Final Lomba Media Pembelajaran Benteng Vredeburg

Kemarin, hari Rabu tanggal 20 Agustus 2014 ikut dalam pelaksanaan event Final Lomba Karya Inovatif Guru yang diselenggarakan Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan DIY dalam rangkaian kemah ilmiah TIK bertempat di situs wisata sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta. Selain lomba untuk guru juga terdapat berbagai lomba untuk siswa dari tingkat SD sampai tingkat SMA/SMK.

Untuk siswa SD lombanya adalah mempresentasikan hasil observasi lapangan atas fenomena/kejadian biologi di sekitar kita, tema untuk anak2 SLB adalah desain poster, SMP presentasi fenomena fisika, SMA penelitian/observasi lapangan tentang fenomena fisika-kimia-biologi, sedangkan untuk siswa SMK yaitu penelitian/observasi teknologi tepat guna

Lomba untuk guru sendiri dibagi menjadi 6 kelompok yaitu untuk Guru SLB, Guru SD + TK/PNFI, Guru SMP, Guru SMA dan Guru SMK+LPK. Total ada 120 Guru yang ikut menyemarakkan perlombaan, dengan mempresentasikan karya inovatifnya berupa media pembelajaran. 

kemah-ilmiah-TIK-ICT-camp-tekkomdik-media-pembelajaran-guru-priyo-harjiyono Final Lomba Media Pembelajaran Benteng Vredeburg  wallpaper

Rata2 media pembelajaran yang dibuat berbasis power point dengan menambahkan fitur macro untuk menjadikan media tersebut menjadi lebih interaktif, sementara sisanya menggunakan Lectora dan Adobe Flash.

Yang saya suka dari event semacam ini bukanlah menang2an dan memperebutkan juara, melainkan temu antar guru, sharing ilmu media pembelajaran dan dapat memberikan wawasan baru mengenai media pembelajaran yang dibuat oleh guru lain, dengan begitu harapannya, para guru bisa pulang membawa oleh2 ilmu baru untuk mengembangkan media pembelajarannya agar lebih interaktif.

BACA JUGA:   Pengkabelan terstruktur Horizontal

Terakhir saya ucapkan selamat untuk para pemenang lomba media pembelajaran sampai jumpa lagi tahun depan di event yang sama.

Daftar rekapitulasi perolehan nilai lomba ICT Camp dan EduFair Balai Tekkomdik bisa diakses di situs BTKP DIY.

kompetisi IcT camp 2016

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan untuk “Final Lomba Media Pembelajaran Benteng Vredeburg

  • Agustus 21, 2014 pada 5:13 am
    Permalink

    hooh mas

    Balas
  • Agustus 21, 2014 pada 3:48 am
    Permalink

    nomor papat Yo, siip wes

    Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: