Giveaway Azzet: Ngeblog itu Indah

Giveaway Azzet: Dulu alkisah di jaman baheula, gak kepikiran klo bakalan gede jadi seorang blogger, ya iyalah orang jaman kecil boro2 kenal internet komputer aja kagak.

Pertama kali kenal dunia blog n mulai serius menulis ala kadarnya sejak 2007 di multiply.com tadinya ngeblog hanya kujadikan pelampiasan isi otak aja, orang jawa bilang sih mbuang uwuh, daripada menyumbat otak akhirnya kutuliskan saja di blog. 

Betapa senangnya ngeblog, ketika ada feedback berupa komentar2 dari sesama blogger multiply, dan karena blog di multiply pada dasarnya hanyalah merupakan sebuah fitur dari social network tersebut aku bisa ganti menyambangi tulisan2 mereka disana.

Di awal, tulisanku cenderung serius, kek robot deh, ejaan pake EYD, hahaha embuhlah kenapa bisa gitu mungkin coz jaman itu aktifitas blogging baru saja berkembang, dan masih banyak website yang cuma bisa ditonton berjamaah oleh para usernya.

Semakin kesini, tulisanku semakin tidak karuan, ber-ejaan EGP melulu, lha namanya ngeblog di multiply gak bakalan lepas dari aktifitas berOOT ria di jurnal temen2. Tulisan mbahas A komentarnya mbahas S-Z, tapi setidaknya dari situ aku merasakan suasana keakraban yang menyenangkan di Multiply.

Mungkin bagi sebagian orang, OOT adalah aktifitas yang terkesan menyebalkan atau enggak menghormati maksud si penulis dalam tulisannya, tapi menurut aku justru sebaliknya. Out of Topic menandakan kalau temen2 kita itu nyaman berinteraksi, ngobrolin hal2 di luar topik dan merasa diterima untuk bertamu di rumah kita.

Ya seperti obrolan bareng temen2 dekat, kita bisa aja pada mulanya membahas tentang blangkon, tau2 melebar mbahas pempek palembang, gak ada yang ngerasa gimana gitu. Tidak jarang karena banyak yang pada OOT di postinganku justru aku jadi tahu banyak hal yang sebelumnya sama sekali aku nggak tahu, n menyenangkannya karena ilmu itu aku dapat dalam keadaan yang santai enggak kek lagi ngikutin seminar atau kuliah di kelas.

Apa sih yang aku dapat dari aktifitas ngeblog itu??

Teman dan pengetahuan, ya aku nggak mengenal satupun teman di multiply, tapi justru pada akhirnya aku bisa deket kek sodara sama mereka, kadang klo ada temen mampir ke jogja aku sempetin nemuin mereka biar cuma sebentar. Dalam dunia blogging ketertarikan  seseorang lebih kepada bagaimana mereka mengungkapkan pemikirannya, beda dengan jejaring sosial yang biasanya klo mau add meng-add lebih karena liat poto profilnya aja. Dan gak sedikit temen2 blogger multiply yang dapat jodoh dari aktifitas bloggingnya 😀

Dengan ketertarikan pada pemikiran, kita bisa menemukan teman yang seide, n kita juga bisa mempelajari karakter seseorang, baik dari cara pandang mereka melalui isi postingannya dan cara mereka memberikan reply terhadap tanggapan yang masuk. Mungkin faktor itu juga yang membuat aku lebih senang dengan blog yang bertipe personal.

Tidak selalu kita akan bertemu blogger yang sepemikiran, tidak jarang pada akhirnya terjadi ketegangan karena perbedaan pendapat, tapi yang aku suka adalah blogger enggak seperti anak kecil yang cuma bisa membalas dengan update status yang mencaci maki lawannya. Blogger akan memberikan sanggahan dengan sederet alasan yang melatarbelakangi sanggahannya dan dapat diterima orang lain, dengan begitu, blogger mengajak orang lain melihat sebuah masalah dari sudut pandangnya. Meski tidak selalu pendapatnya tersebut bisa mempengaruhi lawan diskusinya tapi setidaknya orang lain bisa ikut belajar memahami persoalan dengan sudut pandang yang lebih bervariasi.

Blogging juga bisa menjadi semacam kontrol publik untuk kebijakan2 pemerintah atau isu2 yang sedang berkembang, menjadi referensi dan sumber informasi masyarakat seperti Mahabbah, di satu sisi blogging bisa saja digunakan sebagai aktifitas black campaign, menyebarkan materi2 yang merusak moral bangsa. Ya sebagai blog adalah senjata kita, kembali kepada kita apakah kita menjadikan blog itu sebagai senjata perusak atau pelindung adik2 kita yang masih belia.

Aktifitas blogging sepertinya sudah menjadi bagian sehari2 buatku, meskipun sekarang terhitung jarang menulis di multiply karena sekarang lebih fokus di blog ini, tapi aku masih aktif menyambangi multiply dan membaca postingan terbaru teman2 disana.

At least, blogging itu indah, dengan berbagi di dunia maya, kita ikut memberikan sumbangsih pemikiran, gagasan dan hiburan bagi orang lain.

Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah.

gambar dari sini dan sini

12 Komentar

  1. Akhmad Muhaimin Azzet Balas

    Saya telah membaca dengan baik artikel di atas, Mas, dan langsung saya daftar. Makasih banyak ya…. Salam hangat persaudaraan!

    • anotherorion PenulisBalas

      makasih mas Azzet semoga banyak yang berpartisipasi

  2. Didin Supriatna Balas

    selamat ikut lomba.. sukses deh.. saya hanya menambahkan ngeblog memang indah bisa menjelajahi dunia maya,, bertemu banyak teman di dunia maya.. bahkan bisa menjadi kenyataan..

  3. Gandi Balas

    Banyak manfaat blogging, tergantung sang blogger itu sendiri, 🙂

    Btw gimana cara ganti fontnya…?? hehehe…

    • anotherorion PenulisBalas

      iya mas, klo fontsnya saya make plugins WP google fonts

  4. Tebak Ini Siapa Balas

    Wah melu to mas…
    Ternyata sama tho bikin MPnya di tahun 2007. Tapi mah punyaku gak aktif kayak tempatmu hihihi 😀
    Semoga menang yo 😀

  5. Om Tiger Balas

    dari tahun 2007? sama nih, saya juga baru tahu ngeblog dari tahun 2007
    salam kenal ya mas, semoga sukses giveaway nya.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.