FeedDemon RSS Reader

Masalah yang aku hadapi ketika migrasi dari Multiply adalah, susahnya cari recent updates biar tetep keep contact dengan para alumnus Multiply. Karena MPers bermigrasi tidak hanya ke salah satu platform tapi ke berbagai platform.

Untuk yang satu platform mungkin bisa saling follow menggunakan basic blog engine mereka, antar blogspot maupun antar wordpress, antar xanga maupun antar tumblr dan antar posterous. Masalahnya adalah orang2 kek aku yang malah milih ngehosting sendiri. Mau subscribe ribet, mau follow gak bisa, emang sih aku bisa pake akun dari blogspot.com maupun wordpress.com dan tentu aja semua akun lintas platformku di kompasiana, livejournal, tumblr, posterous, xanga dkk, tapi kan rempong bok kalau mau baca posting terbaru para MPers!

Mau gak mau aku harus make aplikasi RSS Reader, ini sejenis file aplikasi yang harus kita download kemudian instal di PC untuk membaca RSS update. RSS atau Really Simple Syndication berisi feeds atau notification update yang berasal dari sebuah blog/situs, RSS awalnya digunakan oleh news website agar para pembaca mereka langsung dapat melihat ada berita terbaru dalam situs. Kemudian teknologi ini digunakan juga untuk menjaring pembaca di berbagai blogs, termasuk di dalamnya adalah Multiply.

Inbox pada Multiply, pada dasarnya adalah sebuah RSS Reader online, yang dapat dikostumisasi berdasar jenis posting, setting kontak, networks, maupun dikostumisasi sendiri sesuai kebutuhan. Inbox pada Multiply lah yang membuat para MPers betah berlama2 di MP karena mereka bisa secepatnya mendapat update terbaru dari temannya. Bukan hanya postingannya melainkan juga update komentarnya.

Celakanya rata2 blog engine memisahkan update komentar dengan update postingan dalam dua feeds yang berbeda. Jadi jika kita ingin tahu apakah komen kita di balas dalam situs A, kita juga harus mensubscribe comment feed di situs A tersebut.

Untuk mendapatkan alamat feed sebuah blog kita bisa melakukan klik kanan pada blog yang anda tuju, kemudian klik view source, tekan CTRL+F cari kata “feed” nanti kita akan diarahkan pada link rssnya.

Untuk CMS wordpress biasanya feed mereka berada di

http://alamatblog.wordpress.com/feed

sementara blogspot ada di alamat

http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default

Pun demikian, kita bisa saja tidak harus mencari alamat feednya, tapi langsung alamat blog teman kita, RSS Reader secara otomatis akan mencari sendiri alamat feednya. Tinggal tekan tombol subscribe dan copas alamat blog tersebut ke dalam RSS reader yang kita suka, aku sih make FeedDemon untuk aplikasi RSS readernya. Berikut tampilan RSS Readernya.

pengguna Multiply bisa menggunakan RSS reader sebagai pengganti inbox mereka sampai republik multinesia siap launching

Secara umum tampilan RSS reader sama dengan inbox Multiply, kita bisa mengkategorikan masing2 feeds dalam folder tersendiri. Bedanya ya, emang lebih enak di Multiply, karena feeds komen langsung terinclude disana, sementara memakai RSS reader kita hanya mendapatkan update postnya, kalau mau dapet update dari reply komennya? ya berarti harus subsrice feeds komennya juga. Tapi intinya bisa cuma agak ribet.

Trus kita bisa kasih komentar gak dipostingan temen itu? Ya bisa lah, tinggal scroll bagian bawah sampai ketemu kolom add komen kayak biasanya trus komen deh, nanti otomatis feed reader akan mengirimkan komen kita ke dalam blog teman kita tersebut.

Minimal dengan menggunakan RSS reader ini, kita bisa terus dapat kabar terbaru dari teman kita yang sudah migrasi dan tercerai berai agar tetap bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi.

21 thoughts on “FeedDemon RSS Reader

  1. biasa kepenak nonton inbox mulkipli, pancen nyengiti bareng balik meng blogger
    tapi suwe suwe ya penak maning kaya mbiyen jaman rung wawuh mp
    tapi ana apike dadi ora kakehen ngruntah, hehe

  2. lha biasane be kang blog.rawins trus dibuang nang MP, kang feed e rika deneng ra isa tak subscribe nganggo feeddemon yah? ana firewalle jare

  3. ah keren, aku gaptek multimedia jadi pasrah aja ga bisa baca postingan temen2. Tapi seneng bakal dikunjungin terus sm mas Priyo, asyiiik

    1. bisa mbak, tapi dibanding pake RSS reader masih lebih flexible pake inbox MP, itu makanya MP tetep lebih ngangenin daripada blog lain

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.