Kenali Gerakan Senam Jantung Sehat yang Cocok Dilakukan Di Rumah

Senam jantung sehat adalah olahraga untuk menjaga kesehatan jantung, senam tersebut membuat detak jantung lebih cepat sehingga fungsinya terjaga optimal. Senam jantung mampu meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh tetap bugar.

Selain itu cocok dilakukan kaum wanita maupun laki-laki karena manfaatnya beragam. Diantaranya mengurangi resiko terkena stroke dan serangan jantung, mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan lainnya.

Gerakan Senam Jantung Sehat di Rumah

Walaupun Anda sibuk di luar rumah, senam jantung sehat bisa dilakukan di rumah. Carilah ruangan yang nyaman agar senam berjalan lancar, Anda bisa menyiapkan peralatan senam tanpa gangguan orang lain. Berikut ada gerakan senam jantung yang cocok dilakukan di rumah, yaitu:

  1. Gerakan Memanjat

Gerakan senam jantung sehat ada serinya, yaitu senam jantung sehat seri 2 dan lainnya. Jika Anda hobi memanjat atau olahraga menantang, gerakan memanjat bisa dilakukan. Mulailah dengan panjatan perlahan dan tingkatkan panjatan secara bertahap.

Perlu diingat, posisikan tubuh seperti akan push up agar hasilnya maksimal. Tentunya dengan kedua siku pada posisi lurus, usahakan punggung dengan posisi lurus. Kemudian angkat pantat Anda, lalu angkat lutut kearah dada bergantian.

  1. Jogging di tempat
BACA JUGA:   Memiliki Gigi Berlubang? Bahaya Jika Dibiarkan!

Gerakan senam jantung sehat selanjutnya adalah jogging di tempat. Gerakan tersebut mudah dilakukan dan efektif meningkatkan detak jantung. Bahkan jogging di tempat bisa dilakukan untuk pemanasan saat melakukan gerakan senam jantung seri 5 atau gerakan lebih berat.

Anda bisa menyesuaikan waktu gerakan sesuai selera, paling tidak 30 sampai 60 detik. Agar senam jantung tidak membosankan, lakukan variasi gerakan senam. Misalnya mengangkat lutut kearah dada dan menendang ke arah pantat, bahkan melebarkan lutut bisa dilakukan agar kekuatan otot selalu terjaga.

  1. Squat Jump

Anda bisa melakukan gerakan squat jump dengan berdiri tegak, lalu jongkok dengan pantat ke belakang. Gerakan tersebut seperti akan duduk dengan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat.

Setelah itu, lompat dan mendarat dengan posisi jongkok layaknya semula. Lakukan gerakan tersebut berulang kali sesuai keinginan, usahakan fokus melakukan squat jump agar hasilnya bisa dirasakan.

  1. Jumping Jacks

Gerakan senam jantung sehat jumping jack paling mudah sehingga menjadi favorit banyak orang. Anda tinggal membuka kaki lebar dan lengan menepuk di atas kepala, variasikan dengan posisi setengah jongkok agar kekuatan otot tubuh lebih kuat.

BACA JUGA:   8 Kebiasaan Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata

Gerakan jumping jack bisa dilakukan sesuai waktu luang. Anda bisa memulai gerakan pagi hari atau sore setelah beraktivitas, yang terpenting atur waktu bekerja dan olahraga senam jantung agar selalu sehat.

  1. Burpees

senam jantung sehat

Jangan salah loh, gerakan burpees termasuk gerakan squat jump dan push-up. Anda bisa memulai gerakan dengan berdiri tegak dan posisi kaki terbuka lebar. Usahakan lebar kaki selebar bahu, kemudian jongkok dan letakkan tangan di lantai. Luruskan kaki ke belakang dan lakukan gerakan push-up, setelah itu kembali ke posisi jongkok dan lompat untuk berdiri.

Sejatinya, gerakan senam jantung sehat seri 4 dan seri lainnya mudah. Yang terpenting Anda fokus melakukan senam jantung dan hilangkan beban pikiran. Dengan begitu senam jantung lebih maksimal.

Manfaat senam jantung sehat bisa dirasakan jangka panjang tanpa memandang usia. Jika usianya masih muda bisa melakukan senam jantung sehat gerakan ringan sampai berat, tetapi untuk lansia lebih baik gerakan senam ringan agar tak mudah lelah.

Anda bisa mengkonsumsi tambahan suplemen maupun susu ensure agar senam jantung rutin dilakukan. Apalagi mengkonsumsi susu ensure membuat Anda lebih fit dan bertenaga melakukan senam, kandungan vitamin dan mineral pada susu membuat Anda selalu semangat bergerak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.