Facebook Laju Digital Yogyakarta

Facebook Laju Digital adalah sebuah gerakan yang dimotori oleh Facebook Indonesia untuk membantu UKM dan komunitas dalam memaksimalkan social media untuk mendapatkan pencapaian yang lebih tinggi. Pelatihan yang diselenggarakan di The Alana Hotel, Yogyakarta ini sendiri terbagi menjadi beberapa kelas, ada kelas untuk UKM, Privacy online, digital payment, government dan komunitas.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran sosial media seperti Facebook turut berperan mengubah wajah komunikasi di tanah air. Orang mulai menyadari kehadiran sosial media dapat digunakan tidak sekedar untuk connecting with friends, tetapi juga memiliki peluang untuk dimonetisasi. Salah satunya adalah sebagai lahan mempromosikan produk dan jasa serta jual beli. Jangan salah lho, meski merupakan social media, tetapi facebook juga dapat berfungsi sebagai marketplace yang juga memiliki jutaan online shop aktif

Ada 141 juta user facebook di Indonesia, yang berarti ada begitu banyak peluang yang bisa dimaksimalkan oleh para penggiat sosial media, baik itu berupa UKM, government maupun komunitas yang bisa digunakan untuk mendulang kesuksesan.

kelas komunitas facebook laju digital yogyakarta

Aku sendiri mengikuti kelas Komunitas, di kelas ini kami belajar mengenai kemampuan facebook yang dapat digunakan untuk memviralkan konten, membangun awareness, mencari relawan, dan mengajak orang untuk bertindak atas isu-isu sosial dan juga mengumpulkan donasi.

Di saat orang-orang terpancing oleh isu hoax dan menebar kebencian, kami belajar bagaimana untuk mengajak lebih banyak orang bergerak bersama untuk tujuan yang lebih baik. Komunitas ini tidak melulu komunitas blogger lho, ada komunitas buku, dokter, penggiat IT, pengamat tata ruang kota, lingkungan hidup dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan kekuatan sosial media, kami bisa mempromosikan ide-ide kami, dan menularkannya pada lebih banyak orang serta membangun kesadaran pada isu-isu yang ingin kami angkat.

BACA JUGA:   Mengenai blog AGC

Sementara di kelas UKM, rekan-rekan kami diajari bagaimana memaksimalkan facebook dalam 30, 60 dan 90 hari. Ya, bagaimana mengelola sebuah fans page di facebook untuk membangun branding, kemudian mengedukasi calon pembeli dengan keunggulan produk kita dan kemudian membangun basis pelanggan yang loyal.

Acara-acara semacam ini memang sedang banyak digalakkan oleh banyak perusahaan di Indonesia, mengingat, pasar di Indonesia lumayan besar ada 260 juta masyarakat yang bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi dan kesadaran digital literacy yang lebih baik, dan Facebook Indonesia dan kami, sudah mulai bergerak untuk meningkatkan ini semua, bagaimana dengan kamu?

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.