Kenali Jenis Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan pertanggungjawaban terhadap kehidupan seseorang, jika seseorang yang memiliki asuransi jiwa meninggal maka ahli waris akan mendapatkan manfaat asuransi jiwa. Pada perkembangannya asuransi jiwa menambahkan fitur jaminan kesehatan dan juga kecelakaan.

Dasar aturan asuransi jiwa ada dalam UU no 40 tahun 2014 tentang Perasuransian. Dalam undang-undang tersebut, usaha asuransi jiwa adalah usaha yang menyelenggarakan jasa penanggulangan risiko yang memberikan pembayaran kepada pemegang polis, tertanggung atau pihak lain yang berhak dalam hal tertanggung meninggal dunia.

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa sangat diperlukan untuk mengurangi resiko kehilangan pendapatan jika seorang kepala keluarga meninggal dunia. Ya, asuransi jiwa lebih baik ditujukan untuk kepala keluarga yang belum memiliki keamanan finansial, agar jika terjadi apa-apa terhadap kepala keluarga, keluarga yang ditinggalkan dapat memperoleh manfaat untuk melanjutkan hidupnya.

Banyak asuransi tersedia, baik dari jenis maupun pihak perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi, agar kalian tidak bingung, berikut ini adalah beberapa jenis asuransi jiwa agar kalian bisa memilih asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jenis Asuransi Jiwa

Di Indonesia sendiri terdapat bebeberapa jenis asuransi jiwa, artikel ini akan membahas beberapa jenis asuransi jiwa yang dikenal di Indonesia dan bisa menjadi pilihan kita bersama

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance adalah produk asuransi jiwa yang memiliki keterbatasan periode pertanggungan. Misalnya hanya mengcover selama 5, 10, 20 atau sampai batas usia tertentu. Jika usia tertanggung melebihi jangka waktu asuransi jiwa berjangka ia tidak mendapat manfaat asuransi yang diberikan. Meski demikian, asuransi jenis ini disarankan untuk mereka yang memiliki budget terbatas.

asuransi jiwa terbaik

Setidaknya selama masa produktif, kita memiliki pertanggungan asuransi jika terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance memberikan manfaat pertanggungan sampai usia 99 tahun. Dengan usia manusia Indonesia yang kurang lebih 75-80 tahun, maka kemungkinan besar asuransi ini akan memberikan manfaat pada masa yang akan datang.

Meski demikian, polis asuransi mengharuskan tertanggung membayar premi seumur hidup agar dapat terus menjaga keaktifan polis.

Menariknya asuransi jiwa seumur hidup juga memiliki nilai tunai sehingga dapat digunakan sebagai jaminan kredit. Saat kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya. Meski demikian, tentu biaya premi asuransi whole life ini lebih besar dibanding asuransi jiwa berjangka

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna dikenal juga sebagai asuransi jiwa endowment, asuransi jenis ini memiliki dua jenis manfaat, yaitu manfaat asuransi dan manfaat investasi. Asuransi ini memberikan imbal hasil pasti yang nantinya bisa digunakan sebagai tabungan pensiun maupun dana pendidikan anak. Meski demikian, nilai tunai asuransi dwiguna tidaklah banyak mengingat investasi yang dilakukan hanya menggunakan sebagian kecil dari premi yang dibayarkan

Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa unit link adalah jenis asuransi baru yang memberikan manfaat investasi juga seperti asuransi dwi guna. Yang membedakan asuransi jiwa unit link digunakan untuk membeli reksadana, saham, obligasi maupun surat berharga lainnya.

Dalam asuransi jiwa unit link, premi dapat tidak dibayarkan jika nilai tunai investasi yang didapatkan dapat digunakan untuk membayar premi. Meski demikian, asuransi jiwa unit link tetap tidak memberikan return setinggi investasi murni pada umumnya. Banyak pilihan asuransi jiwa dengan premi terbaik yang menerapkan jenis unit link ini

Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi jiwa syariah adalah asuransi jiwa yang dikelola menggunakan prinsip syariat islam. Dalam pengelolaan asuransi, uang pertanggungan dikelola pada perusahaan yang bergerak di bidang halal untuk menjamin imbal hasil yang didapatkan nanti sesuai dengan prinsip syariat. Asuransi ini juga menggunakan prinsip tolong menolong dimana sebagian manfaat digunakan untuk kebutuhan sosial masyarakat berbasis keislaman.

Asuransi ini menghindari resiko riba, sehingga cocok untuk masyarakat yang cukup sensitif terhadap bunga dan riba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.