Ingin Oprek Android? Cari Tahu Dulu Apa Itu Root Android

Di tabunganmu cuma ada dua juta, tapi kamu handphone lamamu sudah butut sehingga mengganggu kinerjamu, apa yang harus dilakukan? Tenang, ini hal yang sudah biasa terjadi, kok. Semua milenial pasti pernah mengalaminya. Dengan uang dua juta rupiah, kamu bisa kok ganti handphone bututmu dengan smartphone android terbaru. Yup, ada banyak merek android terbaru yang mematok harga sekitar dua jutaan di Indonesia. Tentunya supaya bisa masuk ke pasar anak-anak muda yang secara finansial terbatas. Berbeda dengan Apple dengan produk iPhonenya, android memang lebih ramah dompet untuk uang Indonesia. Rata-rata produk iPhone terbaru dibanderol dengan harga di atas 5 juta rupiah. Sulit bukan untuk kantong orang Indonesia yang sangat terbatas.

Untuk itulah, beberapa produsen android menyediakan android dengan harga terjangkau dengan kualitas yang lumayan. Tapi bagaimana jika, dengan uang dua juta itu kamu ingin mendapatkan android yang canggih, apakah mungkin? Tentu saja mungkin. Beli saja android yang kamu mau dengan kisaran harga segitu, kita bisa menyulapnya menjadi bagus dan fungsional untuk digunakan. Dengan cara apa android yang dibeli dengan kisara  harga segitu dapat disulap menjadi hp android yang canggih? Dengan cara root hp androidmu.

Apa itu root android? Intinya adalah membuat kamu punya kontrol penuh sehingga androidmu berfungsi maksimal setelah kamu utak-atik settingan-nya. Eits, jangan khawatir, ini legal kok, dari pihak Google pun tidak pernah melarang, kok. Kamu hanya perlu berhati-hati saja supaya android hasil rootmu tidak terkena banyak virus. Lalu, dengan melakukan root, keuntungan apa yang bisa kita dapatkan atau lakukan dengan smartphone android kita? Ada banyak, tapi tiga manfaat dan fungsi pentingnya ada tiga: kamu bisa memindahkan data dari memori internal ke eksternal, bateraimu jadi tahan lama, sekaligus kamu juga bebas menginstall aplikasi apapun. Wah, nampaknya mulai menggiurkan, nih. Ya, sudah, ini dia ulasan lebih lanjutnya, selamat membaca.

  1. Memindahkan Data Dari Memori Internal ke Memori Eksternal

Fungsi yang satu ini benar-benar manjur. Bayangkan betapa menyebalkannya banyak file-file bawaan yang tidak penting yang tersimpan di memori internal. Sudah pasti akan membuat performa android jadi semakin lambat dan menyulitkan untuk menyimpan file penting di memori internal. Dengan melakukan rooting android, semua masalah ini akan terselesaikan. Program di androidmu akan bisa dikendalikan, kamu bisa membuang segudang aplikasi dan file tidak penting dari memori internalmu. Bukan membuang sih, tapi memindahkan ke memori eksternal, supaya tidak mengganggu performa ponselmu.

micro SD

  1. Menghemat Baterai

Kendala yang juga sering ditemui manakala memakai android adalah baterai yang mudah terkuras karena kurangnya kendali kita atas aplikasi pada android. Dengan melakukan root pada android, kendala ini akan teratasi. Kerja android jadi lebih ringan dan aplikasi-aplikasi tidak akan memakan energi secara berlebihan pada androidmu.

  1. Membebaskan Kamu untuk Install Aplikasi

keuntungan root android

Fungsi terakhir yang juga sudah pasti kamu butuhkan adalah penginstallan berbagai jenis aplikasi yang tidak mungkin terinstall dengan menggunakan sistem standar dari android. Betul, dengan melakukan root, kamu bisa dengan bebas menginstall bermacam aplikasi, lho. Tapi perlu diingat, kamu harus berhati-hati juga supaya tidak salah install aplikasi yang berbahaya.

Nah terjawab sudah kan apa itu root android dan fungsi-fungsinya. Semoga dengan ini kamu bisa memaksimalkan android dua jutamu supaya lebih canggih, ya.

Referensi: https://review.bukalapak.com/techno/begini-cara-root-xiaomi-mi-a1-41854

BACA JUGA:   Pilihan HP Android di Bawah 1 Juta Terbaik
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.