Semut kecil

Seekor semut kecil berwarna merah yang muncul di mejaku membuyarkan lamunanku, kulihat ia mondar mandir mengecek setiap sudut meja berharap menemukan sebutir makanan untuk dibawa pulang pada keluarganya. Rupanya ia tak menyadari tatapanku yang merasa terganggu oleh kehadirannya. Aku diam memperhatikan tingkah semut itu, lalu dengan iseng kumainkan jariku untuk menghalangi gerakannya, dan ia terkejut […]

Diam bukan berarti emas

Bagi sebagian orang, diam adalah emas, dengan berdiam diri sejenak dan menunggu suasana lebih baik orang bisa lebih terjaga dari kemungkinan salah melakukan antisipasi. Meski tidak selalu diam adalah emas, karena bagi sebagian yang lain diam adalah menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh waktu. Buatku sendiri diam adalah sesuatu yang bermakna ketenangan, ketika aku sedang dilanda […]

Iron Hearted

Gw yakin pada dasarnya semua manusia punya kemampuan yang sama karena memiliki modal awal yang sama dari Tuhannya. Klopun ada yang berbakat dalam suatu bidang itu tidak lebih hanya sebuah bonus kecil yang memang diberikan pada setiap manusia dari manusia yang lain. Masalah nanti apakah manusia tersebut benar2 akan menjadi manusia atau malah jadi sampah […]

Ketidaksempurnaan

Kata orang sebuah ketidaksempurnaan seringkali dianggap sebagai bentuk kesialan dan hukuman Tuhan. Orang seringkali menganggap ketidaksempurnaan dirinya adalah siksaan dari Tuhan karena tidak menjadikannya sempurna. Klo dipikir2 banyak banget ketidaksempurnaan dalam hidup kita, ingin beli mobil gak kecapai, pengen punya rumah sendiri gak kecapai, pengen punya pacar cantik gak kecapai, pengen jadi direktur perusahaan elit, […]

Teru Bozu

Beberapa hari terakhir agak terusik dengan percakapan adik2 tingkat tentang kejenuhan mereka terhadap seorang dosen di kampusku. Wajar aja sih namanya juga anak perkuliahan pasti ada aja keluhan mengenai mata kuliah atau salah satu dosen pengampunya. Dari yang terlalu killer lah, over disiplin, jarang masuk sampai geje a.k.a enggak jelas. Tak usah harus setingkat anak2 […]

Final destiny

Setiap manusia dalam hidupnya selalu memiliki cita-cita, entah cita-cita itu adalah sebuah mainstream destiny atau hanya sekedar one step destiny. Cita2 mainstream biasanya adalah sebuah cita2 jangka panjang semisal karir, seperti keinginan kita sewaktu kecil dulu, menjadi seorang astronot, pilot, dokter, tentara dan lain sebagainya Sementara one step destiny hanyalah cita2 yang sifatnya jangka pendek/sementara, […]

Dua dunia

Gw mungkin gak bisa disebut orang beriman mengingat kualitas ibadah gw yang sinyalnya sering megap2 dan kadang blank spot, tapi bukan berarti otomatis gw gak percaya sama yang namanya Tuhan dan alam gaib. Gw yakin di luar sana banyak dunia yang enggak gw tahu, dan mungkin gw gak perlu tahu. Cukup yang gw tahu ada […]

Creatify

Pada jaman dahulu kala ketika aku masih sering mendengarkan dongeng pengantar tidur dari almarhumah ibuku, ada satu dongeng yang membuatku tetap tertawa ketika mengingatnya, dan tentu saja dibalik setiap dongeng selalu ada maknanya, hmmm baiklah apakah kalian ingin mendengarkannya juga? Cerita ini bermuara pada kisah negeri 1001 malam dimana didalamnya tinggallah sosok manusia tercerdik di […]
menyiapkan tabungan pendidikan anak

Dongeng Kenangan

Negeri dongeng adalah sebuah negeri yang hanya aku dengar dari majalah Bobo, meski sekarang sudah enggak tahu gimana kabar dari Nirmala apakah masih tetep ngejomblo apa sudah jadi perawan tua meneketehe deh. Abaikan Nirmala yang semakin menua dan kulitnya semakin keriput menyerupai Pipiyot, mari kita bicarakan dongengnya saja. Dongeng adalah sebuah seni menuturkan nilai budi […]

First Step

Setiap petualangan besar selalu dimulai dari langkah pertama, ya langkah pertama seringkali adalah langkah kecil nan lemah namun menjadi pertanda kebangkitan cita2 makhluk hidup di dunia ini. Seorang bayi akan terjatuh berkali2 untuk bisa tegak berdiri dan memulai langkah pertamanya, tidak ada istilah takut gagal dan takut jatuh meski semua ilmuwan di dunia tahu secara […]

Terlalu Playboy

Konon di dunia ini ada sebuah hukum yang sangat eksis, yaitu hukum karma. Hukum karma merupakan hukum sebab akibat, setiap perbuatan akan menuai hasilnya di kemudian hari. Seseorang yang menanam benih kebaikan suatu ketika ia akan menuainya, dan seseorang yang menyemai kejahatan maka ia pun akan mendapat ganjarannya, entah di dunia ini atau mungkin nanti […]

Mbuh Piye Carane

Di jaman aku kuliah, ada satu frase yang enggak pantas untuk ditolak ketika seorang teman meminta tolong, meskipun kadang permintaan itu agak enggak waras dan diluar kemampuan kita. Mbuh piye carane atau anak2 dulu sering menyingkatnya dengan MPC, sering digunakan ketika temenku ada dalam kondisi terdesak dan diluar kemampuannya, jadi sesuai arahan Tantowi Yahya dia […]

Indonesian work style

Konon pada jaman dahulu kala, nusantara pernah menjadi mahanegeri yang kuat dan kaya raya, disegani negeri besar lainnya seperti China dan India, ada Sriwijaya dan Majapahit yang kokoh berdiri menjadi simbol pemersatu nusantara di era pra kolonialisme. Namun dibandingkan dengan pasca kolonialisme, entah mengapa semangat nusantaraisme itu memudar, bangsa Indonesia tidak lagi dikenal sebagai bangsa […]

Kita dan secangkir masa lalu

Dus wedus, klo mo nulis kok ya mendadak ilang sinyal idenya pas di depan laptop, padahal udah sesorean ini kepikiran segera menuntaskan hajat untuk di bloggingkan. Tapi untunglah, malam ini masih bisa miscall ide buat cepetan pulang ke dalam otak. Jadi begini ceritanya sodarah sodarah, pada suatu ketika, di masa kita masih unyu unyunya jadi […]

Hukuman

Aku pernah dapet nasihat dari seorang teman, ketika kita mendapatkan diri sedang menjalani hukuman, nek diseneni rungokna, nek diantemi rasakna, artinya adalah jika kita dimarahin, dengerin, klo dipukulin rasakan saja. Toh setelah selesai hukuman maka selesai jugalah prosesi luapan kemarahan itu. Memang jika kita punya kekuasaan untuk melawan maka kita bisa saja melawan, tapi jika […]