Cara Terhindar dari Bahaya Demam berdarah Dengue

Demam berdarah dengue atau yang biasa disebut dengan DBD, adalah salah satu penyakit yang menular dan disebabkan oleh nyamuk. Memang tidak semua nyamuk membawa virus DBD, namun hanyalah nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus bernama dengue. Jangan diremehkan, karena penyakit ini bahkan sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani.

Jika anda mengalami gejala DBD dan telah untuk mendapatkan penanganan, maka kemungkinan besar virus tersebut dapat berbahaya untuk tubuh anda. Hal ini juga yang cukup penting untuk anda ketahui, bahwa baik untuk mencegah virus ini sebelum tertular. DBD sendiri merupakan virus atau penyakit, yang dapat tertular dimana saja. 

Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue

  • Menjaga Kebersihan Bak Mandi

Untuk di rumah atau bahkan di kantor sekalipun, sangat penting untuk menjaga kebersihan dari bak mandi. Hal ini dikarenakan, genangan air adalah salah satu tempat yang disukai oleh nyamuk Aedes aegypti untuk dapat berkembang biak dengan baik. Nantinya nyamuk betina akan menggunakannya, untuk bertelur di bagian sisi bak mandi.

Maka dari itu akan sangat baik, untuk menjaga kebersihan dari bak mandi yang terletak di rumah anda atau kantor sekalipun. Dengan melakukan ini, maka anda dapat memutus siklus hidup dari nyamuk Aedes aegypti.

  • Membersihkan Wadah Penampung Air Lain

Bukan hanya di kamar mandi saja, melainkan dalam hal ini anda juga perlu menguras dan membersihkan wadah lain yang dijadikan sebagai penampungan air. Benda tersebut dapat berupa baskom, kaleng, vas atau bahkan pot bunga. Untuk anda yang memiliki pot bunga, jangan membiarkan airnya terlalu lama. 

nyamuk aedes aegepty penyebab demam berdarah dengue

Hal ini dapat dijadikan sebagai nyamuk, untuk tempat berkembang biak untuk nyamuk Aedes aegypti. Biasakan lah untuk menguras dengan rajin wadah-wadah, yang sekiranya dijadikan sebagai penampungan air untuk mencegah demam berdarah.

  • Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

Jika sudah memastikan semua genangan air dijaga dengan bersih, anda juga dapat memberikan perlindungan untuk diri anda dengan menggunakan losion anti nyamuk setiap kali anda bepergian. Bahkan dalam hal ini, anda juga dapat menggunakannya sebelum bekerja untuk menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

Jika memang anda ingin menggunakan bahan yang lebih alami, anda dapat mengoleskan minyak dari daun peppermint. Hal ini akan sangat ampuh untuk digunakan.

  • Menggunakan Pakaian Tertutup saat Keluar Rumah

Selain menggunakan lotion, cara tepat lainnya yang dapat anda lakukan untuk menghindari diri dari gigitan nyamuk saat beraktivitas seperti bekerja atau di dalam rumah adalah menggunakan pakaian terututup. Dengan menggunakan pakaian tertutup, anda dapat menghindari penyakit demam berdarah dengue dan gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

Bahkan hal ini dinilai akan jauh lebih efektif, untuk menghindari anda terkena gigitan nyamuk di manapun anda berada. Untuk pencegahan yang lebih maksimal, anda dapat menyemprotkan obat peppermint pada sepatu, pakaian, kaos kaki atau berbagai benda yang anda gunakan. Hal ini akan mengalang datangnya nyamuk.

  • Fogging

selain rutin untuk melindungi diri dari nyamuk, anda juga dapat melakukan fogging untuk dapat mencegah datangnya nyamuk dan berkembang biak di sekitar rumah atau bahkan kantor sekalipun. Dalam hal ini, dengan di lakukannya fogging akan secara massal dapat membunuh nyamuk dengan baik dan merata.

Itulah beberapa tips untuk anda, agar terhindar dari demam berdarah dengue baik di rumah atau di kantor.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.