Cara Menanamkan Mindset Positif pada Diri Sendiri

Mindset positif, mempengaruhi segala yang ada pada aktivitas manusia, beserta kesehatannya. Jika kita ingin berjiwa positif, maka harus didasari dari pikiran yang positif juga. Karena pikiran yang suram, maka mempengaruhi aktivitas yang cenderung ke negatif saja. 

Mindset yang positif, juga bisa mendatangkan seseorang pada kesuksesan, jadi jangan berusaha, untuk tidak mau belajar bagaimana cara menanamkan mindset positif. Dari adanya mindset positif, membuka kita pada kesempatan-kesempatan baru yang tidak disangka. 

1. Mulai kegiatan, dengan kalimat afirmasi yang positif

Kalimat afirmasi, menjadi kalimat awal agar siap dalam menjalani aktivitas di hari itu. buatlah kalimat-kalimat positif saat akan kerja maupun aktivitas lainnya dalam hati. Agar kita bisa terbawa dari kata-kata itu, dan direalisasikan dalam perbuatan. 

Bicaralah pada diri sendiri, bahwa kamu bisa dan dapat menghadapi tantangan di hari ini! Bisa diomongkan di saat itu juga, lewat media cermin dan bicara pada diri sendiri. Cukup berpikir positif, bahwa hari ini adalah harimu, dan semua yang kamu rencanakan berhasil. 

2. Fokus pada hal-hal baik

Setiap hari, pasti kamu akan bertemu dengan hal-hal yang baik, jadi jangan sampai kamu berpikir negatif-negatif, agar lancar hari-hari yang kamu jalani. Tidak ada hari yang sempurna, sehingga fokus pada hal-hal baik di hari itu juga. 

Misal, kamu sedang mengalami kemacetan yang membuat pikiran kamu jadi kacau, bisa kamu alihkan dengan tugas lain, atau mendengarkan musik, agar hari-harimu tidak berat, dan hal-hal baik sekecil itu bisa dipertahankan dan agar midset positif tetap terjaga. 

3. Fokus dengan apa yang terjadi saat ini

Banyak yang masih terbelenggu dengan masa lalu, dan masih mengkhawatirkan masa depan, sehingga hari ini tidak dipikirkan, bisa saja membuat negatif. Padahal, hari itu bisa dijadikan terbaik dengan mindset positif.  Jadi, cukup pikirkan hari ini juga, agar maksimal di setiap harinya. 

Jangan hidup di masa lalu, dan di masa depan, hiduplah hari ini, ini memang benar adanya. Agar setiap harinya kita bisa memikirkan bagaimana memaksimalkan semua hal positif di hari ini. Adanya peluang, bisa didapatkan di hari itu juga. 

4. Temukan Humor dalam setiap Situasi

Kenapa? dengan begitu kamu tidak terlalu terbebani dalam situasi yang tidak menyenangkan di saat itu. Kamu masih bisa senyum, walaupun cobaanmu banyak. Ingat, bahwa semua adalah titipan, sehingga kita akan lega dengan apa yang terjadi, karena pasti akan diatasi oleh yang punya alam. 

Percayalah, bahwa setiap masalah yang ada, pasti ada maksud. Sehingga kita semakin dewasa dalam setiap permasalahan yang ada. Mindset positif, bisa menanamkan prinsip bahwa masalah ini bukanlah seberapa, dan bisa diatasi, kemudian kita jadi bisa menikmati hidup. 

5. Kelilingi orang-orang positif 

Pasti, dengan dekat orang-orang positif, maka mindset bisa positif. Saat bertemu orang-orang negatif, maka kita malah tidak menemukan solusi, malah memperpuruk suasana. Jika kita dikelilingi oleh orang-orang pintar, maka kualitas diri kita juga secara tidak langsung akan ikut terangkat. 

Hal ini didasarkan, kita mengikuti pola yang ada, dan dilakukan secara konsisten. Mindset, memang menular, berpengaruh kepada orang, tidak harus mencari orang yang ahli, tetapi yang mempunyai mindset positif, dan selalu berpikir positif.

6. Bisa mengendalikan reaksi kita, pada suatu hal

Karena ini penentu kita, dimana saat ada masalah, pada akhirnya dikembalikan ke kita, apakah kita ikut tersulut emosi atau tidak. Meskipun yang namanya cobaan kadang, di luar kendali kita, tetap pada akhirnya tergantung reaksi kita. 

Jika kita tenang, bisa berpikir jernih, maka apa yang akan kita lakukan pasti ada solusi, dan biasanya cepat. Kalaupun tidak cepat, terpenting yang dijalani benar, dan tidak grusa-grusu, sehingga hasil bisa maksimal. 

Itulah, 6 cara yang bisa dilakukan agar minset kita, tetap positif. Ingat, saat kita tahu bahwa di dunia ini bukanlah milik kita, dan punya Allah, maka segalanya terasa lega. Percayalah!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini