Cara Mudah Mengecek Link Artikel Bermasalah di GSC

Google Search Console atau GSC merupakan tools gratis yang disediakan Google untuk para pemilik website agar dapat mengecek kesehatan situs mereka. Tools satu ini memiliki cukup banyak fitur yang dapat membantu para pemilik website agar dapat memahami bagaimana interaksi Google dengan situs yang mereka miliki.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh GSC adalah kemampuan untuk mendeteksi adanya link artikel bermasalah yang ada di website atau blog kita.

Cara Mengecek Link Artikel Bermasalah di GSC

Link artikel bermasalah adalah link artikel yang tidak kunjung terindex di halaman hasil pencarian Google. Lalu bagaimana kita mengecek apakah artikel kita sudah terindex atau belum di search engine?

Untuk mengecek artikel kita sudah terindex atau belum di database Google, kita dapat mengetikkan kata kunci site:namasitus.com judul artikel di halaman pencarian Google. Jika Google tidak akan menampilkan halaman artikel yang telah kita buat, berarti artikel kita tidak terindex, bisa jadi ada masalah dalam halaman artikel tersebut yang butuh perhatian kita.

cara mengecek artikel terindex google atau belum

Lalu bagaimana jika kasus tersebut terjadi? Kita diarahkan untuk membuka Google Search Console. Dan menguji link tersebut. So, pemilik website harus memiliki akun GSC, jika ingin menguji bagaimana interaksi situsnya dengan mesin pencari Google. Untuk mesin pencari Bing, kita bisa menggunakan Bing Webmaster, yang dikhususkan untuk mesin pencari Bing.

Tahapan Melakukan Pengecekan Link Artikel Bermasalah di GSC

  1. Di GSC pastekan link url artikel kita ke dalam kolom pencarian di sisi atas halaman GSC, biarkan GSC mengecek artikel tersebut.
  2. GSC akan menampilkan apakah artikel sudah terindex atau belum, jika belum klik tombol Test Live URL agar Google merayapi link url artikel tersebut
  3. Hasil dari Test Live URL bisa bermacam-macam, hijau untuk link artikel yang aman, kuning untuk artikel yang punya sedikit masalah dalam tampilan dan merah yang menandakan error pada artikel tersebut yang menyebabkannya tidak dapat diindex

cara mengecek link artikel bermasalah di gsc

Jika terjadi masalah dengan warning kuning atau merah, GSC akan memberitahukan penyebab error dari masalah yang dihadapi Googlebot saat mengakses halaman kita. Jika masih belum tahu langkah apa yang harus dilakukan setelahnya, pastikan untuk mengecek detail tampilan hasil test live URL dan mengecek bagian View Tested Pages.

Di sini GSC akan memberikan tiga tampilan yaitu HTML, Screenshoot dan more info. Biasanya masalah mengapa artikel tersebut error ada pada bagian tertentu dalam koding HTML yang menyebabkan masalah dengan Googlebot saat merayapi link artikel kita. Coding yang bermasalah ini akan ditandai dengan warna merah pink oleh GSC agar memudahkan kita mengecek sumber kode masalah tersebut.

Nah, temen-temen yang mengalami artikelnya ditandai Error oleh GSC atau dikecualikan dengan crawled not index atau discovered not index pernah mencoba melakukan cara mengecek link artikel di GSC seperti ini belum? Kalo ada pertanyaan boleh banget yuk kita diskusiin bareng-bareng.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.