Cipokan Solder

Biar kata gw alumni jurusan elektronika bukan berarti gw ahli dalam urusan elektronik, apalagi klo menyangkut hal2 berbau analog dan suara, blas ora mudeng.

Dulu sering kali beli komponen di toko aja sering salah, you know? klo ada papan bernama toko elektronik bisa aja isinya cuman jualan kulkas mesin cuci sama tipi, trus klo mau beli komponen, dibedolin dari dalem tipinya gitu??

Ada toko listrik, yang isinya cuma gulungan kabel, jack, colokan, lampu dan seperangkat alat instalasi listrik di ruangan. Tanya komponen? haha ya dikasih mur ro baut.

Lain lagi toko teknik, isinya bisa sampai termokopel, kabel, paralon, multimeter, klo nyasar toko industri gimana? ya nemu tracktor, diesel, generator dst.

Itu baru tentang toko, belum ketika nanya komponen

Case 1 **************************

A: Mbak ada resistor 5 Ohm?

B: Berapa watt mas?

A: Hah? resistor mbak resistor Ohm bukan watt?

B: *kalem* mau yang berapa watt?

A: Berapa aja deh mbak liat barangnya

B: *Manyun sambil liatin barangnya ada yang 1/4W, 1/2W 1W dan 5W*

A: Ambil yang ini mbak 5 biji *asal tunjuk yang kira2 sesuai*

Case 2 ************************

A: Ada capasitor yang 10mikroFarad mbak?

B: Yang berapa Volt?

A: Astagfirullah mbak kapasitor, farad mbak farad!

B: *ngambilin beberapa caps berbagai voltase*

A: bagusnya yang mana ya mbak? *nyengir kuda sambil setres*

BACA JUGA:   Bertemu Kepik Emas di Sawah

B: Ini nih, *nunjukkin secara asal*

Case 3 **********************

B: Ada lagi yang lain mas?

A: Punya cipokan solder gak???

B: *blushing* apa mas? cipokan?

A: Hooh *kalem2 bloon*

B: Yang kek gimana ya mas?

A: Itu lho yang buat ndudud tinol dari PCB

B: Ih itu sih attractor mas bukan cipokan

A: *nyengir2 sebel dari tadi salah mulu*

*gini ini lho cipokan soldernya*

solder-attractor Cipokan Solder  wallpaper

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

10 thoughts on “Cipokan Solder

    kekenaima

    (Oktober 12, 2012 - 12:21 am)

    wkwkwkkw… kok ya bs salah2 terus.. 😀

      anotherorion

      (Oktober 12, 2012 - 1:07 am)

      orang gaptek yang asal ambil jurusan mbak n_n”

    farikhsaba

    (Oktober 10, 2012 - 3:12 pm)

    Kirain tadi kena solder pas lagi nyolder 😀

      anotherorion

      (Oktober 11, 2012 - 7:11 am)

      itu namanya kecipok solder mbah

    cawah

    (Oktober 9, 2012 - 11:57 pm)

    kwkkwkwkwk ngakakguling2

    welly

    (Oktober 9, 2012 - 10:12 am)

    hahhaaha, cipokan solder

    tp untung aku dulu ga kesulitan cari resistor dan teman2nya secara tetangga punya toko elektro. tp ya gitu yang dijual dari tape, speaker, apa saja dijual mirip toko listrik

      anotherorion

      (Oktober 9, 2012 - 1:18 pm)

      lha neng koncoku lhe titip muni tukokne cipokan solder je mas, ya gelem ra gelem aku ngomonge ngono kuwi, ora ngerti nek jenenge atraktor, bwen sisan mbales bakule

    veralicious

    (Oktober 9, 2012 - 9:04 am)

    woh, diajarin apaan ro dosenmu mas? kok iso salah-salah ngunu -___-“

      anotherorion

      (Oktober 9, 2012 - 1:16 pm)

      mbuh ver, dosene ki luput yak e kok ya mung ngajari spek nya doang, iya resistor emang satuannya ohm, kapasitor satuannya farad tapi gak pernah bilang klo dipasaran resistor & kapasitor juga punya satuan ketahanan juga

Berikan tanggapan anda