windows 10 kurang lebih sama. Kalian hanya perlu meluncur ke Control Panel, Appearance and Personalize. Pilih Folder Options. Kemudian buka tab View dan hilangkan centang pada opsi Always show icons, never thumbnails

cara menampilkan gambar thumbnails pada windows explorer

Setelah itu klik OK untuk menyimpan konfigurasi, dan selamat, gambar thumbnails anda sudah bisa terlihat kembali di tampilan windows explorer

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.