Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Halitosis merupakan sebutan untuk kondisi mulut yang kotor oleh jamur maupun bakteri sehingga mengeluarkan aroma bau mulut yang tidak sedap. Bau mulut dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri pada pengidapnya bahkan tidak jarang dapat menimbulkan kecemasan berlebihan.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gigi berlubang, luka di bagian dalam mulut, bakteri serta jamur. Konsumsi jenis makanan juga berpotensi menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, makanan dengan bau menyengat seperti durian, jengkol, petai, bawang bombay, bawang putih serta gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Di sisi lain, bau mulut juga dapat terjadi karena aktifitas tubuh di luar mulut, antara lain tukak lambung, diabetes dan gangguan saluran pencernaan, termasuk terjadi juga pada orang-orang yang berpuasa.

Hal yang paling terasa adalah saat kita bangun pagi dan bau nafas kita terasa tidak segar. Oleh karenanya, kita disarankan untuk segera mencuci muka dan menggosok gigi sesaat setelah bangun tidur sebelum melakukan aktifitas lain.

Penyebab bau mulut setelah bangun tidur adalah pertumbuhan bakteri yang cepat pada sisa makanan pada saat kita tertidur pulas. Tidak jarang juga, pertumbuhan bakteri ini tidak jarang memaksa kelenjar air liur mengeluarkan air liur lebih banyak guna membunuh bakteri sehingga pada beberapa orang mengiler saat tertidur pulas.

Saran dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia, manusia perlu menggosok gigi minimal dua kali sehari yaitu sebelum dan setelah bangun tidur, guna memastikan kondisi mulut bersih dan bebas dari sisa makanan yang dapat memicu pertumbuhan kuman di dalam mulut.

Tentunya, akan lebih baik lagi jika kita rajin menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi selepas makan dan mencuci mulut dengan larutan mouthwash. Kunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali dan mintalah benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi maupun tidak terlepas oleh cairan mouthwash.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Namun jangan kuatir karena ada banyak cara menghilangkan bau mulut secara alami yang cukup mudah diikuti dan bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Parsley

Parsley merupakan salah satu jenis garnish yang kerap digunakan untuk mempercantik tampilan makanan, namun manfaat parsley tidak hanya itu, ia memiliki aroma segar yang dapat mencegah bau mulut. Kandungan sulfur dalam parsley diyakini dapat membunuh kuman yang berada di dalam mulut

Nanas

Orang jawa mengenal buah ini dengan istilah pitik walik sobo kebon, nanas sering digunakan sebagai makanan pendamping pada menu-menu Thailand maupun Eropa, nanas ini memiliki cita rasa yang khas guna menetralisir rasa gurih daging agar tidak terasa jenuh di lidah.

Namun karena orang Indonesia tidak terbiasa menggunakan nanas sebagai bagian menu utama, kita bisa menjadikannya sebagai makanan pencuci mulut atau disajikan dalam bentuk jus nanas. Kandungan asam dalam nanas, mampu menghilangkan bakteri yang melekat pada enamel gigi.

Yoghurt

Produk turunan susu satu ini sangat disarankan untuk mencegah bau mulut akibat gangguan saluran pencernaan baik di lambung maupun usus. Pada sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan responden yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin selama 6 minggu terjadi penurunan bau mulut mulai dari ketajaman aroma maupun intensitasnya. Bakteri baik lactobactilus protectus mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat pada saluran pencernaan, salah satu pemicu bau mulut yang mungkin kalian rasakan

Air Putih

Air mineral sangat baik untuk tubuh kita, sebagai pengganti cairan tubuh, menetralkan suhu badan serta menjaga kesehatan ginjal, kesegaran kulit, mata dan otak, juga dapat membantu mencegah bau mulut berlebih.

Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari dapat menghambat pertumbuhan bakteri akibat mulut kering. Mulut kering sendiri memicu pertumbuhan jamur dan saliva yang mengganggu kesegaran aroma mulut, terutama untuk mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa

Apel

Buah apel memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, apel dapat membersihkan plak yang menempel dan dapat menyebabkan karang gigi.

Apel juga mampu menetralkan aroma tajam yang biasanya ditimbulkan oleh bawang bombay. Sehingga apel bisa menjadi pilihan selain nanas untuk makanan pencuci mulut kalian

Lemon

Kesegaran alami lemon tentu sudah banyak yang mengenal dan merasakan manfaatnya, kaya akan vitamin C yang dapat menjaga kekebalan tubuh dari serangan kuman jahat, lemon dapat memicu produksi saliva serta mencegah mulut kering

Teh Hijau

Sebagai salah satu minuman menyehatkan, teh hijau juga memiliki kemampuan menyegarkan mulut. Teh hijau memiliki kandungan disinfektan guna membunuh bakteri penyebab infeksi pada mulut.

Nah itulah beberapa cara mencegah bau mulut secara alami yang bisa kalian terapkan di rumah, semoga membantu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.