Ingin Jualan Online? Simak 5 Tips Memulai Berjualan Online Berikut Ini

memulai berjualan online shop

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan hidup, terkadang pendapatan utama masih kurang mencukupi. Untuk itu, Anda dipaksa harus mencari alternatif pemasukan yang lain, dengan melakukan bisnis sampingan misalnya. Bisnis online berpotensi untuk memberikan keuntungan yang  besar. Bahkan untuk memulai berjualan online ini Anda tidak membutuhkan modal yang besar.

Tenologi yang Anda miliki dapat dimanfaatkan untuk bisnis online. Jadi Anda bisa mengelola bisnis kapanpun dan dimanapun. Namun dalam hal pengelolaan dibutuhkan ketelitian dan kecerdasan. Jangan sampai hasilnya tidak sesuai dengan apa yang sudah diharapkan.

Tujuannya ingin menghasilkan keuntungan tapi malah buntung. Namun setiap bisnis yang dilakukan pasti memiliki hambatan dan resiko yang harus diterima apalagi untuk pemula. Namun Anda tak perlu takut untuk memulai berjualan online.

5 Tips Memulai Berjualan online

Berikut adalah tips sederhana khusus pemula untuk membantu agar sukses berjualan online.

Mengetahui Apa yang Akan Ditawarkan

Macam bisnis ada 2, yakni bisnis dengan menjual produk dan bisnis yang menjual jasa. Untuk itu, sebelum Anda memulai bisnis online sebaiknya harus mengetahui betul apa yang akan ditawarkan. Disamping produk fisik, produk digital juga bisa Anda jual misalnya berjualan tiket online, pulsa dan semacamnya.

memulai berjualan online shop

Selain produk fisik, Anda juga bisa menawarkan jasa secara online. Beberapa jasa online yang ditawarkan misalnya, jasa penulisan artikel, pembuatan website dan penerjemah.  Agar bisnis tersebut mampu berkembang dalam jangka panjang, maka Anda harus benar-benar menyukainya.

Membangun Pondasi Media Sosial

Media sosial dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak ramai. Media sosial yang dapat Anda gunakan diantaranya; Instagram, Blackberry, Twitter, Facebook, dan Messenger. Untuk melakukan endorsement, Anda bisa menggunakan jasa influencer di media sosial.

Membuat Website Pribadi

Agar bisnis Anda bisa terus berkembang, tidak ada salahnya apabila memiliki website pribadi. Dengan website pribadi tersebut dapat dijadikan tempat Anda berjualan. Tidak masalah pada tahap awal masih memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan bisnis Anda. Atau bisa dengan memasang iklan di website orang lain yang memiliki traffic tinggi.

kerja di rumah desainer web

Melakukan Pemasaran yang Tepat

Pengguna internet secara garis besar terdapat 3 komunitas. Yang pertama digunakan untuk mencari informasi, kedua digunakan untuk mencari hiburan, dan yang ketiga menggunakannya sebagai tempat untuk memperjual belikan produk ataupun jasa. Gunakan content marketing dan target komunitas dengan tepat. Dengan seperti ini, maka Anda bisa dengan mudah memasarkan produk.

perkembangan digital marketing di indonesia

Langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengumpulkan email dari calon pelanggan. Tujuannya agar pemasaran Anda dapat bersifat lebih pribadi. Ini adalah bentuk proses list building dan Anda dapat menggunakan email marketing untuk melakukan penjualan serta menjalin hubungan positif dengan konsumen. Disamping itu, dengan cara ini Anda juga bisa membangun bisnis yang dijalankan dalam jangka panjang.

Memberikan Nilai Tambah

contoh added value

Apabila jualan Anda memiliki nilai tambah maka akan lebih unggul dibandingkan dengan para pesaing yang ada. Akses layanan yang cepat dan mudah merupakan nilai tambah. Selain itu, Anda juga harus memberikan kualitas jasa dan produk yang lebih dari pesaing Anda. Nilai tambah yang Anda berikan dapat menjadi poin tambahan untuk membangun kredibilitas.

Apabila menginginkan banyak pembeli yang mempercayai produk Anda, maka tingkatkan nilai tambah pada produk. Bisnis Anda akan berkembang pesat dan bertahan dalam jangka panjang apabila memberikan yang terbaik untuk konsumen.

Itulah beberapa tips memulai berjualan online, khususnya bagi seorang pemula. Dari beberapa tips di atas mungkin sudah ada gambaran mengenai apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjadikan bisnis yang tengah dijalani sebagai bisnis jangka panjang. Anda harus selalu ingat bahwa setiap bisnis membutuhkan kerja keras dan mental yang kuat. Teruslah mencoba dan jangan mudah menyerah apabila dalam menemukan kegagalan di awal proses Anda.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.