cara menyembunyikan drive

Terkadang ada alasan tertentu membuat orang tidak ingin berbagi data dengan orang lain, sehingga muncullah banyak cara untuk menjaga privasi datanya, ada yang dengan cara membuatnya superhidden, multiuser dalam 1 PC, ada yang menginstal folder locker dan seterusnya.

Secara default windows menyediakan fitur untuk “menghilangkan” sebuah partisi/ drive dari tampilan windows explorer,  sehingga drive tersebut tidak dapat diakses, ketika suatu saat ingin mengakses file dalam drive tersebut maka kita bisa menampilkan kembali drive tersebut.

Untuk melakukannya kita menggunakan fasilitas disk management pada windows, untuk dapat menuju disk management klik kanan pada my computer – manage kemudian pilih disk management, disana akan ada informasi partisi baik yang dikenali windows (primary&logical, FAT & NTFS) maupun tidak dikenali windows (EXT3, partisi2 linux)

Disk_Management_XP-300x240 cara menyembunyikan drive  wallpaper

Partisi yang bisa kita hilang -munculkan adalah partisi logical, drive D, E dan seterusnya, sementara partisi primary yang sedang meload windows tidak dapat kita hilangkan. Pada disk management klik kanan partisi yang akan kita hilangkan – change drive letter – kemudian remove drive letter pada partisi tersebut. Windows akan menanyakan apakah kita yakin? Yes! terkadang proses ini gagal jika ada aplikasi yang sedang menjalankan file dalam drive tersebut. Setelah melakukan konfirmasi maka partisi tersebut akan menghilang dari windows explorer anda.

Untuk mengembalikannya maka change drive letter-nya menjadi seperti semula/ganti abjad pun nggak papa tapi baiknya sih disamakan dengan drive letter semula, semoga bermanfaat

BACA JUGA:   Pentingnya Mengatur Discussion Setting pada Wordpress

 

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “cara menyembunyikan drive

    Tiyo Kamtiyono

    (Juni 12, 2012 - 1:06 pm)

    Ternyata dari sini juga bisa ya mas, saya pernah menggunakan registry untuk menghilangkan drive ini. Thanks infonya 😀

      anotherorion

      (Juni 12, 2012 - 1:35 pm)

      bisa mas, he malah saya lum pernah nyoba pake registry soale pasti lebih mumet harus nyari key stringnya 😀

Berikan tanggapan anda