7 Kriteria Dana Cepat yang Aman dan Terpercaya

Memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan fantastis merupakan kebanggaan bagi setiap orang. Wajar memang, sebab tidak dipungkiri jika biaya hidup kian mahal sehingga ketika mempunyai karir yang cemerlang, maka Anda akan merasa aman dari segi finansial. Sayangnya karir cemerlang dan gaji besar belum tentu membuat kondisi finansial Anda stabil. Ya, karena di sisi lain kebutuhan harian terus bertambah, belum lagi jika Anda memiliki gaya hidup yang lumayan. Bukan tidak mungkin pada akhirnya Anda membutuhkan dana cepat sebagai alternatif untuk memenuhi semua kebutuhan.

Belum lagi jika Anda termasuk orang yang kurang pandai mengatur keuangan, maka akan ada masa dimana Anda kelabakan karena dihadang dengan kebutuhan mendadak. Memang sebaiknya Anda memiliki tabungan khusus sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun apabila saat ini Anda terlanjur dihadapkan pada kebutuhan-kebutuhan yang harus segera dipenuhi, tidak ada salahnya jika kali ini Anda mengandalkan dana pinjaman yang bisa didapatkan secara online.

Kriteria Dana Cepat yang Aman dan Terpercaya

Mungkin akan sedikit membingungkan apabila Anda sebelumnya belum pernah melakukan pinjaman online ini. Benar sudah banyak perusahaan fintech yang menawarkan layanan pinjaman ini, namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua perusahaan tersebut mempunyai kredibilitas yang baik.

Berikut adalah kriteria-kriteria yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan perusahaan penyedia layanan pinjaman online yang aman dan terpercaya.

  • Mempunyai situs resmi

Mengingat dana yang akan Anda pinjam tersebut berbasis online, itu artinya Anda akan mengakses layanan pinjaman melalui situsnya. Jadi pastikan perusahaan tersebut memiliki situs resmi.

Situs resmi ini bisa dilihat dari alamat situs yang berawalan “https”. Ini menjadi tanda bahwa situs tersebut benar-benar menjaga identitas atau data pengguna agar tidak dicuri atau disadap oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

  • Alamat kantor jelas

Selain memastikan bahwa perusahaan penyedia dana cepat itu memiliki situs resmi, Anda juga perlu mengecek apakah perusahaan yang dimaksud mempunyai alamat kantor yang jelas. Ini penting agar nantinya ketika timbul masalah di kemudian hari Anda bisa langsung mengurusnya ke kantor terkait.

Oleh karena itu coba cari tahu alamat kantor beserta nomor telepon perusahaan, lalu pastikan keberadaannya. Biasanya alamat dan nomor telepon ini ditampilkan pada lama situs resminya.

  • Fast response

Tentu akan sangat tidak nyaman jika Anda membutuhkan layanan nasabah namun pihak perusahaan tidak cepat tanggap. Nah, untuk memastikan perusahaan penyedia pinjaman ini responsif, Anda bisa mencoba menghubungi nomor telepon perusahaan. Ini sekaligus untuk memastikan apakah nomor telepon yang ditampilkan di situsnya valid atau tidak.

  • Terdaftar di OJK

Agar dana cepat yang Anda pinjam ini benar-benar aman dan legal, pastikan perusahaan penyedia layanan pinjaman ini telah memiliki ijin dari OJK. Oiya, jangan langsung percaya jika pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka sudah mengantongi ijin OJK ya!

Perlu diketahui bahwa OJK selalu mengupdate informasi mengenai daftar perusahaan fintech yang legal maupun ilegal. Jadi, untuk memastikan legalitas perusahaan, Anda bisa langsung mengeceknya melalui situs OJK. Alternatif lainnya adalah Anda bisa menghubunggi layanan call center OJK yang bisa dihubungi melalui nomor 157 untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

CekAjaDanaCepat

  • Sistem yang transparan

Banyak atau sedikitnya jumlah pinjaman yang Anda lakukan tetap harus dipastikan jika sistem pinjaman tersebut transparan. Penyedia layanan pinjaman terpercaya akan dengan senang hati memaparkan pada Anda perihal mekanisme peminjaman yang dilakukan. Mulai dari proses pengajuan pinjaman, suku bunga, batas pelunasan maupun simulasi cicilan.

Dengan sistem yang transparan ini, Anda sebagai nasabah tidak akan merasa dirugikan karena sejak awal sudah mengetahui mekanisme peminjaman.

  • Suku bunga yang logis

Melakukan pinjaman uang baik secara online maupun offline tidak akan terlepas dari suku bunga. Agar Anda tidak merasa terbebani dengan suku bunga yang diberlakukan, tanyakanlah perihal ini pada penyedia layanan pinjaman.

Pastikan perusahaan tersebut memberikan suku bunga dengan nilai yang logis. Sebagai referensinya, Anda bisa membandingkan suku bunga pinjaman dengan suku bunga yang ditawarkan bank.

Pada umumnya suku bunga di bank memiliki nilai mulai dari 0,7-2 persen tiap bulan. Sehingga ketika Anda mendapati perusahaan penyedia layanan pinjaman online yang memberikan suku bunga harian di atas satu persen, maka ada baiknya Anda mencari perusahaan lain.

  • Selektif memilih debitur

Biasanya pemohon dana pinjaman ini sedang berada pada situasi mendesak sehingga menginginkan pengajuan pinjaman segera diterima. Namun perusahaan fintech yang profesional tentu tidak akan sembarangan menerima pengajuan dana dari debitur tanpa melakukan pemeriksaan.

Jadi pastikan bahwa penyedia layanan pinjaman tersebut memanfaatkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK guna menyeleksi kelayakan calon debitur.

Demikianlah 7 kriteria yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan penyedia layanan pinjaman dana cepat yang aman dan terpercaya. Meski Anda sangat membutuhkan dana pinjaman secepat mungkin, namun jangan lantas mengabaikan kriteria-kriteria di atas ya! Jangan sampai Anda memiliki masalah baru di lain hari hanya karena Anda tidak selektif memilih perusahaan penyedia pinjaman online.

Nah bagi Anda yang tengah membutuhkan dana pinjaman dalam waktu dekat bisa langsung mengakses CekAja.com atau melalui link https://www.cekaja.com/kredit/. CekAja.com akan membantu Anda mendapatkan layanan finansial secara mudah, singkat, cepat dan pastinya aman karena telah terdaftar di OJK.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.