Dicari! Pahlawan Super di Sekitar Kita

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat berbicara mengenai pahlawan. Mungkin kamu akan segera berfikir pada pahlawan super atau sosok tokoh-tokoh di masa kemerdekaan yang berjuang mengangkat senjata untuk melawan penjajahan. Ya, Indonesia memiliki banyak sekali tokoh yang diangkat menjadi pahlawan nasional.

Pahlawan di Indonesia, Siapa Mereka?

Totalnya ada 195 orang di Indonesia yang mendapat penganugerahan sebagai pahlawan nasional. Empat nama terakhir yang masuk pada tahun 2021 adalah Usmar Ismail, Tombolotutu, Aji Muhammad Idris dan Ari Wangsakara. Selain gelar pahlawan nasional, Indonesia juga memiliki gelar setara untuk Pahlawan Proklamasi (Soekarno-Hatta) serta pahlawan revolusi, yang meninggal pada hari Kesaktian Pancasila.

Lain ladang lain belalang, bagaimana jika anak muda sekarang diminta mendefinisikan pahlawan? Dengan maraknya film bertema superhero di bioskop, bayangan mereka adalah pahlawan super ala Marvel dan DC Comics yang mungkin ada di benak mereka. Untuk para penggemar manga dan tokusatsu, pahlawan super adalah tokoh imajiner dalam kartun kesayangan mereka, mulai dari Son Goku, Naruto, Kamen Rider dan lain sebagainya

Pertanyaannya adalah, apakah para pahlawan harus selalu mereka yang ada di masa lalu? atau mereka yang memiliki kekuatan super hero? Jawabannya adalah tidak. Pahlawan adalah mereka yang memberikan kontribusi kepada masyarakat, lingkungan, negara dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berjuang di garis depan, jalur diplomasi, maupun dengan karya yang dapat menjadi trigger bagi perubahan. Mereka datang dari berbagai latar belakang dan profesi.

Para Pahlawan Super di Sekitar Kita

So, karena pahlawan bukanlah sebuah profesi, itulah mengapa tidak ada anak kecil yang bercita-cita menjadi seorang pahlawan, dan pada dasarnya, setiap orang bisa menjadi pahlawan. Cuma masalahnya bagaimana kita mendefinisikan seseorang tersebut pahlawan, minimal bagi lingkungan sekitarnya.

Jika kita berbicara di lingkungan keluarga, maka orang tua adalah pahlawan bagi anak-anaknya, dalam skala yang lebih luas, maka pendefinisian pahlawan ini nanti akan mengarah pada siapa yang memiliki kontribusi signifikan pada bidang-bidang tertentu di dalam sebuah lingkungan, wilayah atau negara.

Bagiku, sosok pahlawan adalah mereka yang menginspirasi, tidak harus orang besar, tidak harus orang terkenal, motivator handal atau CEO perusahaan, tidak. Terkadang seringkali aku menemukan pahlawan itu adalah ordinary people yang memang tidak dikenal kebanyakan orang.

Dan aku yakin, sebenarnya ada banyak sosok-sosok bersahaja yang menginspirasi kita dalam kehidupan sehari-hari, kesederhanaan seorang tukang bakso, simbah-simbah penjual cilok atau siapapun mereka yang menghadirkan inspirasi pada kita tentang pentingnya rasa syukur, merasa bahagia atau pemberianNya, mau berbagi pada sesama dan lain sebagainya.

Salah satu tokoh inspiratif yang cocok menurut aku sendiri adalah Saptuari Sugiharto, yang belum mengenal namanya, beliau ini adalah seorang wirausahawan sekaligus aktivis anti riba, berangkat dari pengalamannya membangun bisnis dengan model riba, mas Saptuari merasakan banyak sekali hambatan dalam bisnisnya.

Saptuari Sugiharto kerap mengenakan kaos provokatif untuk menghindari riba
Mas Saptuari Sugiharto kerap mengenakan kaos yang membuat orang ingin cepat terbebas dari hutang dan riba (sumber: Hidayatullah.com)

Setelah memutuskan hijrah, ia merasakan banyak manfaat dan perkembangan dalam bisnisnya. Oh ya, beliau ini juga sering membagikan tips dan cara agar bisa terbebas dari hutang dan jeratan riba. Dan tentunya, foto mas Saptuari yang mengenakan kaos-kaos dengan kalimat untuk mengajak orang berpikir ulang tentang hutang dan riba.

Dicari, Pahlawan Super untuk Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

Nah buat kamu yang punya sosok inspiratif dan memberikan manfaat bagi sesama, boleh banget kalian ajukan sebagai sosok pahlawan dalam Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan yang  akan diselenggarakan pada periode April–Juni 2022.

Dalam Kontes Blog Super Bercerita yang ke IV ini, rekan-rekan blogger diajak untuk mengangkat tokoh-tokoh inspiratif dari penjuru negeri yang layak mendapat predikat pahlawan. Harapannya, akan semakin banyak orang yang juga terinspirasi dengan kisah para tokoh inspiratif tersebut sehingga mampu menggerakan banyak orang kepada perubahan yang lebih baik.

Nah, nantinya, blogger dengan tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah tentunya dari Super app. Dan tokoh inspiratif kamu juga akan mendapatkan kado dari tim Super.

Super app sendiri merupakan jaringan agen yang mendistribusikan barang-barang kebutuhan pokok di kota kecil dan daerah pelosok. Lho kenapa Super lebih memilih untuk mengambil daerah semi urban dan rural?

Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan
sumber: superapp.id

Super berupaya menyelesaikan masalah disparitas harga dan distribusi sembako di kota kecil dan pedesaan dengan membangun hyperlocal supply chain dan memberdayakan generasi muda di daerah untuk menjadi wirausaha mandiri dengan menjadi bagian dari Super Agen yang membantu masyarakat di lingkungannya untuk mendapatkan sembako dengan harga terjangkau.

Buat kamu, yang tertarik untuk ikutan kontes ini bisa klik link http://tinyurl.com/SUPERBERCERITA untuk melihat persyaratan dan aturan perlombaan. Yuk terus menginspirasi dan berbagi hal positif dengan membagikan inspirasi yang kamu dapatkan dari pahlawan Super hebat di sekitar kamu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.